Diperbaharui pada Rabu, 5 Juli 2023 | 12:55

Cara Pasang Kaca Helm Bogo Tanpa Baut

cara pasang kaca helm bogoFoto: Pexels

Helm retro bogo adalah salah satu jenis helm paling digemari pengendara sepeda motor di Indonesia. Helm bogo banyak sekali variannya, dan model retro atau gaya jadul, termasuk yang paling difavoritkan. 

Bisa dikatakan, keunikannya berhasil membuat helm bogo retro menjadi tren baru di kalangan anak muda.Tidak hanya modelnya yang unik dan menarik, kemudahan dalam pemakaian juga menjadi alasan utama banyak pengendara yang memilih helm ini. 

Pada dasarnya, helm bogo terdiri dari beberapa bagian penting seperti kaca dan badan helm. Biasanya pengguna baru akan sedikit kerepotan dengan proses pemasangan dan pelepasan kaca helm bogo.

Seperti yang diketahui, helm-helm lain biasanya kerap bermasalah saat dilepas atau dipasang kembali kacanya sehingga pengguna akan memerlukan alat khusus atau bahkan harus pergi ke toko helm hanya untuk membenarkan kaca.

Berbeda dengan helm pada umumnya, memasang atau melepas kaca helm bogo cukup mudah. Melepas dan memasang kaca helm bogo bisa menjadi variasi tersendiri, apalagi kalau penggunannya termasuk yang gampang merasa bosan.

Cara Memasang Kaca Helm Bogo

cara memasang kaca helm bogo

Proses memasang kaca pada helm bogo yang paling banyak digandrungi anak muda ini, cukup mudah, bahkan tidak perlu menggunakan alat khusus. Berbeda dengan helm kebanyakan yang kacanya dipasang menggunakan pengait dari baut.

Kelebihan helm bogo adalah pemasangan kaca dengan sistem kancing. Pemasangan dan pelepasan kaca helm bogo bisa kita lakukan sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pasang kancing di bagian tengah terlebih dahulu dan coba tekan menggunakan pangkal jari. 
  • Selanjutnya, pasang kancing yang ada di bagian kiri dan kanan helm. Perlu diketahui, kancing helm bisa digeser dan disesuaikan dengan dudukan kancing helm.
  • Selesai, kamu sudah berhasil memasang kaca helm bogo.

Cara Melepas Kaca Helm Bogo

harga helm Bogo JPN

Tidak berbeda dari proses pemasangan, melepas kaca helm bogo pun tidak membutuhkan peralatan atau bahan apapun. Pada dasarnya, cara melepas kaca helm bogo ini adalah kebalikan dari proses memasang di atas. 

Hanya saja, pada beberapa kondisi tertentu, kancing helm bogo bisa menjadi sulit untuk dilepaskan sehingga tidak bisa langsung menggunakan jari. Bila menghadapi kondisi ini, kita bisa memanfaatkan alat lain untuk membuka kancing seperti obeng atau palu karet.

  • Pertama, lihat kondisi kancing pada kedua bagian pengait tersebut, tepatnya pada kaca dan badan helm. Perhatikan dengan teliti letak kancing pada masing-masing bagian helm bogo.
  • Selanjutnya, cobalah melepas kancing dari bagian pinggiran yang adap pada helm. Apabila menemukan kesulitan saat melepas kancing, coba gunakan obeng.
  • Lepaskan bagian sisi kanan dan kiri kancing secara bergantian dan hindari melepas langsung di bagian tengah.
  • Berikutnya, lepas kancing terakhir yang terletak di bagian tengah helm bogo. Biasanya helm asli memiliki kancing di sisi kanan, kiri serta bagian tengah sebagai kancing kunci.
  • Jika semua langkah sudah dilakukan, kaca helm bogo akan terlepas dengan sendirinya.

Tips Memilih Helm Bogo Berkualitas

helm bogo murah
Dewasa ini ada banyak toko helm yang menjual helm bogo. Kita bisa dengan mudah mendapatkan helm bogo dengan desain yang bervariasi. Helm bergaya klasik ini cocok digunakan untuk berbagai jenis motor, terlebih motor scooter.

Jika tertarik untuk membeli helm bogo, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum memilih helm bogo. Tips membeli helm bogo ini bisa dijadikan sebagai referensi agar kita mendapatkan helm berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Periksa bagian luar helm

Langkah pertama yang harus dilakukan saat memilih helm bogo ialah memeriksa bagian luar helm. Kita bisa memulai dengan mengecek kondisi fisiknya, apakah motif atau warnanya menarik atau sebaliknya. 

Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh ini beberapa kali, karena dalam beberapa kondisi, penjual nakal bisa dengan sengaja menjual helm cacat atau tergores. 

Sebagai konsumen yang bijak, jangan hanya terpaku pada harga murah saja namun tetap selalu mengutamakan kualitas helm. Pastikan jika helm bogo incaran adalah yang terbaik, nyaman digunakan, dan pas dengan ukuran kepala kita. 

2. Periksa kait pengunci helm

Langkah berikutnya ialah memeriksa pengait kaitan pengunci pada helm bogo. Namanya produk masal, kadang ada saja yang tidak lulus standar kualitas. Sudah menjadi kewajiban konsumen untuk mengecek semua bagian pada helm ketika melakukan pembelian. 

Memeriksa kunci pengait pada helm termasuk salah satu hal yang penting. Kunci pengait yang bagus dan kuat akan membuat helm melekat dengan pas, sekaligus memberikan perlindungan secara sempurna. Lebih dari itu, helm bogo juga jadi lebih nyaman digunakan.

3. Cek bagian dalam helm

Sama pentingnya dengan bagian luar, bagian dalam helm bogo juga sangat mempengaruhi kualitas dan kenyamanan saat menggunakan helm. Pada bagian dalam, kita harus memastikan jahitannya sudah rapi, kuat dan tidak ada bagian yang sobek atau busa helm keluar. 

Jika saat pertama kali memeriksa sudah menemukan busa helm keluar, maka bisa dipastikan helm tersebut mudah rusak. Pastikan pula jika busa dan beberapa bagian penting lain pada helm terbuat dari bahan yang bagus dan berkualitas, sehingga bisa awet dan tahan lama. 

4. Jangan lupa periksa label harga

Setelah memeriksa bagian luar, bagian dalam, pengait pengunci helm dan mencobanya sebelum membayar, selanjutnya periksa harga pasaran helm bogo. 

Mungkin beberapa konsumen akan merasa malu saat menanyakan harga, terlebih jika kemudian tidak jadi membeli karena dianggap terlalu mahal. Namun ingat, tidak perlu malu menanyakan hal ini.

Pada dasarnya harga memang menjadi salah satu poin utama yang menentukan jadi atau tidaknya pembelian. Seorang konsumen akan memilih helm jika kualitas dan harganya sudah cocok. Nah, semoga bermafaat dan selamat membeli!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.