Diperbaharui pada Sabtu, 14 Januari 2023 | 14:19

Microsoft Teams, Tetap Bisa Kerja Bareng Tim Selama WFH

aplikasi microsoft teams

Di era yang serba teknologi seperti saat ini, tentu sudah ada banyak cara untuk berkomunikasi. Tak hanya melalui aplikasi chatting, saat ini sudah tersedia aplikasi yang memungkinkan Anda bekerja dengan tim dalam tampilan video berkualitas. 

Salah satunya adalah Microsoft Teams. Seperti apa fiturnya, dan bagaimana cara menggunakannya?

Tentang Microsoft Teams

Meeting Microsoft Teams merupakan layanan sekaligus aplikasi yang dibuat oleh Microsoft dalam memudahkan komunikasi lewat telepon yang berupa video virtual secara langsung.

Panggilan video tersebut dapat dilakukan dimana saja serta tersedia dalam kualitas video yang jernih. Di era yang sedang gencar-gencarnya untuk melakukan Work from Home ini tentu aplikasi Microsoft Teams sangat direkomendasikan.

Aplikasi Microsoft Teams sendiri sudah meluncur sejak tahun 2017 dan menyasar pengguna profesional yang memerlukan sebuah wadah kolaborasi digital yang dapat diakses di melalui berbagai platform.

Kemudian pada tahun 2018 barulah hadir Microsoft Teams versi gratisnya. Lantas, apa saja fitur dari Aplikasi Microsoft Teams tersebut? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Fitur-fitur Microsoft Teams

fitur microsoft teams

Demi menunjang produktivitas tim di masa WHF ini perlu dukungan sistem yang cukup efektif dan efisien. Dengan begitu para anggota tim bisa membangun komunikasi secara intens tanpa adanya halangan apapun.

Dalam hal ini aplikasi Microsoft Teams sangatlah berperan penting. Aplikasi Microsoft Teams hadir dengan membawa sejumlah fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Di bawah ini merupakan berbagai fitur dari Microsoft Teams tersebut!

1. Fitur melakukan panggilan

Fitur Microsoft Teams terbilang cukup lengkap. Anda bisa menggunakannya untuk menghubungi siapa saja, baik itu sesame anggota tim ataupun orang yang lain. Fitur ini sendiri dirancang dengan canggih yang dapat menggantikan perangkat telepon dengan lebih efektif.

2. Fitur mengirimkan pesan

Fitur selanjutnya adalah memudahkan Anda dalam mengirimkan pesan pada sebuah channel yang sebelumnya bisa Anda buat. Setiap anggota yang ada di channel tersebut bisa mengirimkan chat dan bercakap-cakap dengan leluasa.

Tak hanya sebatas mengirim pesan, namun Anda juga dapat mengirim gambar stiker, emoji, hingga melampirkan dokumen penting.

3. Fitur video conference

video conference pakai microsoft teams

Sekarang dengan memanfaatkan fitur video conference, Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk pergi ke kantor. Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut dengan cara yang cukup mudah, simple, dan juga praktis.

Tersedia juga fitur pendukung lainnya seperti melangsungkan live broadcast untuk pertemuan skala besar, membuat jadwal rapat, dan lain sebagainya.

4. Fitur peredam bising

Fitur yang satu ini memungkinkan And adalam meredam kebisingan di latar belakang yang tentu saja sangat mengganggu. Dengan begitu, Anda dan pengguna lainnya dapat mendengar lebih jelas apa yang dikatakan saat melakukan meeting virtual.

5. Fitur Raise Hand

Fitur aplikasi Microsoft Teams yang satu ini, bisa Anda manfaatkan untuk memberikan sinyal visual saat ingin menyampaikan sesuati dalam sebuah meeting. Kemudian, saat seseorang tersebut akan mulai berbicara terdapat suara bel yang bisa terdengar.

6. Fitur obrolan pada Windows berbeda

Fitur yang satu ini dapat memudahkan Anda dalam memunculkan obrolan pada jendela yang terpisah. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah beralih antara percakapan yang sedang berlangsung.

7. Terintegrasi secara langsung dengan aplikasi Office 365

microsoft 365

Aplikasi Microsoft Teams sudah terintegrasi langsung dengan beberapa aplikasi yang ada di Office 365. Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak-balik saat ingin membuka aplikasi yang lain.

Seperti Excel, Word, Power Point, dan masih banyak lagi. Dengan adanya beragam fitur unggulan dari Microsoft Teams di atas tentu dapat menunjang produktivitas sebuah tim dalam mencapai target-targetnya.

Itulah mengapa, Anda sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi ini. Lantas, bagaimana cara menggunakan Microsoft Teams?

Cara Menggunakan Microsoft Teams

cara menggunakan microsoft teams

Melalui aplikasi Microsoft Teams, Anda tidak hanya bisa melakukan panggilan video, akan tetapi beberapa aktivitas lain juga bisa Anda lakukan. Di bawah ini merupakan cara menggunakan Microsoft Teams tersebut:

1. Download Microsoft Teams

Saat Anda ingin menggunakan Microsoft Teams, download aplikasinya terlebih dahulu melalui situs resmi Microsoft.

2. Buka aplikasi Microsoft Teams

Selanjutnya, Anda bisa mulai membuka Microsoft Teams dengan cara mengeklik aplikasi tersebut.

3. Sign in ke aplikasi

Saat Anda berhasil membuka aplikasi, segera lakukan sign in dengan memakai nama dan kata sandi Office 365. Microsoft Teams memang bagian dari Office 365 yang nantinya Anda memerlukan lisensi dari Office 365 Business atau Enterprise saat menggunakannya.

4. Pilih menu Teams

Kemudian, Anda bisa memilih menu Teams pada aplikasi menu sebelah kiri lalu tekan Create New Team atau Join a Team. Selanjutnya tulis Nama dan Deskripsi dari tim yang dibuat.

5. Pilih Privat

Anda bisa memilih Privat apabila ingin grup tidak bisa diakses secara sembarangan. Kemudian pilik Public apabila Anda ingin grup dapat diakses oleh semua orang, jika sudah pilih Create.

6. Tambahkan anggota tim

Ketika grup sudah berhasil Anda buat, maka Anda bisa menambahkan anggota tim via alamat email yang mereka gunakan, jika sudah klik Add dan Close.

7. Tambahkan channel

Jika perlu, Anda bisa menambahkan channel/saluran untuk memberikan informasi atau pengumuman dengan klik More Options. Kemudian klik Manage Channels, klik tanda tambah (+) lalu tulis nama beserta deskripsinya.

8. Pilih Standar

Apabila Anda ingin saluran bisa dilihat oleh semua anggota maka Anda bisa memilih Standar. Jika sudah pilih Add dan ruang meeting pun sudah bisa Anda gunakan.

Dengan beberapa langkah di atas, Anda bisa menambahkan file, posting, dan berinteraksi dengan orang lainnya sesama tim. Anda juga bisa mulai untuk melakukan panggilan video dengan mengklik ikon video.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Teams

kelebihan microsoft teams

Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi Microsoft Teams juga memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Di bawah ini merupakan beberapa kekurangan dan juga kelebihan tersebut:

1. Bisa mengelola kelompok dengan mudah

Kelebihan Microsoft Teams yang pertama adalah dapat mengelola kelompol dengan mudah. Setiap anggota bahkan bisa dengan leluasa memanage kegiatan yang dilakukan.

2. Tersedia pengeditan dan berbagi file

Kelebihan selanjutnya adalah pengeditan file dengan begitu Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi lain saat ingin melakukan pengeditan. Selain itu, Microsoft Teams juga memudahkan Anda dalam berbagi file dengan berbagai format yang dibutuhkan.

3. Tersedia dalam video dan audio berkualitas

Microsoft Teams memiliki kelebihan dalam kualitas videonya yang sudah HD. Tentu Anda akan semakin nyaman dalam menggunakannya. Tak hanya itu saja, kualitas audio yang bisa didengar pun cukup jernih sehingga sangat cocok dijadikan sebagai ruang meeting.

4. Tersedia saluran khusus untuk mengobrol pribadi maupun grub

Microsoft Teams menyediakan saluran yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobrol di dalam grup maupun secara pribadi.

5. Keamanan langsung dari Microsoft

Keamanan Microsoft Teams langsung dikembangkan oleh Microsoft. Tentu saja Anda tidak perlu lagi mempertanyakan soal keamanannya.

6. Anda perlu memiliki koneksi yang prima

Jika dilihat dari sisi kekurangan, maka saat Anda menggunakan aplikasi tersebut diperlukan koneksi yang benar-benar prima. Jika tidak, maka Anda akan kesulitan dalam mendengar suara yang diucapkan.

7. Penggunaan bandwidth yang besar

Aplikasi Microsoft Teams terbilang memiliki penggunaan bandwidth yang lebih besar jika dibandingkan dengan aplikasi yang lain. Microsoft Teams memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang tentunya masih bisa Anda gunakan dengan baik.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini dapat memudahkan Anda bekerjasama dalam tim, berbagi video, serta layanan antar mukanya yang berkualitas.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.