Diperbaharui pada Rabu, 23 September 2020 | 14:40

6 Cara Sederhana Ini Ampuh Bedakan iPhone 11 Pro Max HDC dan Ori

Oleh Imam Ali

iphone hdc
Jika selama ini hanya mengenal istilah hp replika, tiruan, dan KW, maka Anda juga harus mengenal istilah HDC. Istilah ini memang sering disandingkan dengan smartphone sehingga kemudian disebut sebagai hp HDC atau smartphone HDC.

Sama seperti kata replika, HDC itu sendiri adalah sebutan bagi produk-produk yang mempunyai tampilan seperti produk asli namun palsu. 

Hanya saja, peredaran hp HDC ini tidak terlepas dari adanya peminat hp tiruan tersebut. Karena hp ini sering dijadikan alternatif oleh mereka yang ingin mempunyai hp flagship, salah satunya iPhone 11 Pro Max.

Harga iPhone 11 Pro asli sendiri dibanderol mulai Rp19 jutaan. Bandingkan dengan iPhone 11 Pro Mac HDC yang cuma di jual mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp2 jutaan.

Namun, pastinya hp KW ini justru memberikan lebih banyak kerugian, terutama pengguna yang memang benar-benar ingin memiliki hp asli.

Oleh sebab itu, pada saat hendak membeli, pastikan bahwa Anda lakukan cek dan ricek dengan mengetahui cara membedakan hp iPhone 11 Pro Max HDC dengan yang asli. 

Cara Membedakan iPhone 11 Pro Max HDC dengan yang Asli

iPhone 11 Pro Max adalah salah satu smartphone yang spesifikasinya bisa dikatakan paling prima untuk perangkat iOS. Jadi tidaklah mengherankan bila banyak orang yang menginginkannya.

Namun seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, produk replika iPhone 11 Pro Max juga banyak tersedia di pasaran. Maka dari itu, sebelum Anda membelinya, pastikan Anda sudah memahami poin-poin perbedaan yang HDC dan asli di bawah ini. 

1. Dari Segi Harga

harga iphone 11 Pro max hdc

Seperti biasanya, barang replika dan barang asli selalu berbeda dalam segi harga. Mengenali harga adalah salah satu cara termudah bagi Anda untuk bisa membedakan iPhone 11 Pro Max HDC dan original.

Oleh karena itu dalam hal ini, Anda perlu mencari informasi terbaru mengenai harga iPhone 11 Pro Max sebelum membeli. 

Sebagai gambaran awal, ponsel high end dari Apple ini dijual dengan harga termurah sekitar Rp 20 jutaan. Harga inipun berbeda-beda sesuai dengan kapasitas memori yang dibawanya.

Sementara untuk Harga iPhone 11 Pro Max HDC, seperti yang sudah bisa ditebak, harganya sangat jauh di bawah harga produk asli. 

Bahkan kabarnya Anda sudah bisa mendapatkan produk HDC ini hanya dengan mahar sebesar Rp Rp1 - 2 jutaan atau Rp3 jutaan.

Meskipun demikian, faktor harga ini jangan dijadikan satu-satunya acuan ya. Pasalnya, ada beberapa penjual yang menawarkan iPhone 11 Pro Max HDC dengan harga yang setara produk asli. Jadi sekali lagi, hati-hati. 

2. Dari Segi Sistem Operasi

Cara Membedakan iPhone 11 Pro Max HDC

Cara lain untuk mengenali apakah suatu iPhone 11 Pro Max itu produk HDC atau produk asli ialah dengan memperhatikan sistem operasinya.

Sistem operasi pada produk asli selalu menggunakan iOS seperti biasanya. Akan tetapi, untuk produk HDC, sistem operasinya addalah sistem operasi Android yang sudah dibuat dengan sedemikian rupa sehingga tampak seperti iOS.

Android sendiri termasuk sistem operasi yang sangat mudah untuk dikustomisasi sehingga beberapa pihak banyak yang memanfaatkannya untuk membuat produk palsu.

Hal ini terjadi bukan hanya pada produk iPhone 11 Pro Max saja, tetapi semua produk iPhone yang berstatus HDC juga sama. 

3. Dari Segi Tampilan dan Kualitas Layar

Cara Membedakan iPhone 11 Pro Max HDC

Berbicara soal tampilan, siapapun pasti akan menyadari bahwa tampilan ponsel berkelas seperti iPhone 11 Pro Max sangat bergengsi. Bagian belakangnya dibuat dari kaca yang dipadu dengan bingkai stainless steel. Sangat jelas bahwa body produk asli sangat mempesona. 

Sementara jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max versi HDC, biasanya material yang digunakan hanyalah material plastik. Karena menggunakan plastik, jelas produk replika ini tidak mempunyai kesan mewah sama sekali. 

Selain itu, Anda juga bisa membedakan iPhone 11 Pro Max yang asli dan yang palsu dari segi kualitas layarnya. Layar iPhone 11 Pro Max yang asli akan lebih jernih, halus dan kerapatan pikselnya lebih tinggi dibandingkan dengan yang versi HDC. 

Hal ini dikarenakan iPhone 11 Pro Max mengusung Retina Display. Retina Display itu sendiri adalah tampilan layar pada iPhone yang telah diperkenalkan sejak seri iPhone 4.

Mulai saat itu Retina Display ini selalu digunakan pada setiap produk iPhone sementara vendor smartphone yang lain tidak ada yang menggunakannya. 

4. Dari Segi Slot SIM Card

Cara Membedakan iPhone 11 Pro Max HDC

Masalah slot SIM Card juga bisa Anda jadikan pedoman dalam membedakan iPhone 11 Pro Max versi HDC dengan produk asli.

Sama seperti produk iPhone yang lainnya, SIM Card yang ada pada iPhone 11 Pro Max juga merupakan SIM tunggal. Sebenarnya untuk iPhone X, iPhone 11 Pro, iPhone 11, iPhone Xs Max, iPhones Xs serta iPhone 11 Pro Max sudah mendukung dual SIM Card. 

Akan tetapi, salah satunya adalah eSIM sehingga tidak mempunyai bentuk fisik. Jadi, apabila Anda bertanya pada penjual dan penjual tersebut menjelaskan bahwa produk yang ditawarkannya sudah mendukung dual SIM Card, harap berhati-hati. Itu adalah produk palsu. 

Tambahan lagi, iPhone sudah sejak lama hanya menyediakan penyimpanan internal dengan kapasitas yang bervariasi. Sehingga apabila Anda menemukan adanya iPhone 11 Pro Max yang menawarkan slot untuk  kartu memori eksternal, Anda juga patut curiga bahwa itu adalah produk palsu. 

Terlebih sebenarnya iPhone 11 Pro Max hadir dalam 3 variasi kapasitas penyimpanan, yakni 64 GB, 256 GB dan 512 GB. Kapasitas yang begitu besar sehingga wajar jika produk asli tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal. 

5. Dari Segi Serial Number

Cara Membedakan iPhone 11 Pro Max HDC

Serial number yang dimaksud di sini ialah nomor IMEI. Anda dapat menentukan apakah suatu produk iPhone 11 Pro Max palsu ataukah asli dengan memperhatikan IMEI ini.

Cara mengetahui IMEI ialah dengan menekan dial *#06#. Jika informasi yang dimaksud sudah keluar, silahkan Anda cocokkan dengan IMEI yang ada pada body dan juga dus iPhone 11 Pro Max.

Jika nomor yang keluar sama, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah produk asli. Tetapi jika ada yang berbeda, sebaiknya segera batalkan pembelian. Untuk lebih meyakinkan lagi, coba Anda masukkan IMEI tadi ke dalam situs resmi Apple.

Bila situs tersebut memberitahukan bahwa nomor tadi invalid, maka produk tersebut adalah produk palsu. Begitu pula sebaliknya. 

Sekedar informasi, serial nomor ini adalah informasi yang sangat penting serta tidak dapat dipalsukan. Oleh karenanya, Anda dapat menjadikannya sebagai pamungkas saat dihadapkan pada kemungkinan produk asli dengan produk palsu. 

6. Dari Segi App Store

iphone 11 pro max hdc

App Store adalah merek dagang asli milik Apple. Maka dari itu, Anda akan menemukan App Store ini hanya pada produk-produk milik Apple seperti iPod, iPad atau iPhone yang benar-benar asli.

Ini berarti bahwa jika Anda tidak bisa membuka App Store menggunakan perangkat tersebut, maka bisa dikatakan bahwa itu adalah produk yang palsu. 

Kecurigaan Anda harus ditingkatkan lagi jika ternyata setelah mengetikkan App Store dan mengkliknya Anda malah dibawa menuju ke Play Store.

Pasalnya, Play Store ini merupakan fitur milik Android, dan seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Android sangat mudah dikustomisasi sehingga jika Anda tidak jeli, Anda mungkin akan menganggapnya sebagai App Store.

Selain poin-poin di atas, Anda dapat mengenali keaslian produk iPhone 11 Pro Max dengan cara yang lain. Diantaranya dengan memperhatikan tombol fisiknya serta garansinya.

Namun yang terpenting, cara membedakan hp iPhone 11 Pro Max HDC dengan asli di atas bisa menjadi acuan agar tidak rugi. Walaupun harganya murah, tetap saja iPhone 11 Pro Max HDC lebih merugikan. Semoga bermanfaat. 

*Image source from Youtube: mayiandjay, EverythingApplePro

Like us!

Komentar