Cara Menghapus Banyak Komentar IG Sekaligus Secara Bersamaan

Oleh Restu Aji Siswanto updated Rabu, 20 Mei 2020 | 15:30

cara menghapus komentar bulk di igFoto: Pexels

Apakah kamu senang dapat banyak komentar di foto Instagram? Tentu akan sangat menyenangkan apabila postingan kita tersebut mendapatkan komentar yang positif. Namun, bagaimana jika yang kita dapat adalah komentar spam dan negatif? Kalau sudah begini, kamu wajib mengetahui cara menghapus komentar di IG secara bersamaan sekaligus.

Komentar negatif tentu tidak akan pernah menyenangkan untuk dibaca atau bahkan diketahui oleh orang lain. Untuk itu, jangan biarkan komentar tersebut terus nangkring di setiap postingan yang sudah kamu kirim.

Terlebih jika ada banyak komentar negatif yang menjelekkan atau memberikan kesan yang buruk pada postingan kamu. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa gunakan tips cara menghapus komentar di IG secara bersamaan dari kami berikut ini.

Cara Menghapus Komentar di IG secara Bersamaan

cara menghapus komentar ig bersamaanFoto: Pixabay

Bagi kamu yang mengalami permasalahan seperti yang sudah dijelaskan di atas, tidak usah bete gitu, deh. Pasalnya, kamu bisa loh menghapus komentar di IG secara bersamaan. Cara ini bisa kamu lakukan dalam waktu yang cenderung singkat, dengan sangat mudah.

Menghapus komentar di IG secara bersamaan ini bisa kamu lakukan melalui perangkat iOS dan Android.

Cara menghapus komentar bulk IG di Android

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghapus komentar Instagram melalui perangkat Android adalah dengan mengetuk atau menekan lama komentar yang ingin dihapus. Dengan begitu, komentar yang sudah diketuk akan berubah menjadi warna biru, sedangkan yang tidak, akan berwarna netral seperti komentar pada umumnya.

Selanjutnya, kamu bisa terus memilih mana saja komentar yang ingin kamu hapus. Setelah totalnya 25 komentar sudah ditandai untuk dihapus, maka kamu tidak bisa memilih komentar lainnya, karena ini batas maksimumnya. Jika sudah, tekan ikon tempat sampah yang berada di kanan atas layar.

Dengan begitu, Instagram akan segera melakukan penghapusan terhadap komentar-komentar tersebut. Kalau terjadi kesalahan dalam menghapus, kamu masih memiliki kesempatan dalam waktu sekitar tiga detik untuk menekan tombol 'Undo' yang terdapat di bagian bawah.

Cukup mudah bukan? Cara ini sangat aman dilakukan, karena meskipun kamu menghapus komentar dalam jumlah yang banyak, Instagram tidak akan melakukan banned pada akun kamu. Tapi perlu diperhatikan, kamu harus memberi jeda waktu untuk menghapus 25 komenter selanjutnya, jangan dilakukan tepat setelah menghapus yang sebelumnya.

Cara menghapus komentar bulk IG di iOS

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat ingin menghapus komentar pada perangkat iOS adalah dengan menekan ikon titik tiga di kanan atas halaman komentar. Selanjutnya klik 'Kelola Komentar' dari pilihan opsi yang ada. Kemudian kamu bisa memilih maksimum 25 komentar yang ingin dihapus.

Saat kamu sudah menandai 25 komentar tersebut, maka klik 'Hapus' pada bagian kiri bawah lalu pilih 'Hapus Komentar' pada jendela yang muncul. Saat melakukannya, pastikan kamu sudah benar-benar yakin akan pilihan komentar yang ingin dihapus. Pasalnya, pada perangkat iOS tidak tersedia opsi 'Undo' seperti di Android.

Setelah menghapus beberapa komentar yang diinginkan, kamu bisa memilih 'Opsi Lainnya'. Dengan begitu, akan ditampilkan menu 'Blokir Akun' dan 'Batasi Akun'. Jika kamu memilih salah satu opsi tersebut, berarti kamu dapat melakukan pemblokiran dan membatasi akun lain untuk secara massal membuat komentar yang tidak diinginkan.

Selain opsi di atas, kamu juga bisa menekan tombol titik tiga dan pilih 'Kontrol Komentar'. Pada opsi tersebut, kamu bisa pilih 'Nonaktifkan Komentar'. Kemudian dengan klik 'Pilih Kata yang Akan Disembunyikan' maka dapat memberikan kamu jalan pintas ke alamat 'Kontrol Komentar' yang ada pada 'Pengaturan-Privasi-Komentar'.

Pentingnya Menghapus Komentar di IG

Menghapus komentar di IG terbilang cukup penting, terutama bagi kamu yang memiliki pengalaman buruk terhadap komentar tersebut. Baik itu komplain, hujatan, kritik, spam, atau berbagai komentar negatif yang tidak mengenakkan lainnya. 

Komentar yang juga tidak kalah menyebalkan adalah para penjual yang memasarkan produknya di Instagram. Tentu sangat merugikan jika menjumpai berbagai komentar negatif seperti di atas. Belum lagi soal jumlahnya yang tidak hanya satu atau dua saja, akan tetapi banyak dan sering.

Untuk menghindari kerugian ataupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya, maka sangat penting untuk menghapus komentar di Instagram. Dengan begitu, postingan kamu akan terlihat bersih dan terbebas dari komentar-komentar negatif yang tidak menyenangkan.

Tentang Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi mobile berbasis iOS, Android, dan juga Windows Phone dimana kamu bisa mengedit sekaligus memposting foto maupun video ke halaman utama Instagram dan membagikannya ke jejaring sosial lainnya. Foto dan video yang sudah kamu bagikan tersebut nantinya akan muncul di beranda pengguna lain yang menjadi pengikut kamu.

Instagram sendiri memiliki sistem pertemanan dengan istilah follower yakni kamu diikuti pengguna lain dan following yang berarti kamu mengikuti pengguna lainnya. Kemudian, setiap pengguna instagram memiliki kesempatan dalam melakukan interaksi dengan pengguna lain dengan cara memberikan respon suka dan juga komentar.

Instargam dahulu awalnya dikembangkan oleh sebuah perusahaan startup yang sangat sederhana, bernama Burbn. Inc. Perusahaan tersebut didirikan oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom. Kemudian Facebook membelinya dengan harga $ 1 miliar pada tahun 2012.

Saat ini, Instagram sudah menjadi salah satu media sosial yang cukup banyak diminati, khususnya di Indonesia. Terlebih Instagram juga sudah memberikan banyak fitur unggulannya. Termasuk berbagi foto, streaming video, update stories, dan masih banyak lagi. Sejak diakuisisi oleh Facebook, fitur Instagram semakin beragam.

Artikel Terkait

Komentar