Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 16 Apr 2020 | 14:25

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi
Touchpad pada laptop merupakan komponen utama yang sangat penting dan selalu digunakan. Oleh sebab itu, jika touchpad laptop tidak berfungsi dan mengalami kerusakan tentu akan mengganggu aktivitas dan bisa mengurangi produktivitas saat bekerja.

Meski masih bisa diatasi dengan menggunakan mouse, namun agak mengganjal rasanya bila touchpad laptop yang tidak berfungsi dibiarkan rusak dalam waktu yang lama. Cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi ini memang sulit. Namun tidak ada salahnya bila coba dilakukan sendiri. 

Tapi sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus terlebih dahulu memahami penyebab touchpad tidak berfungsi dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut ulasannya :

Penyebab Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Beberapa penyebab touchpad laptop tidak berfungsi yaitu :

  • Permukaan touchpad yang kotor
  • Kerusakan yang disebabkan virus
  • Tidak kompatibelnya driver yang digunakan
  • Hardware Touchpad yang memang tidak berfungsi

Setelah mengetahui penyebabnya, mari kita bahas cara memperbaiki touchpad yang tidak berfungsi.

Memperbaiki Touchpad yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Touchpad yang Tidak Berfungsivia Youtube

1. Bersihkan permukaan touchpad yang kotor

Terlihat sepele, tapi sebenarnya hal ini cukup berpengaruh terhadap keberlangsungan touchpad di laptop Anda. Touchpad mengAndalkan sensor motorik yang terdapat dipermukaannya, maka jika permukaan jarang dibersihkan maka kemungkinan besar dapat menjadi penyebab utama touchpad Anda tidak dapat berfungsi dengan baik.

2. Scan laptop dengan anti virus

Virus komputer memang yang paling berbahaya karena selain berisiko menginfeksi/merusak file system (yang dapat menyebabkan kegagalan system misalnya system tidak dapat booting) juga menyebabkan kegagalan sistem operasi dalam mengendalikan perangkat keras (seperti touchpad).

Langkah paling umum yang diambil dalam menangani kerusakan sistem operasi yang disebabkan oleh virus komputer adalah dengan melakukan scanning menggunakan antivirus, pilihlah antivirus yang “top rated” misalnya AVG, Bitdefender, Avira dan lain sebagainya

3. Update driver bila tidak kompatibel

Saat sistem operasi Anda baru saja diinstall ulang (memformat partisi sistem operasi yang lama lalu menginstall sistem operasi yang baru) atau sistem operasi Anda di-update, besar kemungkinan terjadi ketidak-sesuaian antara driver yang terinstall dengan sistem operasi dan hardware (dalam hal ini touchpad).

Akibatnya untuk mengimbangi kondisi sistem operasi yang ter-update, maka driver touchpad (dan driver lain) pun harus di-update pula, hal tersebut mungkin saja terjadi. 

4. Mengganti hardware touchpad laptop

Yang terakhir adalah hardware touchpad mengalami kerusakan yang akhirnya tidak dapat berfungsi semestinya. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya, mulai dari penggunaan yang terlalu lama hingga overheating laptop. 

Jika hal ini terjadi maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan teknisi ataupun mendatangi gerai service center laptop Anda, untuk mengetahui bagaimana penanganan terbaik untuk laptop Anda.

Cara Mengganti Touchpad Laptop

Cara Mengganti Touchpad Laptopvia ifixit

Sebenarnya cara ini memiliki risiko yang cukup tinggi bila Anda belum terbiasa dan berpengalaman mengotak-atik laptop, namun walaupun begitu cara ini tetap dapat Anda lakukan. Hal yang pertama Anda harus pahami bahwa komponen touchpad berada di dalam bodi laptop Anda.

Maka jika Anda ingin mengganti komponen tersebut Anda harus membongkar bodi laptop Anda secara keseluruhan. Dibutuhkan ketelitian serta kesabaran dalam melakukan hal ini, berikut adalah peralatan serta langkah-langkah apa saja yang Anda harus lakukan :

Siapkan Komponen Hardware yang diperlukan:

  • Pastikan bahwa laptop Anda dalam keadaan mati
  • Silakan lepas baterai laptop Anda
  • Lepaskan bingkai laptop bagian atas dengan melepas skrup yang ada pada bagian belakang, atau melepaskan klip pengaitnya.
  • Silakan lepaskan skrup keboard yang ada bagian atas kanan dan kiri
  • Angkat secara perlahan atau hati-hati (kesalahan awam yang sering dilakukan ketika Anda pertama kali membuka keyboard adalah terlalu kuat mengangkat keyboard sehingga menyebabkan putusnya kabel fleksibel keyboard dan trackpad)
  • Lepaskan kabel keyboard dari sirkuit board laptop
  • setelah selesai membongkar dan mengganti komponen touchpad maka pasang kembali seperti semula dan mulai coba hidupkan kembali.

Semoga membantu.

Artikel Terkait

Komentar