Diperbaharui pada Minggu, 18 Desember 2022 | 19:30

10 Channel Masak Terbaik di YouTube Indonesia

channel masak terbaikFoto: Pexels

Memasak memang membutuhkan beberapa sumber dan referensi, apalagi di masa pandemi Covid 19 ini, terutama di bulan puasa, memasak di rumah menjadi opsi yang mungkin akan lebih banyak dipilih. Sehingga variasi menu pun dibutuhkan.

Bagi Anda yang sedang mencari beberapa menu yang unik, kreatif, dan bercitarasa nikmat, maka salah satu cara terbaik untuk mendapatkannya adalah menonton video tutorial memasak seperti yang banyak dan mudah ditemukan di YouTube.

Selain untuk meningkatkan skill memasak untuk berbagai menu sahur dan buka puasa, dengan mempelajari cara memasak berbagai jenis makanan, Anda juga bisa memulai usaha kuliner kecil kecilan, lho.

Channel Masak Terbaik di YouTube

Di Indonesia khususnya, channel memasak memang sangat beragam dan memiliki kekurangan serta kelebihan tersendiri. Anda bisa memilih sesuai dengan kategori menu masakan juga beberapa hal lainnya.

Nah, kesepuluh channel YouTube memasak ini memiliki banyak hal yang bisa Anda pelajari. Terutama untuk menemukan resep yang simpel dan mudah untuk memulai usaha kuliner dari rumah.

1. Yuda Bustara 

Yuda Bustara
Seorang chef profesional bernama Yuda Bustara memberikan Anda solusi terbaik untuk membuat kreasi masakan. Kebanyakan resep yang diperkenalkan merupakan resep khas dari Nusantara.

Channel ini membuat Anda tidak kebingungan Ketika memilih menu yang pas di lidah. Tidak terkecuali bagi siapapun yang ingin memasak dengan menu khas Western atau Asian lainnya. 

Kelebihan utama dari channel ini adalah resep yang tertulis langsung di video. Bahkan hostnya pun menambahkan penyebutan resep pada perekaman video. Cara memasak yang ditunjukan mengajarkan kerapian Ketika Anda sedang memasak.

Langkah demi Langkah dibuat dengan simpel namun tetap mementingkan kejelasan. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi terbaik. 

2. Masak.TV

Masak.TV
Host dari channel YouTube Masak.TV ini adalah Ayu Wardoyo. Resep yang ditawarkan untuk ditonton adalah beberapa menu makanan khas Indonesia dan mudah untuk dibuat. Cenderung simpel karena penggunaan bahan tidak terlalu banyak.

Cara membuat bumbu juga terkesan sangat simpel dan mudah untuk dilakukan. Bahkan dalam satu video Anda bisa menemukan banyak resep yang unik. 

Langkah yang diberikan Ketika video di mulai cukup simpel dan mudah untuk diikuti. Anda bisa melihat kategori makanan yang berjenis rumahan di video ini. Kurangnya, di beberapa video host tidak memberikan kata-kata untuk menuntun penonton Ketika membuat resep.

Meskipun demikian, resep atau beberapa bahan masih dituliskan pada layar video namun memang sulit diikuti. 

3. Abu Tosca

Abu Tosca
Channel Abu Tosca memang memiliki penggemar yang lumayan banyak dan cocok untuk mencari ide berbagai menu buka puasa yang nikmat. Anda bisa menemukan banyak resep yang simpel dengan bahan seadanya.

Terdapat resep khas Nusantara, Western, bahkan Asian Style pada video yang diupload oleh Abu Tosca. Uniknya, semua bahan di siapkan Ketika awal video di mulai tidak langsung tersedia di meja.

Kekurangan dari channel YouTube ini adalah tulisan takaran pada beberapa bumbu atau bahan sering tidak terlihat. Siapapun yang mungkin terlewat harus mengulang beberapa kali langkahnya.

Resep yang diberikan memang cukup simpel seperti penggunaan telur, tahu, dan bahan lain. Anda tidak perlu khawatir untuk membeli bahan pokok yang simpel dan sama dengan resep yang diberikannya. 

4. Eddy Siswanto

Eddy Siswanto
Berbeda dari yang lain, host Eddy Siswanto sebagai chef sangat seru sejak awal hingga akhir video di rekam. Kelebihan utama dari video ini adalah penjelasannya yang sangat lengkap.

Anda akan dijelaskan baik secara lisan ataupun tulisan dalam video terkait bahan dan cara membuat makanannya. Selain itu, host yang seru ini akan menjelaskan Langkah yang dilakukan secara perlahan untuk membuatnya mudah. 

Siapapun yang menyukai menu khas Nusantara wajib menonton video ini. Sangat mudah, simpel, dan cara pembuatan yang tidak membutuhkan alat khusus. Anda bisa menggunakan bahan yang ada di rumah untuk membuat masakannya.

Kekurangan dari video ini adalah durasi yang lama karena memang menjelaskan langkahnya satu persatu. Namun, videonya memiliki kualitas yang baik. 

5. Simple Rudy TV / Rasa Sayange TV

Rasa Sayange TV
Nama host dan chef Rudy Choirudin memang telah lama terkenal. Kelebihan dari channel ini yang paling menonjol adalah angle kamera yang sangat nyaman. Selain itu bahan utama pembuatan masakan juga disebutkan secara perlahan meski tanpa teks.

Di dalam setiap video Simple Rudy TV, pasti memiliki banyak resep khas dari Indonesia dengan video yang berdurasi singkat, namun jelas dan padat. 

6. Ayo Memasak

Ayo Memasak
Keunikan channel Ayo Memasak adalah video yang dikategorikan. Membuat penonton menjadi lebih mudah untuk memilih menu masakan apa yang akan dibuat. Dalam satu kategori video bisa memiliki lebih dari 100 resep.

Langkah yang diberikan cukup mudah untuk diikuti dan menu yang diberikan kebanyakan khas Nusantara. Durasi video lumayan pendek namun memiliki penjelasan yang padat. 

Banyak resep untuk membuat minuman yang nikmat dan sederhana. Anda hanya perlu memilih menu yang segar mungkin untuk ide minuman signature Anda nanti. Sama seperti menu masakan, Anda juga bisa memilih beberapa video yang sudah dikategorikan dalam channel YouTube ini. 

7. Masak Sederhana

Masak Sederhana
Sesuai dengan Namanya, menu masakan pada channel Masak Sederhana sangat sederhana dan mudah. Cocok untuk dijadikan sebagai menu jualan. Bahan yang digunakan dikelaskan sejak awal video secara lisan dan tulisan.

Banyak sekali resep khas Nusantara yang bisa Anda temukan. Bahkan tidak membutuhkan alar yang ribet dan bahan yang rumit. 

8. Masak Apa Hari Ini

Masak Apa Hari Ini
Meskipun di dalam channel ini memiliki banyak resep yang khas dari Nusantara, tapi ada satu kekurangan utama, yaitu perekaman video yang tanpa suara. Bahkan resep atau bahan hanya ditulis saja pada layar.

Walau hal ini terkadang membuat kebingungan penontonnya. Meskipun demikian, ratusan resep bisa Anda temukan pada channel Masak Apa Hari Ini, baik dalam bentuk makanan maupun minuman yang unik.

Perlu membiasakan diri untuk familiar dengan channel ini, dan begitu Anda sudah paham dengan konsepnya, channel Masak Apa Hari Ini sangat menyenangkan dan menyediakan tutorial masak yang lengkap dan mudah.

9. Masak Yuk

Masak Yuk
Masak Yuk ini akan membuat Anda puas ketika membutuhkan resep masakan yang nikmat. Video yang ditampilkan juga dilengkapi dengan penjelasan lisan meskipun tidak dituliskan pada layar.

Resep yang bisa Anda temukan disini diantaranya beberapa resep rumahan seperti mie ayam. Durasi video yang diberikan memang lumayan panjang, namun kualitasnya cukup bagus dan mudah dipahami. 

10. Kreasi Dapur Asih

Kreasi Dapur Asih
Untuk siapapun yang ingin melihat cara memasak unik dan kreatif maka channel ini cocok untuk dikunjungi. Terdapat banyak makanan tradisional dengan resep yang mudah dan simpel di channel Kreasi Dapur Asih.

Anda bisa membuat menu makanan khas rumahan dan perkampungan dengan cara yang mudah. Uniknya, hampir semua bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk ditemukan di sekitar kita. 

Jika Anda tidak ingin ribet, channel memasak YouTube ini bisa memberikan Anda beberapa jenis resep dalam satu video singkat termasuk cara memasaknya.

Saatnya Mencaba Resep Baru!

Itulah cara termudah untuk mendapatkan ide memasak melalui channel YouTube dengan tutorial. Beberapa orang memang ada yang merasa kesulitan ketika harus memasak dengan resep tulisan saja. Adanya channel memasak jadi sangat membantu sekali.

Channel YouTube di atas juga bisa dijadikan ide untuk menciptakan menu signature Anda sendiri, yang mudah dan kreatif tentunya. Hanya perlu mengikuti langkah dasarnya saja, selanjutnya biarkan kreatifitas Anda yang menyelesaikan semuanya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1488 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.