Diperbaharui pada Selasa, 18 Agustus 2020 | 13:25

Tips Menghemat Kuota Internet Biar Lebih Irit

cara menghemat kuota

Menghemat kuota internet menjadi salah satu solusi utama untuk menikmati berbagai kebutuhan di dunia maya. Anda bisa mencoba mencari cara menghemat kuota internet dengan berbagai solusi, beberapa diantaranya adalah mengubah sistem pada ponsel.

Ada banyak masalah yang ditemukan belakangan ini khsusunya bagi pengguna smartphone Android dengan kuota yang mudah habis.

Saat ini melakukan video streaming merupakan hal yang sangat populer, khususnya untuk menggunakan berbagai media sosial yang kekinian. Berbagai layanan internet seperti yang dijelaskan tersebut membutuhkan kuota yang cukup banyak.

Anda bisa saja menghabiskan ratusan ribu per-bulannya hanya untuk menikmati layanan tersebut cara menghemat yang tepat bisa menjadi solusinya atau Anda bisa pilih paket data unlimited selama masa WFH.

Melakukan limitasi penggunaan data di setting

Salah satu cara termudah untuk menghemat penggunaan data adalah melakukan limitasi pada penggunaan bulanan data di setting. Melakukan pencegahan penggunaan data yang berlebih tanpa sepengetahuan Anda sehingga penghematan dapat dilakukan.

Untuk melakukannya cukup masuk ke setting, pilih data usage, billing cycle, dan pilih data limit and billing cycle.

Membatasi data background aplikasi

cara hemat kuota internet

Ketika Anda membuka beberapa aplikasi di smartphone maka akan memakan ruang untuk penggunaan data. Beberapa aplikasi akan membuat background baru dan memonitor setiap update yang dilakukan Ketika layar dimatikan.

Contohnya, Anda bisa mencari cara menghemat kuota Instagram, dengan memastikan ruang yang dibutuhkan selalu tersedia.

Cara untuk melakukan setting ini cukup mudah, Anda juga tidak akan membutuhkan aplikasi bantuan lain. Hanya melakukan setting di bagian pengaturan ponsel kemudian masuk ke data usage.

Setelah berada pada menu tersebut maka pilihlah aplikasi yang memakan banyak data pada ponsel, kemudian pilih restrict app background data.

Menggunakan kompresi data di Google Chrome

Kedua cara di atas sangat efektif untuk dilakukan namun, Anda juga bisa mencari cara lain jika keduanya tidak dapat dilakukan. Platform Google yang satu ini bisa menjadi andalan Anda untuk menghemat penggunaan data khususnya untuk ponsel Android.

Ketika kompresi data dilakukan maka semua trafik yang ada di ponsel akan dijalankan oleh Google dan telah di optimasi terlebih dahulu.

Ketika data telah dioptimasi maka penggunaan data dan kecepatan untuk loading halaman akan berbeda dan tanpa mengubah web kontennya.

Jika Anda ingin menggunakannya cukup masuk ke menu Setting, kemudian masuk ke Data Saver, pilih menu di bagian atas kanan untuk mengaktifkan data saver.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan Ketika menggunakan layanan ini. Pengguna Data Saver akan memiliki keamanan yang lebih tinggi saat menggunakan situs pencarian Google.

Halaman yang terkena virus tidak akan menyerang smartphone Anda, sehingga ponsel akan selalu terlindungi dari setiap malware dan konten yang membahayakan. Sampai saat ini, Google Chrome mampu mengatur lebih dari 17 persen data penggunanya.

Melakukan Update Aplikasi dengan Wifi

hemat kuota

Cara efektif lain untuk mengurangi penggunaan data adalah mematikan update otomatis di Play Store. Banyak orang yang mengeluhkan tentang hal ini, Ketika data yang ada tiba-tiba saja habis karena update aplikasi.

Anda hanya perlu masuk ke menu setting di ponsel, cari bagian aplikasi, kemudian masuk ke auto update apps, di sana Anda hanya perlu mematikan auto updatenya saja.

Di bagian menu tersebut tersedia pilihan auto update apps over wi-fi only, pilihan ini bisa Anda gunakan sehingga aplikasi tidak akan di update tanpa jaringan wi-fi.

Jika Anda tidak bisa menemukan pilihan tersebut cara lain adalah memilih do not auto update apps.

Langkah ini sangat direkomendasikan jika Anda ingin menghemat data tanpa melakukan update otomatis aplikasi tertentu di ponsel.

Melakukan limitasi terhadap layanan streaming

Kalangan muda sudah terbiasa untuk melakukan streaming online menggunakan jejaring internet. Ada beberapa cara untuk menghemat kuota Ketika melakukan streaming, seperti cara menghemat kuota XL sebagai provider streming terbaik.

Beberapa penggunaan data yang tinggi seperti meningkatkan kualitas gambar tentu akan menghabiskan banyak data dan menyebabkan penggunaan berlebih.

Cara terbaik untuk menghemat streaming music dan video adalah dengan mendownload konten tersebut Ketika Anda terhubung ke wi-fi saja. Jika Anda telah mendownload konten.

Ketika terkoneksi dengan wi-fi maka, penggunaan data di ponsel dapat dikurangi dengan mudah. Aplikasi seperti YouTube memakan banyak data pada ponsel dan mengurangi resolusi menjadi cara terbaik.

Selain YouTube, aplikasi streaming lain seperti Netflix dan YouTube Go ternyata memakan banyak penggunaan data.

Meskipun awalnya aplikasi YouTube Go di desain untuk menghemat data, jika Anda memang menggunakan wi-fi untuk mendownload kontennya.

Memantau Penggunaan Data Aplikasi di Ponsel

membatasi penggunaan internet di hp

Ketika smartphone terkoneksi ke internet maka setiap data yang dikonsumsi akan memakan banyak kuota internet. Salah satu contoh sederhana seperti jalannya Google Photos App yang mungkin saja sedang di sinkronisasi.

Ketika Anda mengunci layar ponsel, setiap aplikasi media sosial yang digunakan terbuka maka data yang dipakai akan semakin banyak dan menyebabkan over usage.

Anda bisa mencoba untuk mengurangi menonton beberapa video dan GIFs di beberapa aplikasi yang memakan banyak data. Pilihlah aplikasi yang memang akan memberikan keringanan lebih pada penggunaan data.

Selain data yang digunakan bisa lebih hemat, ternyata cara ini juga bisa membantu Anda untuk menghemat baterai dengan lebih lama.

Gunakan Google Maps Secara Offline

Meskipun kegunaan Google Maps sangat bermanfaat dan bisa digunakan Ketika Anda offline, cara ini ternyata bisa memakan banyak penggunaan data pada ponsel.

Fitur offline Google Maps sangat membantu untuk menghemat data yang digunakan jika saja Anda sudah terhubung dengan Wi-Fi lakukan download rute yang dibutuhkan di Google Maps kemudian menggunakannya secara online.

Cara untuk menghemat data dengan fitur ini adalah menggunakan wi-fi Ketika Anda akan mendownload rute.

Buka aplikasi Google Maps, masuk ke bagian Menu, kemudian Pilih Offline Maps, setelah masuk Anda bisa memilih Select Your Own Map Langkah terakhir adalah tekan Download.

Secara otomatis rute tersebut akan tersimpan pada ponsel.

Kurangi Optimasi dan Sinkronisasi Akun

cara limit kuota data di hp

Sinkronisasi terhadap akun yang ada di ponsel akan memakan banyak penggunaan data, khususnya untuk penggunaan media sosial dan Google+ yang banyak digunakan.

Anda bisa melakukan sinkronisasi terhadap file tertentu seperti foto, video, dan dokumen yang akan memakan banyak data. Secara tidak langsung Google akan melakukan sinkronisasi pada akun tersebut.

Terkadang beberapa Langkah sinkronisasi memang tidak dibutuhkan, bahkan hanya akan memakan banyak data di ponsel dan menguras baterai Anda.

Untuk melakukan setting masuk ke pengaturan, pilih account, kemudian pilih Google lalu matikan opsi yang tidak dibutuhkan.

Menghapus Malware Pada Ponsel

Jika Anda ingin menghapus malware maka bisa melakukannya dengan menggunakan Anti Virus. Jika ditemukan banyak malware maka smartphone khususnya Android akan mengalami penurunan performa.

Ditandai dengan data yang habis termakan untuk data malware tersebut. Jika kuota internet yang digunakan bisa lebih hemat, maka berbagai kebutuhan online akan terpenuhi dengan mudah.

Anda bisa menyisakan biaya untuk membeli internet yang lebih ringan. Beberapa cara di atas bisa dilakukan dengan mudah, Anda hanya perlu membuka setting pada ponsel atau mengikuti Langkah selanjutnya.

Mulai saat ini pengguna smartphone Android tidak akan mengalami kesusahan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.