Diperbaharui pada Selasa, 5 Januari 2021 | 09:20

Cara Mendaftar Kartu Prakerja 2021, Mudah, Cepat Cair

pendaftaran kartu prakerja

Pemerintah kembali membuka pendaftaran kartu Prakerja, untuk tahun 2021. Warga negara Indonesia yang memenuhi kualifikasi, dapat langsung mendaftar di situs resmi kartu Prakerja.

Bagi masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan kartu Prekerja tahun lalu, akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkannya di tahun 2021. Mengenai berapa gelombang yang akan dibuka, pemerintah belum mengumumkan.

Seperti yang kita ketahui, adanya Covid 19 membawa dampak yang begitu besar dalam segala aspek kehidupan tidak terkecuali pada bidang ekonomi dengan banyaknya karyawan yang di PHK atau di rumahkan.

Pemerintah mengeluarkan kebijakan kartu Prakerja untuk membantu karyawan yang di PHK atau di rumahkan serta UMKM yang gulung tikar. 

Cara daftar kartu Prakerja online bisa dilakukan di situs resminya melalui smartphone, laptop, dan pc di rumah Anda. Kartu Prakerja merupakan salah satu program yang dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan untuk menumbuhkan perekonomian bangsa Indonesia.

Covid 19 membawa perekonomian Indonesia menurun drastis serta kegiatan sosial juga tekena dampaknya. Hal tersebut yang membuat Presiden Joko Widodo mengambil sebuah tindakan yang inisiatif dengan mengeluarkan kartu Prakerja.

Uang Saku Kartu Prakerja

uang saku dari kartu pra kerja

Adanya kartu Prakerja diharapkan mampu membantu para pekerja yang ada di Indonesia. Anggran yang digelontorkan oleh pemerintah untuk kartu Prakerja yang awalnya Rp 10 triliun menjadi Rp 20 triliun.

Adanya peningkatan anggaran dana diharapakan bisa memberikan manfaat yang lebih bagi perserta kartu Prakerja. Kartu Prakerja dibuat untuk seluruh warga negara Indonesia yang tentunya memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku.

Syarat mendafatar kartu Prakerja adalah yang pertama harus WNI (Warga Negara Indonesia) dan dapat dibuktikan dengan menunjukkan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Berusia di atas 18 tahun serta tidak sedang mengikuti pendidikan formal atu tidak sedang berkuliah.

Bagi yang sudah memenuhi syarat tersebut maka kalian bisa mendaftar. Setelah nantinya dinyatakan lolos dan mendapatkan kartu Prakerja masing-masing peserta akan mendapatkan uang sebesar Rp. 3.550.000,- selama menjalani program tersebut.

Rincian uang tersebut yaitu untuk biaya pelatihan Rp. 1.000.000,- uang tersebut tidak bisa dicairkan. Biaya intensif Rp. 600.000,- selama empat bulan selama masa pelatihan berlangsung serta dana survey sebesar Rp. 150.000,-.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

cara daftar kartu pra kerja

Pendaftaran dibuka pertama sudah dilakukan pada tanggal 11-16 April 2020, dan bisa dilakukan secara online melalui website Prakerja.go.id. cara daftar kartu Prakerja sangat mudah dan cepat dan bisa kapan saja.

Langkah-langkah daftar akun kartu Prakerja secara online:

  1. Membuka website prakerja.go.id, setelah itu klik daftar sekarang dan masukin email atau nomor telepon serta kata sandi yang kalian ingin yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Kemudian klik daftar.
  2. Setelah itu, Anda buka email dan akan ada email masuk dari “kartu Prakerja” untuk menverifikasi akun kartu Prakerja kalian.
  3. Jika sudah terverifikasi maka pendaftaran akun kartu Prakerja sudah selesai, namun masih ada langkah selanjutnya. Setelah akun kartu Prakerja jadi, maka langkah selanjutnya adalah mendaftar kartu Prakerja secara online.

Langkah-langkah yang harus dilakukan cukup mudah dan sebelum mendaftar akan lebih baik jika menyiapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu KTP, alamat email, nomor telepon, serta foto selfi dengan KTP.

Cara verifikasi kartu Prakerja secara online.

  1. Log in dengan akun kartu Prakerja, kemudian masukkan NIK serta tanggal lahir kemudian klik selanjutnya.
  2. Masukkan data yang dibutuhkan serta upload foto KTP dan selafi dengan KTP, kemudian klik selnajutnya.
  3. Masukkan nomor telepon yang aktif, kemudian akan ada kode yang dikirimkan melalui SMS dan wajib dibverifikasi.
  4. Kemudian akan ada tes kemampuan dasar sekiatr 25 menit soal-soalnya berisi tentang matematika dasar dan soal TKD pada umumnya setelah selesai mengerjakan maka klik selesai.
  5. Setelah itu, masuk pada bagian Dashboard dan kemudian klik gabung dengan gelombang.
  6. Nanti akan ada tulisan “sedang di evaluasi”.
  7. Jika kalian lolos maka akan mendapatkan notifikasi melalui email untuk virtual kartu Prakerjanya.

Setelah mengetahui cara daftar kartu Prakerja secara online dengan begitu mudah kamu bisa mendaftarnya sendiri tanpa harus didampingi oleh dinas tenaga kerja. Adanya kartu prakerja sangat membantu bagi karyawan yang sudah di PHK atau yang di rumahkan.

Manfaat Mengikuti Program Kartu Prakerja

mekanisme kartu pra kerja

Banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika mengikuti kartu Prakerja tersebut dan semua manfaat yang didapatkan nantinya bisa digunakan untuk modal dalam mencari pekerjaan.

Manfaat yang pertama adalah meringankan anggaran untuk pelatihan yang biasanya ditanggung oleh pihak pekerja atau pihak perusahaan.

Selain itu, bisa mengehemat biaya yang dikeluarkan untuk mencari informasi mengenai pelatihan yang biasanya membutuhkan biaya banyak. Bisa dijadikan sebagai kompelmen dari pendidikan formal walaupun dilakukan secara non formal.

Ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika mendaftar kartu Prakerja dan bagi kalian yang masih belum mendaftar akan lebih baik untuk cepat mendaftar.

Cara daftar kartu Prakerja hanya bisa dilakukan pada situs atau website resmi prakerja.go.id yang dibantu oleh petugasa dari bagian Dinas Tenaga Kerja untuk setiap daerah yang ada di Indonesia.

Setiap calon peserta harus mengisi data diri yang dubutuhkan dengan lengkap sesuai dengan informasi yang akurat dan data yang sebenarnya.

Setelah mendapatkan akun kartu Prakerja, pastikan bisa bisa log in dan mengikuti beberapa tahapan lainnya yang harus diselesaikan dengan baik dan benar. 

Keberhasilan atau kelolosan tes tersebut dilihat dari penyaringan berdasarkan hasil TKD, motivasi, latar belakang serta jumlah kuota yang tersedia. Jika peserta nantinya lolos maka setiap calon wajib untuk mengikuti dan menentukan jenis pelatihan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Jika sudah mengikuti program maka akan mendapatkan uang saku dalam bentuk e-money serta sertifikasi sebagai modal untuk mencari kerja.

Kartu Prakerja juga ditunjukkan bagi mereka pekerja formal ataupun informal yang sudah terkena dampak dari Covid 19 yang dapat mandafatarkan diri pada minggu kedua bulan April 2020.

Karena pada dasarnya kartu prakerja merupakan bantuan yang dipergunakan untuk meningkatkan kompetensi para pekerja. Bagi yang ingin membuka usaha bisnis juga bisa mngikuti kartu Prakerja dan ikut daftar Prakerja.

Setiap pendaftar kartu Prakerja yang sudah lulus akan mendapatkan kartu Prakerja secara langsung serta mengikuti berbagai kursus yang ada. Cara mendapatkan kartu Prakerja memang membutuhkan waktu yang lama dan tidak mudah.

Pelatihan online juga dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bekerja. Banyaknya pendafatar kartu prakerja diharapakan mampu mendongkrak perekonomian Indonesia yang sekarang sedang turun.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.