Diperbaharui pada Minggu, 8 Januari 2023 | 15:22

16 Nomor di Satu HP, Gimana Caranya?

super sim

Sibuknya aktivitas seseorang Ketika menggunakan ponsel memang sulit diatur. Terutama jika Anda memang membutuhkan banyak nomor ponsel untuk kebutuhan yang berbeda. 

Saat ini solusi utamanya Anda bisa menggunakan Super SIM dengan mudah dan cepat. Banyak yang belun tahu jika kartu SIM memang bisa di kloning bahkan sampai 16 nomor ponsel sekaligus.

Artinya, Anda bisa mendapatkan banyak nomor hanya dengan 1 ponsel saja. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan termasuk fitur pada produk Super SIM, cara kerja, hingga kekurangan dan kelebihannya.

Tanpa mengetahui hal ini Anda bisa saja salah untuk menggunakannya pada ponsel yang tidak tepat. Banyak orang yang sudah mendapatkan keuntungan dari Super SIM ini.

Super SIM

Pertama kali muncul di negara Cina pada tahun 2019, produk Super SIM ternyata dipercaya bisa membeirkan banyak keuntungan. Ketika Anda bisa mengkloning banyak nomor SIM pada satu ponsel saja.

Kecepatan membaca dan menulis pada kartu juga sangat cepat dengan kisaran 90MB/s dan 60MB/s. Penyimpanan yang diberikan juga cukup besar untuk kapasitas kartu SIM terbaik.

Anda hanya membutuhkan 1 SIM card dan 1 ponsel saja untuk mengoperasikannya. Fitur backup dan restore yang disediakan sangat simpel dan hanya membutuhkan satu klik saja. 

Sertifikasi CC

EAL6+ bisa menjamin keamanan data yang Anda miliki dan bisa dipulihkan dengan cepat. Ketika ingin mengganti nomor pada ponsel maka hanya cukup klik switch number untuk mengaktifkannya.

Multi SIM ini bisa memecahkan beberapa masalah untuk setiap orang ang memegang lebih dari satu kartu SIM saja. Ada beberapa spesifikasi smartphone yang bisa menggunakan SIM slot seperti ini.

Namun, tetap saja Langkah penggunaanya berbeda dibandingkan dengan kartu SIM pada umumnya.

Jenis dan Model HP yang Mendukung Fitur Super SIM

hp super sim

Sebelum menggunakannya, pastikan jika Anda memang sudah mengetahui jenis ponsel yang didukung oleh Super SIM ini. Yang pertama adalah ponsel dengan penggunaan kartu Hybrid.

Atau yang bisa menggunakan SIM slot untuk kartu utama dan Memory Card. Selanjutnya adalah ponsel dengan dual sim slot. Biasanya beberapa ponsel yang modern sudah memiliki fitur seperti ini.

Perangkat yang didukung juga termasuk untuk iPhone dan Android asalkan masuk pada kriteria di atas. Cukup memperhatikan hal ini saja sebelum Anda memastikan membeli atau menggunakan produknya.

Ketika sudah cocok maka Anda bisa melakukan kloning nomor hp dengan mudah dan menginstall fitur dari Super SIM ini.

Cara Menggunakan Super SIM

cara menggunakan super sim

1. Memasukan dan install CD yang diberikan pada PC

Setelah Anda mendapatkan barang kiriman dari toko yang menjual Super SIM. Langkah selanjutnya adalah memasukan dan menginstall CD yang disediakan pada packaging. Hal ini dilakukan agar nantinya bisa membaca dan menulis data yang ada pada SIM Card Anda.

2. Menggunakan multi Number SIM Card yang disediakan

Setelah Anda memasukan CD pada PC kemudian melakukan proses instalasi. Hal berikutnya adalah menggunakan multi number SIM Card yang ada di packaging. Yang nantinya setiap nomor pada ponsel Anda akan tersimpan di kartu ini.

3. Masukan dan daftarkan nomor pada CD

Sebelum SIM Cardnya bisa digunakan maka Anda harus memasukan atau mendaftarkan nomor ponsel pada CD. Masukan semua nomor yang akan Anda kloning langsung dan nomor akan segera terdaftar.

Lakukan Langkah dan konfirmasi secara langsung sesuai alurnya. Kemudian Anda bisa menggunakan SIM Card tersebut.

4. Gunakan USB Card untuk membaca dan menulis

Ketika paket datang, Anda akan mendapatkan 1 multi SIM Card, CD, kemudian USB card. Membuat kebutuhan menulis dan membaca menjadi jauh lebih mudah. Gunakan kartu ini Ketika Anda akan melakukan restore data dari nomor yang ada di ponsel lama ke yang baru.

Kelebihan Super SIM

kelebihan super sim

Tidak perlu memilih antara SIM dan MicroSD

Keuntungan utama bagi pengguna Super SIM adalah kemudahan penggunaannya. Saat ini Anda tidak perlu lagi kebingungan untuk memilih pemasangan SIM Card atau MicroSD pada ponsel.

Cukup pasangkan Super SIM saja Anda sudah bisa menggunakan banyak nomor pada satu ponsel. Cara ini cocok untuk para pebisnis yang memiliki banyak nomor untuk aktivitas yang berbeda.

Penyimpanan bisa dilakukan pada slot SIM kedua

Ketika beberapa ponsel yang sudah menggunakan fitur Hybrid digunakan keuntungan utama ada pada penyimpanannya. Maka Anda bisa memasukan Super SIM pada slot yang kedua.

Membuat Anda memiliki banyak ruang penyimpanan data dan slot nomor telepon yang lebih banyak. Jika dikalkukasikan bisa mencapai 17 nomor ponsel jika slot pada SIM satunya bisa digunakan.

Tidak membutuhkan slot atau baki ketiga

Kebanyakan orang yang meragukan penggunaan Super SIM ini karena tidak ingin meninggalkan slot MicroSDnya. Saat ini Anda tidak perlu khawatir, karena Super SIM bisa menjadi tempat penyimpanan data bagi Anda.

Siapapun tidak memerlukan slot lain atau slot ketiga untuk menyimpan MicroSD secara khusus. Membuat penyimpanan baterai lebih hemat dan lebih besar.

Bisa menjadi backup

Kelebihan lain yang bisa Anda temukan pada Super SIM adalah pencadangan atau backup. Hal ini bisa dilakukan Ketika kartu utama pada ponsel mengalami kerusakan atau hilang. 

Anda hanya perlu menggunakan USB Card yang diberikan oleh Super SIM untuk memulai aksi. Membuat siapapun menjadi lebih nyaman karena data bisa diselamatkan dengan mudah.

Tidak repot

Hal utama yang harus diperhatikan sebagai kelebihan dari Super SIM ini adalah Anda tidak perlu repot. Terutama untuk memindahkan atau mengganti kartu yang sudah ada pada ponsel.

Hanya satu kartu saja Anda bisa menggunakan 16 nomor ponsel sekaligus. Hal ini yang sampai sekarang menjadi alasan mengapa banyak orang menggunakannya.

Kekurangan Super SIM

kekurangan super sim

Harga yang dijual langsung dari Cina mahal

Meskipun saat ini banyak orang yang ingin atau sudah menggunakan Super SIM bukan berarti selalu menguntungkan. Beberapa toko khususnya di Indonesia menjual Super SIM ini dengan kisaran harga 110 ribu Rupiah. 

Berbeda dengan barang yang datang langsung dari Cina dan dijual dengan harga yang mahal. Contohnya, untuk yang ukuran 32GB saja dijual dengan harga 230 ribuan.

Hanya bisa untuk smartphone Hybrid

Kerugian utama dari penggunaan Super SIM ini adalah hanya mampu bekerja pada smartphone hybrid saja. Jika Anda tidak memiliki jenis baki ini maka penggunaan Super SIM tidak dapat dilakukan.

Tentunya, di Indonesia masih jarang sekali orang yang memiliki smartphone dengan fitur SIM hybrid.

Belum banyak yang mengetahui caranya

Jika Anda mengalami kesalahan maka akan sulit menemukan solusinya. Pasalnya, di Indonesia belum banyak yang menggunakannya. Akan sulit untuk memperbaiki jika ada kerusakan. Setelah Anda melakukan kloning maka segala sesuatu akan terkesan lebih mudah.

Terutama, nomor ponsel merupakan kebutuhan paling penting. Memiliki banyak ponsel akan membuat Anda boros namun kloning kartu SIM bisa membuat sesuatu lebih mudah dan hemat. 

Sebelum menggunakan Super SIM pastikan Anda sudah memastikan jika ponsel yang digunakan mendukung.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.