Diperbaharui pada Sabtu, 14 Januari 2023 | 16:27

Cara Ngakalin Touchscreen iPhone Error

touchscreen iphone error

Touch screen iPhone error yaitu situasi dimana layar iPhone tidak bekerja dengan baik atau bahkan sama sekali tidak responsif. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas penggunanya.

Tidak hanya Anda, tapi masalah pada layar sentuh ini mungkin juga dirasakan sebagian pengguna iPhone lainnya. Bagaimana cara mengatasinya?

Berbicara tentang cara mengatasi error pada layar sentuh di perangkat berbasis iOS memang gampang-gampang susah. Bahkan bisa di bilang tidak ada solusi yang benar-benar bisa menyelesaikan masalah dengan sempurna.

Tapi tidak perlu khawatir, karena masih ada beberapa cara alternatif untuk menyehatkan touch screen iPhone yang error.

Cara ini berlaku untuk semua tipe, mulai dari model lama seperti iPhone 6 dan iPhone 7 hingga iPhone terbaru seperti iPhone X, iPhone Xs dan bahkan hingga iPhone 11 yang masih hangat dan jadi trending topik saat ini.

Cara Mengatasi Touch Screen error iPhone

touchscreen iphone error

1. Restart iPhone

Salah satu langkah pertama yang harus dilakukan ketika touch screen iPhone error adalah dengan melakukan restart, yaitu dengan menghidupkan dan mematikan iPhone. Setelah hp restart pastikan touch screen iPhone Anda berjalan normal kembali.

Selesai? Belum, karena masih ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mencegah error kembali. Berikut langkah yang harus dilakukan setelah restart :

  • Hapus semua aplikasi yang tidak penting atau sudah lama tidak Anda gunakan. Langkah ini tidak hanya melegakan memori tapi juga membuat iPhone berjalan lebih lancar. Caranya : tekan dan tahan aplikasi yang ingin di hapus > pilih tombol ‘X’ > Delete
  • Sebisa mungkin lakukan update versi pada semua aplikasi. Karena aplikasi yang tidak terupdate bisa menguras baterai dan mengurangi kinerja iPhone. Caranya : BUka App Store > Update > Update All. Atau Anda juga bisa melakukan pengaturan update otomatis.
  • Update software dengan selalu mengecek jika ada versi terbaru dari iOS iPhone Anda. Caranya : masuk ke Setting > General > Software Update.
  • Bersihkan iPhone dari file sampah dan cache secara rutin agar kinerja perangkat tetap lancar.

2. Hard Reset iPhone

Jika langkah soft reset di atas tidak berhasil, Anda bisa menggunakan cara berikutnya yaitu hard reset pada iPhone atau mengembalikan perangkat ke setingan awal. Dan restore ke dalam recovery mode.

3. Hubungi Layanan Servis Apple

Cara ketiga dan menjadi langkah yang paling realistis jika dua langkah di atas tidak berhasil mengatasi touch screen iPhone error adalah menghubungi layanan servis Apple. Karena kemungkinan akar masalah tersebut berasal dari rusaknya komponen pada layar iPhone. Dan pastikan Anda membawanya ke layanan resmi dari Apple.

Semoga bermanfaat

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.