Diperbaharui pada Rabu, 4 Januari 2023 | 11:19

Cara Membuka Blokir Video di Youtube dengan dan Tanpa VPN

cara buka blokir video youtube

Saat ini, keberadaan YouTube begitu populer tak heran jika ada banyak orang yang setiap harinya menonton berbagai konten melalui aplikasi tersebut.

Namun, Anda mungkin pernah menjumpai beberapa video YouTube yang dibatasi usianya atau bahkan diblokir untuk sejumlah negara.

Hal tersebut tentu sangat mengganggu, sehingga Anda perlu segera menggunakan beberapa trik maupun cara membuka blokir video Youtube.

Dengan mengetahui cara membuka Youtube yang diblokir server tersebut, Anda akan lebih mudah menonton video sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Dengan begitu, tidak ada lagi masalah yang bisa meghalangi Anda dalam menonton video yang diinginkan. Proses berselancar di platform YouTube pun akan lebih lancar dan cepat.

Namun, jika Anda masih belum mengetahui bagaimana cara dalam membuka video yang diblokir tersebut, maka Anda perlu mencari tahu hal tersebut dengan lebih dalam.

Dengan begitu, tidak ada lagi batasan yang mampu menyulitkan Anda saat ingin menonton video dari Youtube. Beruntungnya, ada banyak cara membuka blokir video Youtube yang bisa Anda temukan.

Beberapa cara tersebut sudah dirangkum dalam penjelasan di bawah ini agar Anda tidak perlu susah payah untuk mencarinya.

Ingin tahu seperti apa caranya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini sampai habis.

Cara Membuka Blokir Video Youtube dengan Menghubungkan Lewat VPN

buka blokir youtube pakai VPN

Cara membuka blokir video Youtube bisa Anda atasi dengan menghubungkan lewat VPN. VPN sendiri merupakan solusi tepat dalam mengatasi pemblokiran video akibat terkena batasan lokasi yang ditetapkan oleh pengunggah Youtube.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih lokasi server dengan benar. Jika tidak berfungsi, Anda bisa mencoba untuk mengubah lokasi server sampai menemukannya dengan tepat.

Melalui VPN, Anda bahkan akan memiliki akses yang tidak terbatas untuk menuju ke video yang diinginkan.

Beberapa pilihan VPN terbaik yang bisa Anda gunakan seperti VyprVPN atau ExpressVPN. Melalui beberapa pilihan VPN tersebut, Anda bisa memakai layanan VPN gratis built- in Opera agar dapat mengakses video yang diinginkan hingga tak terbatas.

Jika ingin lebih optimal, jangan ragu untuk menggunakan salah satu layanan VPN yang tersedia secara premium yakni dengan cara berlangganan.

Gunakan Layanan Proksi untuk Buka Youtube

buka blokir youtube pakai proxy

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuka blokir pada video Youtube adalah dengan menggunakan layanan proksi.

Meski VPN lebih aman ketimbang layanan proksi yang satu ini, namun jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal saat menggunakan VPN, Anda tentu perlu mengeluarkan uang lebih. 

Disinilah cara membuka blokir video Youtube melalui layanan proksi bisa sebagai alternatif bagi mereka yang tidak ingin mengeluarkan biaya saat menggunakan VPN. Pasalnya, berbeda dengan layanan VPN layanan proksi banyak tersedia secara gratis.

Anda dapat memanfaatkan layanan yang tersedia tanpa memerlukan biaya tambahan tersebut sehingga dapat lebih banyak menghemat biaya yang bisa dialihkan ke keperluan lainnya yang lebih dibutuhkan.

Untuk layanan proksi sendiri ada salah satu rekomendasi yang bisa Anda gunakan. Salah satunya seperti layanan HideMyAs yang sudah cukup dikenal.

Dengan menggunakan layanan proksi tersebut maka Anda akan dengan mudah memilih beberapa titik lokasi server, mengenkripsi URL, menghapus skrip, hingga menokaktifkan cookie.

Pakai Trik Ini untuk Membuka Blokir Berbatas Usia

gunakan pengaturan batas usia

Saat Anda ingin menonton banyak video di Youtube, mungkin pernah menemui beberapa video yang meminta Anda untuk mengkonfirmasi ulang usia. Dalam hal ini, Anda bisa memakai trik agar permintaan tersebut dapat dilewati.

Di bawah ini beberapa cara membuka blokir video Youtube:

1. Fokus pada URL video di bilah alamat

Contohnya seperti alamat berikut https://www.youtube.com/watch?v=O07u7KdRVo0.

2. Ganti salah satu kata berikut

Anda bisa mengganti kata “watch” dengan "watch_popup" dan klik oke. Dengan begitu, video yang Anda ingin tonton dapat memutar dengan mode layar penuh tanpa perlu melewati batas usia seperti sebelumnya.

TubeUnblock Juga Bisa Anda Pakai

gunakan TubeUnblock

Hampir sama dengan beberapa trik yang diterapkan di atas. Anda hanya perlu melakukan penggantian kata agar bisa mengakses dan berselancar di Youtube dengan bebas bahkan tanpa adanya batasan.

Cara membuka blokir video Youtube ini bahkan sangat mudah untuk dilakukan. Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Fokus pada URL video di bilah alamat

Contohnya seperti alamat berikut https://youtube.com/watch?v=Eet4omeYcJY. Anda bisa menggantinya dengan URL yang diinginkan.

2. Ganti salah satu kata berikut

Kemudian yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti satu kata saja. Yakni, kata “youtube” diubah menjadi tubeunblock.com.  Yakni seperti berikut https://tubeunblock.com/watch?v=Eet4omeYcJY.

Dengan mengganti URL seperti yang dilakukan di atas maka Anda bisa melakukan akses Youtube secara penuh. Anda pun tidak akan lagi mendapat pemblokiran dari Youtube.

Gunakan Pengunduh Video YouTube

download youtube online

Bagi Anda yang berniat ingin menyimpan video, maka Anda bisa menggunakan pengunduh YouTube secara online.

Cara membuka blokir video Youtube ini terbilang cukup efektif juga sebagai alternatif untuk membuka video YouTube yang diblokir.

Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menempelkan URL video yang diinginkan ke salah satau pengunduh online yang ada.

Salah satu contohnya seperti SaveFrom.net atau OnlineVideConverter. Namun, perlu Anda ketahui bahwa hal ini sangat tidak direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengunggahnya kembali.

Kesimpulan

cara buka blokir video youtube

Beberapa cara di atas bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Pilih saja mana yang menurut Anda lebih mudah dan praktis untuk dilakukan.

Dengan begitu, Anda tidak akan kesusahan lagi dalam mengakses video Youtube meski kontennya di batasi di beberapa negara tertentu atau bahkan diblokir oleh penggunanya sendiri.

Saat Anda ingin memiliki akses yang tidak terbatas menuju konten YouTube, maka cara terbaik yang sebenarnya cukup direkomendasikan adalah dengan masuk.

Akan tetapi, apabila Anda tidak menginginkan untuk masuk, atau melihat pembatasan geografis pada video tertentu maka Anda bisa mencoba salah satu cara membuka blokir video Youtube yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas.

Akan tetapi, saat Anda ingin mendapatkan kebebasan akses dari Youtube maka sangat penting untuk mempertimbangkan privasi dan keamanan Anda sendiri saat menonton video yang sudah memiliki batasan tersebut.

Oleh karena hal itu, menggunakan VPN adalah rekomendasi terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan. Untuk beberapa cara lainnya yang sudah dijelaskan pun sebenarnya bisa Anda lakukan.

Hanya saja, Anda perlu melakukan beberapa langkah agar video yang tidak bisa diakses menjadi bisa diakses kembali. Tentu saja hal tersebut tergolong lebih rumit dan memakan waktu lebih.

Sebagai upaya terakhir, yakni dengan memanfaatkan layanan penyimpanan video Youtube yang saat ini sudah banyak tersedia. 

Saat Anda ingin menyimpannya maka pastikan bahwa Anda tidak ingin mengupload ulang video tersebut. Kembali lagi, semuanya tergantung dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Anda bisa memilih salah satu cara di atas agar dapat menonton tanpa batas.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.