Jenis Setrika Uap Terbaik untuk Memulai Usaha Laundry

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 16 Mar 2020 | 15:45

jenis setrika uapvia Panasonic

Apakah Anda ingin membuka sebuah usaha landry? Jika iya, maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa kelengkapan lain agar mendukung aktivitas laundry. Seperti menyiapkan beberapa setrika uap terbaik untuk menyetrika pakaian yang ada. Setrika uap sendiri memiliki berbagai jenisnya yang perlu Anda ketahui.

Di bawah ini merupakan beberapa jenis setrika uap tersebut!

Jenis-jenis Setrika Uap Terbaik

Setrika uap merupakan salah satu teknologi terbaru yang ada pada setrika. Dengan menggunakan uap sebagai pemanas maka setrika ini tidak menggunakan besi pemberat seperti pada kebanyakan setrika listrik yang umumnya digunakan oleh masyarakat saat ini. Berikut merupakan beberapa jenis setrika uap yang bisa Anda gunakan untuk membuka usaha laundry:

1. Setrika Uap Portable

Setrika Uap Portable

via Philips

Jenis setrika uap terbaik yang satu ini memiliki desain portable yang bisa Anda bawa kemana saja. Tentu saja setrika ini sangat cocok digunakan oleh siapa saja, mulai dari anak remaja hingga ibu rumah tangga. Bagi Anda yang membuka usaha laundry pun bisa menggunakannya. Anda bisa memilih setrika uap khusus laundry jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaannya.

2. Setrika Uap Berdiri

Setrika Uap Berdiri

via amazon

Setrika yang satu ini umumnya sudah banyak digunakan oleh ibu rumah tangga. Hal ini tak lain karena hasilnya yang jauh lebih rapi. Hanya saja deain dari setrika uap berdiri ini kurang praktis dan efisien jika Anda ingin membawanya kemana-mana.

3. Setrika Uap Boiler

Setrika Uap Boilervia reliablecorporation

Merupakan salah satu jenis setrika uap terbaik yang penggunannya akan jauh lebih hemat. Pasalnya, Anda tidak perlu menggnakan listrik meskipun penggunaannya dalam sehari-hari terbilang cukup ribet. Hanya saja jenis setrika yang satu ini cukup cocok jika ingin Anda gunakan untuk usaha laundry.

Beberapa jenis setrika uap telah Anda ketahui secara umum. Kini saatya Anda menentukan dan memilih sendiri setrika uap seperti apa yang akan digunakan. Di bawah ini merupakan tips yang bisa Anda terapkan.

Tips Memilih Setrika Uap Sesuai Kebutuhan Bisnis Laundry

Sebelum memilih setrika uap yang sesuai dengan kebutuhan bisnis laundry, Anda perlu mengetahui beberapa tipe setrika. Tipe setrika dibagi menjadi dua macam, yakni setrika uap handheld dan standard. Kedua tipe setrika uap yang satu ini semuanya sama-sama bagus dan memiliki kelebihan masing-masing.

Setrika tipe handheld merupakan tipe setrika yang cukup ringan dan mudah digunakan. Anda bisa memakainya sambil menggantungkan pakaian. Bisa dikatakan bahwa saat menggunakan setrika ini cukup mudah dan cepat namun tidak cocok untuk penggunaan dalam jumlah yang cukup banyak.

Lalu untuk setrika tipe standard merupakan tipe setrika uap yang biasa. Setrika ini sendiri sudah didukung dengan adanya uap panas yang bisa membuat pakaian menjadi lebih lembut dan juga halus. Hanya saja pada setrika ini Anda memerlukan meja saat menggunakannya.

Lantas seperti apa cara memilih setrika terbaik yang bisa digunakan untuk usaha laundry? Anda bisa menyimak informasinya di bawah ini!

1. Pilih setrika uap terbaik berdasarkan beratnya

cara memilih setrika uapvia amazon

Berat standar yang ada pada sebuah setrika adalah 1-1,5 kg. Apabila Anda memilih setrika dengan bobot yang cukup maka bisa membantu Andadalam merapikan pakaian tanpa memerlukan tenaga tambahan. Terlebih saat Anda ingin melakukan setrika pada pakaian yang ukurannya cukup besar.

Berbeda jika Anda melakukan proses setrika pada pakaian yang berukuan kecil. Jika begitu, maka Anda bisa memilih setrika dengan bobot yang lebih ringan. Hal ini agar Anda bisa menggunakannya dengan mudah dan juga menyimannya dengan mudah.

Apabila Anda menginginkan setrika tipe hanheld maka Anda bisa memilih setrika dengan bobot 1 kg saja. Hal ini dilakukan agar tangan Anda tidak cepat lelah karena penggunannya yang dilakukan sambil menggantung pakaian.

2. Pilih berdasarkan ada atau tidaknya kabel setrika

cara memilih setrika uapvia pxfuel

Kabel memang bisa mempengaruhi aktivitas dalam menyetrika. Di pasaran sendiri ada banyak produk yang dibuat khusus dengan atau tanpa kabel setrika. Jika Anda memilih setrika dengan kabel maka tipe sterika yang satu ini lebih  bisa menjaga suhu dengan baik, pasalnya setrika dapat terhubung langsung dengan listrik. Hanya saja gerak-gerik Anda tentu akan terbatas saat memilih setrika dengan kabel yang satu ini.

Jika Anda memilih setrika tanpa kabel maka Anda bisa membawanya kemana-mana. Hal ini bisa dilakukan karena kabel yang tidak tersedia sehingga tidak akan menghalangi segala gerak-gerik yang Anda lakukan. Meski begitu, suhu yang ada di setrika tipe ini tentu tidak sebaik pada setrika kabel, pasalnya tidak terhubung langsung dengan aliran listrik.

3. Pilih setrika berdasarkan uapnya

cara memilih setrika uap
Tips selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih setrika uap terbaik adalah dengan memilih berdasarkan uapnya. Jika uap yang dihasilkan hanya sedikit, maka pakaian akan cenderung sulit rapi. Pasalnya semakin banyak uap yang dihasilkan tentu proses setrika akan lebih baik. 

Adapun jumlah uap standar yang dapat dihasilkan oleh setrika adalah 5 gram setiap menitnya. Jika Anda ingin mendapatkan setrika dengan lebih cepat maka pilih setrika yang mampu menghasilkan 10 gram uap per menitnya.

Selain itu, apabila tangki air pada setrika terlalu kecil, tentu saja uap yang dihasilkan akan cepat habis. Untuk itu, pilihlah setrika dengan tangki air yang lebih besar. Paling tidak dengan tangki tersebut dapat menghasilkan uap selama 5 menit.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan kenyamanan dalam memilih tangki uap. Pasalnya, jika tangki semakin besar maka berat setrika juga akan bertambah. Hal ini tentu akan berpengaruh langsung pada kenyamanan saat menggunakannya.

4. Tentukan seperti apa kebutuhan dasar Anda

Dalam memilih setrika uap terbaik, ada baiknya Anda mempertimbangkan penggunaanya. Jika Anda ingin menggunakannya untuk usaha laundry maka ada baiknya Anda memilih setrika jenis boiler saja. Berbeda jika Anda menggunakannya untuk pemakaian sendiri, maka Anda bisa memilih setrika jenis portable atau berdiri.

5. Tentukan berapa budget yang Anda miliki

cara memilih setrika uap
Budget dalam membeli setrika memang salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Hal ini karena harga setrika uap cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan setrika listrik biasa. Tak hanya itu, Anda juga bisa memilihnya berdasarkan merk dari setrika tersebut. 

Jika Anda ingin mendapatkan setrika dengan pemakaian jangka panjang maka jangan ragu untuk mengeluarkan budget lebih. Pasalnya, tentu saja Anda akan mendapatkan kuaitas yang bagus dan setara dengan harga yang sudah Anda keluarkan.

Itulah beberapa poin mengenai bagaimana memilih setrika uap terbaik untuk memulai usaha laundry. Dengan informasi di atas, Anda tentu sudah memiliki gambaran seperti apa setrika yang ingin dimiliki. Masing-masing setrika uap laundry memang memiliki kelebihannya sendiri. Anda bisa menjatuhkan pilihan dengan menyesuaikannya terhadap kebutuhan yang Anda perlukan. Jadi manakah setrika pilihan Anda?

Komentar