Solusi Jitu Menggunakan Mouse Dengan iPad

Oleh Imam Ali updated Senin, 29 Jun 2020 | 12:16

ipad pakai mouse

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadi salah satu inovasi tersendiri atas adanya iPad yang membantu dalam menunjang kegiatan sehari-hari.

Dilengkapi dengan keyboard yang membantu untuk kegiatan mengetik. Sayangnya, penggunaan iPad ini sedikit menyulitkan ketika harus melakukan aktivitas menggeser halaman ataupun mengklik sebuah opsi.

Sebagai solusi, kini telah hadir mouse yang bisa digunakan dengan merujuk pada cara menghubungkan mouse ke iPad.

Adanya cara menggunakan mouse dengan iPad, nantinya seseorang akan lebih mudah memposisikan iPad tersebut sebagai laptop sehingga akan membuat kinerja Anda semakin cepat.

Beruntung kini apple telah menjawab kebutuhan tersebut dengan hadirnya mouse yang sangat compatible dengan iPad. Kabar gembira ini mendapatkan sambutan yang baik dari semua orang pengguna iPad yang telah lama mempertanyakan hal tersebut.

Kaitannya dengan cara menghubungkan mouse dengan iPad, disebutkan bahwa hanya sebatas IPadOS 13 yang hanya memberikan pelayanan tersebut.

Kabar buruknya, IPadOS 13 ini masih berbentuk beta yang nantinya akan hanya bisa digunakan oleh beberapa pengembang.

Beruntung jika di bulan Juli 2020 mendatang, beta iPados 13 tersebut bisa dinikmati oleh banyak orang yang notabene merupakan pengguna iPad.

Namun sebelum kemunculan beta iPados 13 di publik, kini saatnya Anda mendalami lebih jauh mengenai sistem mouse yang digunakan pada iPad.

Sekilas mengenai iOs 13

cara menggunakan mouse di ipad

Terlepas dari cara menghubungkan mouse ke iPad, disebutkan bahwa salah satu perangkat yang compatible adalah iOs 13.

Disebutkan bahwa untuk perangkat iOs13 ini memiliki tampilan terbaru dari berbagai aspek yang pastinya sangat mengagumkan dan dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

Terdapat perlindungan pada privasi hingga peningkatan kemampuan kinerja yang menjadi semakin cepat dari sebelumnya.

Tentu saja hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para pengguna setianya. Selain itu juga, perangkat iOs 13 ini memiliki tampilan yang sangat menawan ketika pada kondisi yang gelap.

Didukung oleh desain layar yang memberikan kenyamanan pada mata, perangkat iOs 13 ini juga memberikan kemudahan dalam pengaktifan pusat kontrol untuk mode malam hari yang dilakukan secara otomatis.

Semua ini dilakukan terpisah dari adanya cara menghubungkan mouse ke iPad.

Untuk foto dan kamera yang terdapat pada iOs 13 ini terbilang sangatlah canggih karena adanya kontrol pencahayaan di saat kegiatan memotret melalui proses pengaturan cahaya sekaligus penyesuaian filter yang akan menghasilkan sebuah jepretan yang memukau. 

Terlepas dari cara menghubungkan mouse ke iPad, dikatakan bahwa iOs 13 ini juga menawarian proses pengeditan yang begitu canggih dalam melakukan rotasi, crop hingga penyempurnaan yang dilakukan dengan otomatis.

Menariknya lagi, terlepas dari cara menghubungkan mouse ke iPad, Anda juga akan mendapatkan pengalaman dalam menjelajahi kota melalui fitur map yang memungkinkan Anda untuk bisa bergeser sejauh 360 derajat dan membuat Anda bisa bergerak mulus di sepanjang jalan.

Bagi Anda yang gemar membuat memoji, ada fasilitas yang memberikan kreatifitas dalam mendesain memoji sesuai dengan keinginan Anda.

Menanggapi adanya perkembangan teknologi, disebutkan bahwa pengguna iPad nantinya akan mendapatkan kemudahan atas integrasi mouse yang akan memudahkan berbagai pekerjaan.

Namun demikian, kaitannya dengan cara menghubungkan mouse ke iPad bisa dilakukan ketika iPad tersebut memenuhi ketentuan yang ada, termasuk versi sistem operasi harus 13.4. Dengan ini akan memudahan Anda dalam menciptakan koneksi dengan mouse.

Sedangkan mengenai langkah-langkah dalam cara menghubungkan mouse dengan iPad, bisa dilakukan dengan merujuk pada tahapan yang tersebut di atas sehingga untuk proses editing dokumen tidak perlu lagi membutuhkan waktu yang lama.

iPad yang Bisa Pakai Mouse

ipad yang bisa menggunakan mouse

Daftar iPad yang kompatibel dikoneksikan dengan mouse Seperti yang disebutkan sebelumnya, kaitannya dengan cara menghubungkan mouse dengan iPad ini hanya bisa dilakukan pada beberapa jenis iPad saja. 

Dengan kata lain, jika Anda memang ingin mendapatkan sebuah pengalaman yang berkesan melalui penggunaan mouse yang terintegrasi dengan iPad, pastikan iPad Anda adalah versi yang terbaru dan sesuai dengan ketentuan.

Salah satu jenis iPad yang bisa dikoneksikan dengan mouse melalui jaringan bluetooth adalah IPad pro untuk semua model.

Disebutkan bahwa untuk Anda yang ingin mengkoneksikan mouse dengan iPad pro, pastikan software yang Anda gunakan adalah versi 13.4 atau di atasnya.

Dari sini, nantinya Anda bisa melakukan setting dengan mudah. Penggunaan mouse akan mempermudah Anda untuk melakukan proses editing, copying ataupun paste.

Kaitannya dengan hal tersebut, perangkat iPad lain yang compatible untuk dikoneksikan dengan mouse adalah iPad air 2 ataupun versi yang lebih baru, iPad generasi 5 sekaligus juga iPad mini 4 ataupun yang terbaru.

Terkait dengan cara menghubungkan mouse dengan iPad, disebutkan bahwa tindakan ini harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada, sehingga akan memberikan kemudahan dalam beraktivitas dengan iPad.

Langkah-langkah menghubungkan mouse dengan iPad

cara menghubungkan mouse ke ipad

Sebelum Anda mencoba mempelajari mengenai cara menghubungkan mouse dengan iPad, kini saatnya Anda mengetahui berbagai jenis iPad yang compatible dengan penggunaan mouse.

Secara garis besar, hanya iPados 13 dan juga jenis iPad versi terbaru yang ada di atasnya. Selanjutnya, berikut beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk bisa menikmati adanya koneksi mouse dengan iPad.

1. Aktifkan bluetooth dan posisikan di dekat iPad

2. Pastikan jika aksesori pada perangkat Anda pada posisi “pairing”.

Pada tahapan ini, disebutkan bahwa magic mouse serta magic trackpad apple siap untuk dipasangkan. Jika Anda memanfaatkan aksesori pada pihak ketiga yang sebelumnya digunakan pada perangkat yang sama.

Anda bisa memasangkannya lagi dengan mengikuti langkah pemasangan yang berasal dari produsennya.

3. Bukalah aplikasi pengaturan pada iPad Anda

4. Pilih icon bluetooth

5. Temukan perangkat bluetooth Anda pada perangkat lain dengan mengetuk nama perangkat Anda tersebut sehingga bluetooh nantinya akan terkoneksi dengan iPad.

6. Cara ini sedikit berbeda pada beberapa perangkat lain. Namun, Anda hanya perlu menyesuaikan diri dengan mengikuti langkah yang ditampilkan pada layar iPad Anda.

Pada penggunaan magic mouse ataupun magic pad, nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan kode 0000.

Saat Anda menemukan adanya notifakasi yang muncul pada proses cara menghubungkan mouse dengan iPad yang kurang lebih bunyinya adalah “mungkin sambungan ini mempengaruhi adanya konektivitas bluetooth ataupun wi-fi”, hal semacam ini bisa dibilang wajar.

iPad Tidak Bisa Terhubung dengan Mouse

mouse ipad

Pada penggunaan beberapa tipe iPad, permasalahan nirkabel kemungkinan besar akan terjadi. Tentu saja hal ini akan sedikit memberikan adanya gangguan pada konektivitas Anda.

Jika kondisi ini terjadi pada Anda, maka dalam proses cara menghubungkan mouse dengan iPad tersebut bisa disiasati dengan memutuskan semua koneksi pada bluetooth. 

Lanjutkan ke bagian pengaturan, kemudian bluetooth, pilih aksesori dan putuskan. Sedangkan untuk cara menghubungkan mouse dengan iPad bisa dilakukan kembali dengan mengunjungi pengaturan kemudian pilih bluetooth.

Dari sini, Anda bisa memilih nama perangkat Anda untuk kemudian disambungkan kembali. 

Cara ini terbilang sangat mudah, terlebih lagi untuk memutuskan sambungan tersebut bisa dilakukan hanya dengan memilih tombol informasi yang terdapat pada sisi sebelah.

Artikel Terkait

Komentar