Diperbaharui pada Rabu, 22 Juli 2020 | 11:10

Jualan Online Lebih Kreatif dengan Samsung Galaxy M21

cara membuat toko online

Jualan online rasanya jadi satu opsi yang pasti di masa ‘new normal’ saat ini. Terlebih ditengah masyarakat yang mulai membiasakan diri untuk membatasi diri melakukan kontak fisik dan mengurangi intensitas berkegiatan di luar rumah apabila tidak dibutuhkan.

Di samping itu, kegiatan bersosial media serta berselancar online kini semakin bertambah digemari. Mulai dari menikmati konten streaming online hingga belanja online.

Nah, jika Anda bosan menjadi pembeli atau penerima layanan dan mencoba untuk melakukan bisnis online dengan cara jualan online, tips berikut bisa membantu Anda menjadi penjual online yang handal.

Perhatikan Produk yang Dijual

cara jualan online

Anda harus mempertimbangkan apakah barang yang dijual akan aman ketika sampai ke tangan pembeli. Selain itu, Anda pun harus mengetahui kurir mana yang cocok dengan produk Anda.

Misalkan saja Anda menjual baju, menggunakan jasa kurir dengan pengiriman selama dua hari tentu saja akan aman. Namun berbeda halnya ketika Anda menjual makanan yang memang tidak tahan lama.

Anda harus mencari kurir yang dapat mengantar makanan Anda secara cepat dalam waktu beberapa jam, agar ketika sampai ke tangan pembeli rasa dan bentuk makanan tidak rusak dan masih dapat dinikmati.

Aspek-aspek ini penting untuk diperhatikan untuk menjaga kualitas dan kepercayaan dari pelanggan Anda.

Tentukan Target Pasar

Riset pasar dan analisis kompetitor wajib Anda lakukan untuk langkah selanjutnya, yaitu menentukan target pasar. Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan membeli produk yang Anda buat.

Setiap produk punya pasarnya masing-masing. Misalnya, meskipun sama-sama jam tangan, Rolex dan Casio punya target pasar yang berbeda. 

Rolex lebih menyasar pasar di kalangan high-class, sedangkan Casio menyasar pasar kelas menengah. Dengan target pasar yang lebih spesifik, Anda bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam menyusun strategi marketing.

Buat Website atau Situs Penjualan

pricebook.co.id

Kalau Anda punya sedikit modal di awal usaha, bisa saja Anda tidak memilih sistem dropship. Anda bisa memilih untuk melakukan stok hingga pengiriman barang oleh Anda sendiri. 

Ini memang bisa menjaga dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai penjual di mata konsumen. Untuk itu, Anda harus mulai membangun website atau situs penjualan yang menjadi etalase jualan Anda di dunia online.

Dengan memiliki situs website, calon pembeli pun bisa disajikan banyak pilihan dari produk yang Anda jual. Termasuk mendapat informasi lebih detail tentang produk yang mereka inginkan.

Foto Produk yang Menarik

foto produk online shop

Karena Anda menjual produk Anda secara online, sebaiknya Anda membuat foto produk Anda semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar menarik para pembeli.

Sebagai rekomendasi smartphone Samsung Galaxy M21 bisa digunakan untuk menghasilkan foto yang menarik. Smartphone Samsung dengan kamera terbaik ini memiliki sistem kamera dengan resolusi 48 MP yang dipadukan dengan lensa Ultra Wide 8MP.

Untuk kebutuhan foto produk bokeh yang lebih cantik, Anda bisa memanfaatkan lensa Depth 5MP yang dimilikinya. Untuk foto profil pemilik usaha, Anda juga bisa memanfaatkan kamera depan beresolusi 20 MP.

Selain itu, internal memori sebesar 64 GBnya dapat di expand hingga 512 GB mampu menyimpan banyak foto produk tanpa takut kehabisan memori.

Selain itu, baterai 6.000 mAh dapat Anda maksimalkan untuk memotret produk lebih lama. Dengan layar 6,4 inci juga dapat Anda manfaatkan untuk melihat hasil foto serta berinteraksi dengan leluasa ke para pembeli.

Buka Jaringan Media Sosial Untuk Promosi 

Untunglah, saat ini adalah eranya media sosial. Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial secara gratis. Media sosial merupakan pilihan utama sebagai sarana promosi saat Anda memulai jualan online.

Buatlah akun dengan nama toko online atau website Anda. Jangan hanya di satu media sosial, tapi juga manfaatkan beragam jenis media sosial.

Jenis media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia saat ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

Bahkan Anda bisa menggunakan fasilitas aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram, Line, hingga WeChat. Sebaiknya, Anda juga sudah memiliki akun pribadi di ketiga media sosial utama di Indonesia tersebut. 

Cek Tren di Media Sosial

cara mudah jualan online

Selain tren di hasil pencarian Google, Anda juga perlu mengecek tren di media sosial. Media sosial adalah tempat di mana orang bisa menumpahkan keluh kesahnya, termasuk mereview produk atau layanan.

Ketikkan kata kunci yang berkaitan dengan masalah yang Anda temukan di kolom pencarian media sosial. Anda akan menemukan berbagai postingan orang-orang mengenai masalah tersebut.

Anda bisa melakukan pengecekan secara instan melalu smartphoneSamsung Galaxy M21. Baterai 6.000 mAh yang dimiliki bisa menjamin Anda berselancar dalam waktu lama di media sosial.

Sebar di Marketplace/e-Commerce

Tak cukup hanya melalui media sosial, Anda juga bisa memperluas area pemasaran produk melalui marketplace.

Keberadaan marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee memang sangat membantu para pelaku usaha online dalam menemukan pembeli dan mendongkrak penjualan.

Hal ini juga baik untuk menjadi sarana untuk membuat masyarakat menyadari kehadiran toko online milik Anda.

Lebih Instan dengan Samsung Galaxy M21

Samsung Galaxy M21

Semua pekerjaan dan cara jualan online di atas mungkin akan sangat merepotkan. Terlebih jika Anda merupakan seorang yang memiliki mobilitas tinggi.

Penggunaan device yang pas akan sangat menunjang baik semuanya. Samsung Galaxy M21 bisa jadi pilihan terbaik dengan semua rangkaian kegiatan di atas.

Seperti yang sudah dijelaskan, layar lebar 6,4 inci serta sistem kamera beresolusi 48MP dipastikan cukup pas untuk menunjang jualan online Anda.

Selain itu, bentuk desain tipis serta gaya nyentrik yang dimiliki, lebih terlihat seperti smartphone premium meskipun dengan harga yang lebih terjangkau. 

Hasil foto produk lebih menarik, kreatifitas makin beragam. Fleksibel berjualan, produk laku di pasaran. Sudah siap memulai bisnis online Anda?

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.