Diperbaharui pada Jumat, 25 September 2020 | 11:15

PSBB Jakarta Diperpanjang, 5 Benda yang Mudah Terpapar Covid 19

Oleh Restu Aji Siswanto

cara membersihkan gadgetFoto: Pexels

Sulitnya mencegah penyebaran virus corona penyebab Covid 19 di Indonesia memang didasari oleh kebiasaan masyarakatnya. Saat ini banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya sudah tertular. Ada banyak cara yang bisa menjadi penyebab virus ini menular ke beberapa orang, termasuk pada benda yang biasa digunakan sehari-hari contohnya gadget yang tidak bisa lepas dari tangan kita. 

Hal yang perlu diwaspadai adalah menghindari sentuhan tangan pada area muka dan badan, terutama setelah memegang atau menggunakan kelima gadget ini. Menurut informasi, pada permukaan benda keras yang kita pakai sehari-hari, virus ini bisa bertahan hingga 72 jam maksimum, tergantung jenis bahannya. Contohnya pada plastik, stainless steel, besi, dan juga kaca.

Cara Membersihkan Gadget untuk Hindari Virus Corona

Membersihkan Perangkat Smartphone

cara membersihkan hpFoto: Pexels

1. Menggunakan alkohol dan air bersih

Salah satu cara untuk membersihkan virus corona dari hp adalah dengan membersihkannya menggunakan alkohol. Anda bisa mencampurkan air dan alkohol dengan jenis isopropyl ke dalam botol penyemprot. Semprotkan cairan ke kain microfiber untuk membersihkan hp. Cara ini adalah Langkah sederhana jika memang Anda ingin menjaga hp untuk tetap steril.

Selain menggunakan kain microfiber, Anda bisa mengoleskan alkohol langsung menggunakan cotton bud. Anda hanya perlu meneteskannya pada permukaan kapas cotton bud, kemudian mengoleskan ke seluruh bagian hp. Selain itu, cara ini juga bisa menjangkau area yang terkecil pada casing jika membersihkannya menggunakan cotton bud. 

2. Tissue basah beralkohol

Solusi lain setelah menggunakan alkohol dan air bersih, Anda bisa mencoba membersihkan dengan tisu basah. Tentu jenis tisu basah yang digunakan tidak bisa sembarangan. Anda bisa mencari tisu basah yang mengandung alkohol, bukan menggunakan tisu basah bayi. Anda hanya perlu megusapkannya pada bagian smartphone dan case. 

3. Menggunakan pelindung anti mikroba

Langkah yang disarankan oleh pakar medis adalah menggunakan pelindung pada hp. Hal ini dilakukan agar tangan yang kotor tidak langsung menyentuh smartphone. Anda disarankan untuk selalu menggunakan casing yang memiliki anti mikroba. Ini akan membuat hp yang digunakan selalu terlindung dari berbagai serangan bakteri yang membahayakan.

Pelindung anti mikroba ini digunakan untuk mengurangi jumlah bakteri pada hp. Bahkan penutup hp atau casing ini bisa dijadikan sebagai anti gores. Memberikan berbagai manfaat selain untuk mencegah penyebaran virus. 

4. Cuka putih

Bahan yang sering digunakan di dapur ternyata memiliki banyak manfaat, contohnya adalah cuka putih yang biasanya ditambahakan pada masakan. Cairan ini bisa digunakan untuk membersihkan bakteri terutama pada hp. Campuran yang harus digunakan adalah berbanding 50:50 dengan air yang bersih. Anda bisa membasahi kain microfiber atau cotton bud untuk membersihkannya. 

5. Mengurangi penggunaan hp di tempat umum

Tidak ada yang tahu seberapa banyak bakteri dan virus yang tersebar di tempat umum. Maka sebisa mungkin Anda harus mengurangi penggunaanya. Contohnya Ketika berada di toilet umum, cobalah untuk selalu mencuci tangan setelah menggunakan hp. 

6. Bersihkan lubang charger

Virus suka biasanya berada di area yang lembab, maka Anda harus mencoba melakukan cek terhadap lubang charger handphone. Ketika banyak debu dan lembab, maka bersihkan sedikit pada bagian luarnya. Gunakan cuka atau alkohol yang sebelumnya di oleskan pada kain microfiber. 

Membersihkan Perangkat Laptop/PC dan Mouse 

cara membersihkan laptopFoto: Pexels

Membersihkan laptop:

  1. Pastikan jika laptop sudah dalam keadaan mati, untuk menjamin jika alkohol yang digunakan tidak membuat korsleting listrik di dalamnya. 
  2. Gunakan kain microfiber untuk membersihkannya. Campuran yang digunakan adalah alkohol dengan air atau air dengan sabun. 
  3. Basahi kain namun jangan sampai ada air yang menetes. Permukaan layar bisa saja rusak jika kain terlalu basah. 

Membersihkan komputer:

  1. Matikan terlebih dahulu komputer agar tidak terjadi kesalahan arus listrik. Bahkan menghindari Anda dari potensi setrum listrik.
  2. Tepuk secara perlahan bagian belakang perangkat untuk membersihkan semua debunya.
  3. Disinfektan bisa digunakan untuk membersihkan bagian komputer.
  4. Keyboard bisa dibersihkan dengan udara bertekanan untuk menghilangkan debu. Anda juga bisa menggunakan selotip untuk membersihkannya. Cobalah untuk mengoleskan sedikit alkohol dengan kain microfiber.
  5. Keringkan komputer sebelum digunakan Kembali. 

Membersihkan mouse:

  1. Cabut kabel atau lepaskan baterai pada mouse terlebih dahulu. 
  2. Roda gulir pada mouse harus dibersihkan dengan cara memutarnya. 
  3. Bersihkan mouse menggunakan tisu beralkohol atau dengan alkohol pada kain microfiber. 

Membersihkan Headphone/Earphone

cara membersihkan headphoneFoto: Pexels

Kebanyakan orang menggunakan headphone atau earphone untuk mendengarkan musik Ketika berada di tempat umum. Mulai saat ini, Anda harus mencoba untuk mengurangi penggunaannya. Atau, jika Anda ingin memastikan kebersihannya cobalah bersihkan dengan cara berikut ini.

  1. Lepaskan ear cups pada headphone agar bisa membersihkannya secara menyeluruh. 
  2. Gunakan kain lembut seperti microfiber untuk membersihkannya. 
  3. Anda juga bisa membasahi handuk dan dicampurkan dengan alkohol.
  4. Bola kapas bisa dibersihkan dengan cara membasahinya dengan alkohol.
  5. Biarkan alkohol untuk mengering sebelum Anda gunakan. 

Membersihkan Power Bank

cara membersihkan power bankFoto: Pixabay

1. Gunakan alkohol dan air

Untuk memastikan jika power bank yang Anda gunakan selalu higenis, maka Anda bisa menggunakan alkohol dan air. Caranya bukan menyiramkan secara langsung, tetapi Anda bisa menggunakan kain microfiber untuk memberisihkan permukaan pada power bank. 

2. Pelindung anti microba

Sebenarnya bukan hanya smartphone yang bisa dilindungi dengan menggunakan pelindung antimicrobe. Power bank yang sering Anda gunakan juga bisa dilindungi dengan anti microba ini.

Tentu bisa menjaga tangan Anda untuk menyentuh langsung bagian permukaan power bank. Di rumah Anda hanya perlu untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan diri. 

3. Menggunakan cotton bud

Sama seperti cara untuk membersihkan smartphone. ketika Anda ingin memastikan kebersihan pada power bank, maka bisa membersihkannya menggunakan cotton bud. Caranya sama saja, yaitu dengan menggunakan alkohol. Jika tidak punya maka Anda bisa menggunakan cuka apel untuk membersihkannya. 

4. Kurangi penggunaan di tempat umum

Tidak hanya hp, saat ini banyak orang menggunakan power bank di tempat umum. Untuk mencegah virus corona menempel, Anda bisa mengurangi penggunaannya ketika berada di luar rumah, dan setiap habis digunakan, selalu dibersihkan dengan alkohol. Anda juga harus mencuci tangan setelah memegangnya. 

Membersihkan Kartu Elektronik (ATM, Uang Digital, dll)

cara membersihkan kartu elektronikFoto: Pexels

Penelitian dari Dokter Chike Emeagi sebagai Direktur Medis Klinik Hampstead Aesthetics menjelaskan, kartu ATM bisa saja membawa virus. Kemampuannya untuk bertahan pada permukaan ATM cukup lama, contohnya di bagian chip ketika kita sedang bertransaksi di ATM atau berbelanja. Bahkan mesin EDC bisa saja menyimpan virus Corona ini. Berikut cara membersihkannya.

1. Menggunakan tisu basah beralkohol

Cara pertama untuk membersihkan kartu ATM dari virus corona adalah dengan menggunakan tisu basah yang beralkohol. Cobalah untuk membersihkan dengan Gerakan yang tidak kasar untuk menjaga chipnya agar tidak tergores. 

2. Gunakan hand sanitizersetelah memegangnya

Jika ANda ragu untuk membersihkan kartu ATM karena takut akan merusak chipnya, cobalah untuk selalu menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakannya. 

3. Gunakan kain microfiber

Kain microfiber bisa digunakan untuk membersihkan permukaan yang terkontaminasi virus dan bakteri. Cukup berikan air dan alkohol pada kain. Kemudian, oleskan ke permukaan kartu tersebut. 

Kesimpulan

Mencegah penyebaran virus corona bisa dilakukan dengan cara apapun, bahkan Anda bisa memulai dari hal yang sederhana seperti membersihkan gadget sehari-hari di atas. Tentunya, semua barang tersebut umumnya digunakan dalam kegiatan harian dan rutinitas.

Maka dari itu, manjadi sangat penting untuk selalu menjaga kebersihannya ditengah pandemi virus corona seperi sekarang untuk tetap sehat. Semoga wabah pendemi Covid 19 ini segera berakhir dan semuanya kembali seperti sedia kala.

Like us!

Komentar