Diperbaharui pada Senin, 28 Maret 2022 | 15:07

5 Cara Tetap Produktif Selama Bulan Puasa Ramadhan

cara beraktivitas selama berpuasaFoto: Pexels

Bulan puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan dengan alasan sedang menahan lapar dan haus, karena di bulan penuh rahmat ini, kita juga bisa menjadi produktif dengan  melakukan berbagai hal yang sebelumnya mungkin belum pernah kita lakukan.

Dengan jam kantor yang pada umumnya akan dikurangi, bulan puasa Ramadhan menjadi kesempatan kita untuk bisa mempertajam kemampuan di bidang lain yang sebelumnya sulit untuk dilakukan. Misalnya memasak, atau belajar fotografi.

Tips Agar Tetap Produktif Selama Bulan Puasa

tips beraktivitas selama puasaFoto: Pexels

Berbagai kegiatan bisa dilakukan selama menjalani puasa di bulan Ramadhan. Tidak harus sesuatu yang mengandalkan fisik saja, tapi juga hal-hal yang bisa menambah pengetahuan kita dalam berbagai hal.

Sangat penting bagi tubuh kita untuk tetap aktif selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk membuat kita tetap produktif di bulan Ramadhan.

1. Belajar Memasak atau Mencoba Resep Baru

Bulan Ramadhan adalah waktu yang paling tepat untuk mulai mengasah kemampuan di dapur sambil menyiapkan menu untuk sahur dan berbuka puasa. Kalau Anda tidak pernah memasak, maka tidak ada salahnya mulai mencoba kegiatan ini.

Namun bila Anda sudah terbiasa memasak, bulan ini adalah waktu yang baik untuk mulai mencoba resep-resep baru. Agar lebih menyenangkan, coba lah beberapa resep mudah yang bisa dipelajari melalui kanal memasak di YouTube.

Selain belajar memasak dan mencoba resep baru, Anda juga bisa belajar untuk membuat berbagai hidangan penutup mulai dari minuman-minuman kekinian, hingga kue dan jajanan khas.

2. Rutin Bersilaturahmi Secara Online

Rasanya kita semua tahu kalau di masa pendemi ini, kesempatan untuk berkumpul menjadi minim, karena masih ada orang yang belum berani untuk berada di dalam keramaian, walau untuk sekedar temu kangen saja.

Dalam dua tahun belakangan ini, Ramadhan memang terasa kberbeda, karena tidak semua anggota keluarga dan teman-teman, terutama yang posisinya jauh dari rumah bisa bertemu secara langsung.

Meskipun dipisahkan oleh jarak, salah satu cara agar komunikasi tetap terjaga adalah dengan selalu aktif menanyakan kabar melalui aplikasi video call. Anda bisa berbuka puasa bersama dengan saudara atau teman dari jarak yang terpisah, bahkan mungkin sahur bersama.

tips beraktivitas selama berpuasaFoto: Pexels

3. Mendengarkan Podcast Islami

Selain melakukan berbagai aktivitas fisik, kita juga bisa menambah pengetahuan agama selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan mendengarkan siaran podcast Islami yang biasanya mencakup berbagai topik mulai dari yang ringan hingga berat.

Ketimbang tidak melakukan apa-apa, tentu tidak ada salahnya mulai melakukan aktivitas mendengarkan podcast ini. Bila ingin berganti suasana, Anda bahkan bisa mencoba untuk mendengarkan siaran-siaran podcast lain seperti humor, atau bahkan cerita-cerita horor.

4. Belajar Fotografi

Salah satu kegiatan seru lainnya yang bisa dicoba selama bulan puasa Ramadhan adalah mengasah kemampuan fotografi. Biasanya, setelah mempersiapkan menu sahur atau berbuka, kita akan menata makanan di atas meja makan.

Anda bisa mencoba untuk memperdalam kemampuan fotografi menggunakan smartphone, dengan memotret makanan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunakan objek-objek sederhana yang tersedia sebagai properti dan memanfaatkan pencahayaan alami dari jendela rumah.

5. Mengunduh Aplikasi Islami

Bulan Ramadhan juga menjadi momen yang tepat untuk menambah pahala, antara lain dengan memperdalam ibadah. Salah satu caranya adalah memperdalam ilmu dengan bantuan berbagai aplikasi agama yang bisa diunduh melalui smartphone. 

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh aplikasi berisi doa-doa harian untuk dibaca selama menjalani ibadah puasa Ramadhan, agar pahala puasa semakin bertambah. Khusus untuk anak-anak, tersedia juga berbagai game Islami seru yang bisa dimainkan.

Itu lah berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan selama bulan Ramadhan, semoga bermanfaat, ya. Selamat menjalani Ibadah puasa Ramadhan, dan semoga seluruh amal ibadah kita diterima, amin. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.