Cara Sensus Penduduk 2020 Secara Online

Oleh Imam Ali updated Jumat, 27 Mar 2020 | 13:46

sensus penduduk online

Saat ini, masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan BPS sensus online. Pelaksanaan sensus penduduk yang dilakukan secara online ini dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020. 

Untuk melakukan hal itu, Anda perlu mengunjungi situs sensus.bps.go.id dan melakukan pendaftaran sensus online melalui situs tersebut. Namun, masih banyak warga yang tidak tahu bagaimana cara sensus online.

Sensus penduduk di tahun 2020 yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik atau BPS ini memang untuk pertama kalinya dilakukan online. Itulah kenapa sebagian besar masyarakat masih bingung dan takut salah, terutama kalangan orang tua yang tidak paham teknologi. 

Namun, tidak perlu khawatir karena cara sensus penduduk 2020 online bisa dilakukan dengan mudah asalkan membaca tutorialnya dengan seksama.

Langkah-langkah Pendaftaran Sensus Online

cara daftar sensus penduduk online

Secara umum, ada dua metode yang bisa dilakukan untuk melaksanakan sensus penduduk yaitu BPS sensus online dan wawancara (tatap muka).

Sensus penduduk itu sendiri merupakan agenda sepuluhan tahuna yang dilakukan oleh pemerintah melalui BPS. Selama ini kegiatan sensus penduduk dilakukan secara offline dengan berkunjung ke rumah warga atau door to door.

Namun, di tahun 2020 ini ada pembaharuan sistem dengan cara sensus online yang diharapkan bisa lebih efektif dan efisien. Pelaksanaan sensus penduduk secara online ini merupakan bentuk kerja sama antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri.

Pengisian sensus itu sendiri bebas dilakukan kapan pun dan dimana pun selama periode waktu yang telah ditentukan BPS sensus online. Sebelum melakukan pengisian data, Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen terlebih dahulu seperti KK, KTP dan buku nikah/cerai.

Selain itu, pastikan NIK dan KK Anda juga sudah terdaftar dalam database untuk SPO. Selanjutnya, silahkan perhatikan langkah-langkah sensus penduduk BPS Go berikut ini, antara lain:

1. Kunjungi Situs Resmi Sensus BPS Online

Hal pertama yang dilakukan tentu saja mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk pengisian data. Selanjutnya langsung saja menuju ke situs resmi sensus BPS online di sensus.bps.go.id.

Langkah pertama cara sensus online dilakukan dengan mengisi NIK dan KK di kolom yang tersedia, lalu isikan kode captcha. Setelah itu, barulah Anda bisa klik ‘Cek Keberadaan’.

Jika baru pertama kali mengakses SPO, Anda akan diminta untuk mengatur sandi dan memilih pertanyaan keamanan. Setelah itu, Anda juga akan diminta untuk membuat password. Kata sandi tersebut nantinya digunakan untuk login sensus penduduk 2020.

2. Login Sensus Penduduk Online 2020

Setelah mendapatkan password atau kata sandi, silahkan login menggunakan password tersebut. Anda bisa membaca panduan awal pengisian SPO, setelah itu bisa langsung klik ‘Mulai Mengisi’.

3. Mengisi Alamat Lengkap

Tampilan yang pertama kali muncul pada pengisian data sensus penduduk BPS Go adalah mengenai alamat keluarga saat ini. Data yang perlu diisi antara lain Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan/Nagari, RT/RW/Satuan Lingkungan Setempat, Nama jalan dan nomor rumah.

Sedangkan keterangan tentang rumah tinggal keluarga juga akan dipertanyakan pada BPS sensus online kali ini. Setelah itu, Anda masih harus menjawab beberapa pertanyaan terkait rumah tinggal yang ditempati keluarga saat ini.

Hal itu meliputi status kepemilikan, keberadaan listrik, jambar, septic tank, jenis lantai, bahkan sumber air minum yang digunakan.

4. Mengisi Keterangan Tiap Individu

Langkah atau cara sensus penduduk 2020 online selanjutnya adalah mengisi keterangan untuk masing-masing individu. Keterangan tersebut antara lain jenis kelamin, kelahiran, status/hubungan keluarga, alamat, akta lahir, agama, pendidikan, status perkawinan dan lain sebagainya.

Selain itu, untuk anggota keluarga yang berusia di atas 5 tahun akan muncul pertanyaan kemampuan berbahasa Indonesia. Cara sensus online dilakukan dengan mengisi data satu per satu mulai dari kepala keluarga, istri, anak dan anggota keluarga lainnya.

5. Mengisi Aktivitas atau Deskripsi Pekerjaan

Selanjutnya, anda perlu mengisi data sensus penduduk BPS Go berupa aktivitas dari anggota keluarga. Bagi anggota keluarga Anda yang sudah bekerja bisa mengisi deskripsi pekerjaan.

Jangan lupa untuk mengecek kembali setiap data yang Anda isi dan pastikan tidak ada kesalahan.

6. Kirim, Unduh atau Simpan Sementara

Setelah selesai semua pengisian data BPS sensus online dan dipastikan tidak ada kesalahan, langsung saja klik tombol ‘Kirim’. Lalu Anda bisa mengunduh bukti pengisian data sensus tersebut.

Jika ingin menyimpan datanya sementara, Anda bisa klik tombol ‘Simpan Sementara’. Cara sensus online sebenarnya sangat mudah dilakukan, yang penting Anda siapkan dulu berkas atau dokumennya agar bisa cepat mengisi datanya.

Menurut keterangan, waktu pengisian data hanya sekitar 5 menit untuk setiap anggota keluarga. Batas Waktu Pendaftaran dan Konsekuensi Keterlambatan Setelah mengetahui cara sensus penduduk 2020 online.

Berikut ini jadwal penting yang perlu Anda ketahui, antara lain:

- Pengisian sensus penduduk online sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020

- Pelaksanaan sensus wawancara di bulan Juli 2020 yaitu periksa daftar penduduk, verifikasi lapangan dan pencacahan lengkap sensus penduduk BPS Go

- Pencacahan sampel dilakukan dengan pengumpulan data untuk menghasilkan parameter demografi dan indikator sosial lainnya yang dilaksanakan pada bulan Juli 2021

sensus penduduk online

Mengenai data yang diberikan setelah melakukan login sensus penduduk 2020 secara online Anda tidak perlu khawatir. Pemerintah telah menjamin kerahasiaan data yang Anda isikan sesuai Undang-Undang No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik. 

Pemerintah menghimbau warga untuk segera melakukan pengisian data melalui situs resmi BPS Go. Karena cara sensus penduduk 2020 online, pasti banyak oknum yang memanfaatkan hal itu untuk penipuan dan pencurian data pribadi.

Oleh sebab itu, jangan coba-coba mengisi di situs lain, aplikasi atau Google Form. Pastikan Anda mengisi data sensus penduduk hanya melalui situs resmi sensus.bps.go.id.

Warga yang tidak mengisi atau terlambat login sensus penduduk 2020, akan menerima konsekuensi yaitu membantu petugas SP2020 melakukan sensus wawancara. Pada tahap ini, aktivitas yang dilakukan antara lain melakukan verifikasi dan menyisir penduduk agar tidak ada yang luput dari pencatatan. 

Petugas sensus juga akan ditemani dengan pengurus RT/Dusun/Kampung setempat. Untuk menghindari adanya kendala selama pengisian data sejak login sensus penduduk 2020 hingga selesai, berikut ini tips nya:

- Pastikan smartphone Anda terhubung dengan koneksi internet stabil menggunakan jaringan 4G atau LTE

- Gunakan browser atau peramban yang terbaru dan update seperti Chrome, Firefox atau Safari untuk mengisi data sensus penduduk BPS Go

- Anda juga bisa menggunakan mode incognito (Chrome) dan mode private (Firefox dan Safari)

Itulah langkah atau cara sensus penduduk 2020 online dengan mudah. Sensus penduduk secara online ini memiliki kelebihan dari segi efektivitas dan efisiensi pengisian data.

Hal ini bila dibandingkan dengan cara lama yang dilakukan dengan menyisir rumah warga satu per satu dan mendata secara manual. Meski setelah login sensus penduduk 2020 masih dilakukan wawancara, prosesnya akan lebih cepat.

Artikel Terkait

Komentar