Cara Pakai 1 Nomor WA di 2 Hp dan 2 Akun WA di 1 Hp

Oleh Restu Aji Siswanto updated Selasa, 26 Mei 2020 | 16:00

1 no wa di 2 hp
Sampai saat ini WhatsApp (WA) masih menjadi aplikasi chat paling populer di Indonesia. Berbagai jenis kebutuhan bisa dilakukan dengan aplikasi tersebut, khususnya sebagai sarana berbisnis.

Pemilik usaha dan bisnis biasanya akan membutuhkan banyak akun WA untuk memisahkan antara penggunaan pribadi dan bisnis. Ada beberapa cara untuk buka WA di dua hp ataupun sebaliknya, untuk mempermudah dan memberi kenyamanan dalam ber-chatting. 

Cara Menggunakan 1 Nomor WA di 2 Hp

1 no wa di 2 hpFoto: Pixabay

Menggunakan fitur WhatsApp Web

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan WhatsApp web sebagai cara membuat 1 nomor WA bisa diakses di 2 hp berbeda. Hal ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan akun dengan mudah dan hanya perlu memanfaatkan fitur WhatsApp Web saja. 

Jalankan aplikasi WhatsApp di smartphone seperti pada umumnya, kemudian masuk ke halaman list chat WhatsApp. Pada halaman tersebut ada pilihan 3 titik yang berada di bagian pojok kanan atas, lalu pilihlah WhatsApp Web. 

Cari smartphone kedua yang akan kamu gunakan, pastikan jika sudah mendukung desktop view atau beberapa media browser. Buka browser yang akan kamu gunakan dan pilih opsi kemudian centang bagian request desktop site.

Meskipun tulisan pada beberapa browser mungkin berbeda, inti paling utamanya adalah mengaktifkan opsi tampilan WhatsApp web di desktop. Akses link untuk masuk ke WhatsApp Web, nantinya akan masuk kode QR yang bisa kamu gunakan di handphone yang kedua. 

Lakukanlah scan untuk kode QR yang disediakan dengan fitur WhatsApp Web. Jika semua cara diatas telah dilakukan maka akun WhatsApp yang kamu gunakan bisa berada di 2 hp yang berbeda. Bahkan, kamu bisa dengan langsung membalas chat, melihat status, dan cara lainnya seperti akun WhatsApp biasanya. 

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Langkah untuk membuat 1 no WA di 2 HP yang paling mudah lainnya adalah dengan memasang aplikasi tambahan. Cara ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Langkah di atas, dan hanya perlu memasangkan aplikasi yang dibutuhkan saja.

Gunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan Langkah ini, salah satunya adalah aplikasi Multi Messenger for WhatsApp daripada menggunakan Web WhatsApp. Jenis aplikasi tersebut tersedia di Google Playstore dan bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Langkah yang harus dilakukan cenderung sama, seperti menjalankan WA di smartphone utama seperti biasanya. Masuk ke halaman pertama di aplikasi WhatsApp, kemudian kamu abisa memilih 3 titik yang ada di kanan atas lalu masuk ke WhatsApp Web.

Kamu hanya perlu menginstal aplikasi WhatsApp Web di handphone kedua. Jika kode QR sudah muncul maka lakukanlah scanning di handphone kedua. Lakukan Langkah ini dengan menggunakan smartphone utama. 

Setelah beberapa proses tersebut dilakukan maka Langkah-langkahnya sudah bekerja dengan baik. Tampilan yang diberikan Ketika kamu menggunakan aplikasi tambahan akan jauh lebih baik dan lebih nyaman dari cara di atas yang pertama. 

Kelemahan cara yang kedua ini adalah koneksi yang terkadang sangat mudah untuk terputus. 

Cara Menggunakan 2 Akun WA di 1 Hp

2 no wa di 1 hpFoto: Pixabay

Aktivasi Dual Messenger

Jika kamu ingin menggunakan 2 akun WA di satu hp, proses yang harus dilakukan berbeda dengan cara sebelumnya. Syarat utama agar ponsel bisa terkoneksi dengan dua akun WA adalah dengan mengaktivasi dual messenger di ponsel yang kamu gunakan. 

Pertama, kamu perlu mengunduh aplikasi WhatsApp, atau jika sudah memiliki aplikasi WA di hp, maka lakukan langkah berikutnya. Masuk ke menu setting di WhatsApp kemudian pilih Advance Features, setelah mengklik menu tersebut pilihlah Dual Messenger. Secara tidak langsung kamu bisa melihat daftar aplikasi yang mendukung penggunaan dua akun. 

Geser tombol slide yang ada di aplikasi WhatsApp untuk mengaktifkan kedua akun tersebut. Jika sudah selesai maka kamu bisa lengsung menginstall aplikasi WA di smartphone seperti biasanya. 

Langkah yang dilakukan selanjutnya hanya perlu memasukan nomor handphone yang kamu gunakan di akun WA tersebut. Setelah selesai maka kamu bisa menggunakan 2 akun WA di 1 hp secara bersamaan.

Memasang Clone App atau Twin App

Secara garis besar, Langkah yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan cara pertama. Banyak orang yang sudah mencoba untuk menggunakan langkah ini dan berhasil melakukannya. kamu hanya perlu menginstal aplikasi untuk cloning WA saja. 

Pilih aplikasi cloning yang kamu percayakan, lakukan installasi hingga proses selesai. Buka aplikasi clone app atau twin app yang telah terpasang, kemudian masuk ke bagian setting yang berada di bagian menu. 

Cara selanjutnya adalah memilih aplikasi WhatsApp, secara tidak langsung ponsel kamu akan melakukan penggandaan terhadap data pada aplikasinya. Jika proses sudah selesai, maka aplikasi WA yang kedua akan muncul di home screen smartphone. 

Akan muncul lambang clone pada aplikasi tersebut dan kamu hanya perlu masuk, kemudian ikuti semua prosedur yang diharuskan. Biasanya pengguna diperlukan untuk memasukan nomor hp yang digunakan pada akun kedua tersebut. 

Pakai Parallel Space

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi cloning, Parallel Space fungsinya adalah untuk mendukung penggunaan dua aplikasi di satu ponsel. Jika ponsel kamu memang tidak mendukung penggunaan dua akun dengan 1 aplikasi maka, melakukan instalasi parallel space ini akan sangat membantu.

Kamu hanya perlu memilih WhatsApp dan lakukan instalasi dengan nomor telepon yang kamu gunakan pada ponsel. Langkah untuk melakukan installasi ini hanya perlu memasangkan nomor telepon lain untuk menjadi akun kedua.

Biasanya, persyaratan minimum hp untuk menggunakan aplikasi ini harus memiliki versi 64bit. Secara tidak langsung proses akan didukung dan dilakukan dengan cepat. 

Gunakan Aplikasi Dual Space

Selain menggunakan Parallel Space, aplikasi Dual Space juga sangat bermanfaat dan bisa dicoba untuk melakukan cloning WA. Biasanya pengguna aplikasi ini adalah smartphone yang tidak mendukung installasi 2 aplikasi WhatsApp. Setelah melakukan instalasi dan pengunduhan maka hanya perlu membuka aplikasi, kemudian pilih aplikasi Whatsaap. 

Ikuti setiap Langkah dan prosedur yang perlu dilakukan, namun aplikasi dual space ini tidak akan membuat shortcut untuk akun WhatsApp yang lain. Pengguna harus masuk ke aplikasi untuk melakukan proses penggandaan. 

Jika kamu bisa memasangkan akun WA di 2 HP yang berbeda, atau memasangkan 2 akun WA di HP yang sama maka pekerjaan akan semakin mudah. Bisnis kamu akan menjadi lebih lancar dan terorganisir dengan lebih baik. 

Mengapa Menggunakan 2 No WA atau 2 Hp dengan 1 no WA?

Memisahkan Urusan Bisnis dan Pribadi

Salah satu alasan yang paling utama bagi beberapa orang yang menggunakan 2 akun WA atau 1 akun WA di 2 HP adalah urusan bisnis. Banyak orang yang ingin memisahkan urusan pribadi dengan urusan bisnis saat ini. 

Memudahkan Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaan perlu dilakukan dengan baik, salah satu caranya adalah dengan mengorganisir penggunaan akun WA di ponsel. Secara tidak langsung segala urusan perusahaan akan lebih mudah untuk dijalankan.

Hemat Biaya Membeli Hp Baru

 Tanpa harus membeli smartphone baru, kamu bisa menggunakan 2 akun WA atau 1 hp untuk 2 akun WA yang berbeda. Hanya perlu melakukan beberapa Langkah saja kamu secara tidak langsung sudah menghemat biaya membeli smartphone baru.

Nah, selamat mencoba!

Artikel Terkait

Komentar

ONald Rabu, 27 Mei 2020 | 15:16
Ga benar informasi anda! saya coba di HP VIVO Y 12, dan artikel anda sama sekali SUNGGUH SANGAT TIDAK MEMBANTU ! SAYA sarankan HAPUS AJA ARTIKEL IN, dari pada pengunjung yang lain ikut kecewa. terima kasih