Diperbaharui pada Kamis, 11 Mei 2023 | 13:35

10 Tips Aman Membeli Hp Secara Online di Marketplace

tips beli hp onlineFoto: Pexels

Era digital membawa banyak dampak positif pada kebiasaan berbelanja dengan hadirnya online shop (toko online) dan marketplace sangat memudahkan Anda yang ingin membeli sebuah barang.

Belanja online memberi kemudahan seperti tidak perlu keluar rumah, dan hanya tinggal duduk manis saja, maka barang yang Anda beli akan diantar langsung ke alamat tujuan. Mudah, praktis, dan efisien.

Salah satu produk yang populer di marketplace adalah smartphone. Memang membeli secara langsung lebih enak, namun tidak sedikit juga konsumen yang memutuskan untuk membelinya secara online.

Tips Beli Hp Online yang Aman

Dulu, calon pembeli harus mendatangi official store atau mengunjungi sentra penjualan hp dan mengelilingi pusat perbelanjaan untuk mencari tipe hp yang diinginkan, ditambah melakukan aktivitas tawar menawar yang melelahkan bila pembelian dilakukan di toko reseller.

Dengan adanya tren belanja online, aktivitas tersebut mulai ditinggalkan. Calon konsumen kini bisa memanfaatkan gadget atau desktop untuk mencari hp, kemudian melanjutkan proses transaksi yang semuanya bisa dilakukan dari rumah.

Namun, ada sejumlah pertimbangan yang perlu diperhatikan, apalagi bila ini pertama kalinya Anda membeli hp secara online. Untuk menghindari penipuan saat belanja online, kami menyajikan beberapa tips yang bisa diterapkan sbb:

1. Kenali Reputasi Toko atau Seller

Kenali Reputasi dan Biografi Seller

Tips cerdas beli hp online yang pertama adalah mengenali reputasi dari seller, pasalnya online shop dan marketplace di Indonesia saat ini tumbuh dengan pesat, dan banyak muncul toko-toko yang menawarkan produk dengan harga bersaing.

Beberapa toko yang ada saat ini pun bahkan kerap menawarkan harga hp di bawah harga pasarannya, yang tentu saja membuat siapapun tertarik untuk melakukan pembelian.

Perlu diketahui, ada produk hp yang resmi rilis di Indonesia dengan garansi resmi, ada juga produk yang masuknya tidak resmi, dan umumnya hanya memberikan garansi toko selama 7 hari. Keduanya sama-sama hp original, namun perbedaan harganya cukup signifikan.

Anda wajib melakukan pengecekan terkait reputasi toko dan sejauh mana mereka menawarkan layanan purna jual, termasuk bila terjadi kerusakan pada produk hp di kemudian hari. Pilih toko online yang memiliki reputasi positif dari segi pelayanan dan penulisan deskripsi produk.

Jangan lupa, cek lokasi toko dari seller, lebih baik jika seller tersebut memiliki toko fisik, sehingga akan lebih mudah untuk klaim garansi.

2. Jangan Takut untuk Bertanya

Bisa Berinteraksi dengan Seller

Alangkah lebih baik jika Anda beli hp online melalui online shop yang mengizinkan seller dan pembeli melakukan interaksi. Di sini, Anda bisa menanyakan segala macam hal pada seller terkait barang yang diincar.

Selain itu, interaksi dengan seller akan memudahkan Anda untuk menyelesaikan komplain bila terjadi kesalahan pada saat pengiriman, atau bila barang yang diterima rusak.

Ketimbang mengandalkan pengelola marketplace untuk menyampaikan keluhan, interaksi langsung dengan seller bisa mempercepat penyelesaikan masalah, mempersingkat waktu Anda untuk menyelesaikan transaksi yang sudah dilakukan.

Beberapa marketplace terbaik mengizinkan hal ini, ditandai dengan adanya fitur diskusi pada laman penjualan, fitur pertanyaan umum, fitur message, bahkan ada online shop yang memiliki fitur chat sehingga bisa mengajukan pertanyaan secara real-time.

3. Bandingkan Fitur dan Harga

Bandingkan Fitur dan Harga

Saat ingin beli hp online dengan harga murah, tentu saja kemudahan untuk menentukan hp akan jauh lebih mudah ketimbang membelinya di toko offline. Anda bisa menentukan harga hp sesuai anggaran, spesifikasi hp sesuai kebutuhan, dan garansi hp sebagai layanan purna jual.

Sebelum menentukan sebuah tipe dan merek hp, ada baiknya Anda melakukan perbandingan antar hp sehingga tidak menyesal di kemudian hari, serta bisa mendapatkan hp terbaik secara online dengan kualitas dan sesuai keinginan.

Anda bisa membandingkan spesifikasi hp di Pricebook, kemudian menyesuaikannya dengan apa yang menjadi kebutuhan, misalnya gaming, fotografi, kinerja baterai, konektivitas, desain dan layar.

4. Belanja Melalui Aplikasi Resmi

Belanja Melalui Aplikasi Resmi

Tidak hanya memungkinkan konsumen transaksi melalui website, beberapa online shop kini membuat aplikasi mobile untuk mendukung kemudahan konsumen untuk bertransaksi melalui hp tanpa harus membuka desktop atau laptop.

Selain itu, beli hp online melalui aplikasi mobile terkadang harganya sedikit lebih murah daripada membelinya lewat website, karena beberapa marketplace menyediakan kode voucher diskon yang hanya bisa diaplikasikan melalui aplikasi mobile.

5. Cek Ketersediaan dan Kelengkapan Barang

Cek Ketersediaan dan Kelengkapan Barang

Mengecek ketersediaan barang perlu Anda lakukan agar pengiriman bisa dilakukan dengan cepat. Anda bisa menanyakan langsung atau melihat jumlah stok barang yang biasanya ditampilkan pada halaman penjualan.

Mengingat saat ini banyak sekali penjual yang statusnya sebagai reseller, maka tentu saja ketersediaan barang tersebut bergantung pada pemasok.

Selain itu, beberapa marketplace terbaik di Indonesia juga mengadakan sistem pre-order untuk produk-produk hp keluaran baru.

Jika Anda ingin melakukan pemesanan, perhatikan tanggal pengiriman yang dijanjikan agar mengetahui estimasi waktu sampainya barang ke tangan Anda.

Disamping mengecek ketersediaan, Anda pun wajib mengetahui kelengkapan hp yang ingin dibeli. Jika membeli produk baru, pastikan Anda mengetahui kelengkapan standar apa saja yang diberikan produsen, hal ini bisa Anda ketahui dengan melihat video unboxing hp yang ada di YouTube.

Sebagai pembeli, tentu saja Anda berhak mendapatkan kelengkapan yang sesuai, tidak ada yang dikurangi oleh seller. Untuk Anda yang ingin membeli produk hp bekas, Anda perlu mengetahui kelengkapan dan keaslian yang diberikan oleh seller.

Standarnya, hp bekas eks-garansi yang lengkap, memiliki dus hp yang sesuai dengan IMEI mesin, adaptor dan kabel data original bawaan, buku manual dan headset original bawaan.

6. Cek Deskripsi Barang dengan Jelas

Cek Deskripsi Barang dengan Jelas

Deskripsi hp perlu Anda ketahui dengan jelas sebelum melakukan pembelian hp secara online. Hal ini dikarenakan sebuah produk bisa memiliki spesifikasi berbeda-beda yang harus diketahui sejak awal sebelum keputusan pembelian.

Dengan membaca deskripsi pada sebuah iklan hp, Anda bisa mengetahui detail spesifikasi yang ditawarkan, pastikan bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan produk yang Anda inginkan, juga sesuai dengan harga yang harus dibayarkan.

Perbedaan spesifikasi perlu Anda ketahui sedari awal untuk memastikan Anda mendapatkan produk yang sesuai harapan. Selain itu, cek juga garansi hp pada deskripsi iklan, apakah hp yang akan dibeli dilindungi garansi resmi atau hanya garansi distributor saja.

7. Bijak Menggunakan Voucher

Bijak Menggunakan Voucher

Saat ingin berbelanja hp secara online, carilah toko online yang memperbolehkan penggunaan voucher potongan harga. Dengan menggunakan voucher, tentunya Anda bisa membeli sebuah hp dengan harga total harga yang jauh lebih ekonomis.

Voucher potongan harga untuk dipakai saat checkout di sebuah marketplace cukup mudah didapatkan. Anda bisa membuka situs yang khusus menginformasikan diskon dan voucher, kemudian menggunakan kode voucher dengan total diskon terbesar.

Beberapa toko online juga rutin membagikan informasi voucher melalui akun media sosial resmi dari mereka. Ada pula yang menampilkannya langsung pada website dan aplikasi.

Dengan lebih bijak menggunakan voucher, Anda bisa mendapatkan keuntungan karena berbelanja online dengan harga murah. Untuk itu, selalu perhatikan penawaran voucher saat ingin membeli sebuah barang.

8. Perhatikan Event Kalender Promo

Perhatikan Event Kalender Promo

Musim promo adalah waktu yang pas untuk belanja hp online murah. Pada musim ini, Anda bisa membeli hp dengan harga jauh lebih murah karena biasanya marketplace atau online shop memberikan potongan diskon dengan nilai besar.

Sejauh ini, ada beberapa musim promo yang biasa dilangsungkan oleh beberapa marketplace terbaik Tanah Air, misalnya Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas) yang rutin diadakan setiap tanggal 12 Desember.

Selain event tahunan yang diadakan serentak oleh banyak toko online, setiap marketplace juga seringkali mengadakan event promo misalnya saat memperingati ulang tahun atau hari besar di Indonesia.

Mengenai jadwal event yang diadakan masing-masing marketplace tentu saja konsumen harus mengetahuinya jauh-jauh hari agar bisa menyiapkan budget. Biasanya juga ada promo di tanggal cantik seperti 5.5 atau 11.11.

Untuk lebih mudah, Anda bisa berlangganan newsletter setiap online shop yang akan dijadikan tempat berbelanja, agar mendapatkan informasi promo lebih awal.

9. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Nyaman

Beli hp Secara Tunai atau Kredit

Metode pembayaran yang disediakan oleh sebuah online shop sangat variatif, biasanya menggunakan metode pembayaran dengan kartu debit, transfer bank, kartu kredit, kredit tanpa kartu kredit (beli hp online kredit), bahkan cash on delivery (COD).

Setiap metode pembayaran tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk kartu debit dan transfer bank misalnya, biasanya mengharuskan Anda melakukan verifikasi secara manual.

Sementara itu, kartu kredit mengharuskan Anda untuk mengisi nomor kartu, tanggal kadaluarsa kartu, kode keamanan dan data pribadi lain.

Sejumlah marketplace juga menyediakan metode pembayaran secara kredit (beli hp online kredit) tanpa harus menggunakan kartu kredit. Hal ini memang sangat memudahkan komsumen yang belum memiliki cukup dana dan tidak memiliki kartu kredit.

Kendati begitu, Anda tetap harus mempertimbangkan suku bunga yang diberlakukan. Banyaknya pilihan metode pembayaran ini memberikan keuntungan lebih pada konsumen.

10. Pilih Metode Pengiriman Terbaik

Pilih Metode Pengiriman

Memilih metode pengiriman atau shipping merupakan tahap akhir yang akan Anda lakukan saat beli hp online di sebuah online shop terbaik pilihan Anda.

Di sini, Anda bisa memilih berbagai jasa ekspedisi yang sudah bekerjasama dengan marketplace dengan biaya yang berbeda dan layanan yang juga berbeda.

Sebagai pertimbangan dalam memilih metode pengiriman, Anda bisa melihat ketersediaan jalur komunikasi dari masing-masing ekspedisi, pilih yang paling mudah dihubungi sehingga tidak menyulitkan saat terjadi masalah dalam proses pengiriman.

Selain itu, Anda pun bisa menyesuaikan tarif yang ditawarkan sebuah ekspedisi. Jika ingin murah, Anda bisa memilih tarif reguler yang biasanya memakan waktu pengiriman cukup lama.

Jika hp yang Anda beli sifatnya urgent, Anda bisa memilih tarif one day service yang tentu saja dua kali lipat lebih mahal daripada tarif reguler.

Saat ini, beberapa toko online menawarkan layanan one day service untuk pembeli yang berada di daerah sama dengan seller. Tak ada salahnya Anda menggunakan jasa seperti GoSend dari Gojek untuk wilayah Jabodetabek, agar bisa lebih cepat menerima hp yang dipesan.

Mengenai pengiriman jarak jauh, sebaiknya Anda memilih layanan asuransi tambahan. Tidak ada salahnya pula untuk meminta seller mengirimkan barang dengan tambahan packing kayu. Biasanya harga menjadi dua kali lipat, namun bisa meminimalisir terjadinya kerusakan selama pengiriman.

Asuransi dan packing kayu memang membuat ongkos kirim menjadi lebih mahal. Jika ingin pesanan lebih aman, tidak ada salahnya untuk memilih dua hal tersebut.

Agar lebih irit lagi, carilah toko online yang memberikan subsidi pengiriman sehingga Anda tak perlu membayar lagi ongkos kirim, sementara pesanan hp sampai dengan aman dan selamat.

Sudah Siap Beli Hp Baru?

Kesepuluh tips beli hp online di atas wajib diperhatikan, terutama bagi yang baru pertama kali melakukan belanja online, agar tidak mudah ketipu dengan seller-seller nakal. 

Dengan mengikuti tips ini, Anda bisa beli hp online secara aman tanpa khawatir tertipu, dan tentu saja jadi lebih mudah untuk mendapatkan produk-produk yang diinginkan. Nah, selamat berbelanja!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.