Diperbaharui pada Kamis, 12 Januari 2023 | 14:10

5 Cara Membuat Video TikTok Cepat Viral!

cara membuat video tiktok viral

Salah satu konten TikTok yang sangat menarik adalah videonya. Cukup banyak video TikTok yang menghibur dan tidak jarang menjadi viral di jagat maya.

TikTok memang menciptakan ruang bagi penggunanya untuk membuat video-video kreatif melalui hp dengan durasi waktu sekitar 15 detik hingga 1 menit.

Namun, membuat video TikTok saja belum cukup untuk dilihat banyak orang. Karena banyak yang berkeinginan agar video tersebut menjadi viral dan banyak dilihat orang.

Tapi tidak perlu khawatir, karena cara membuat video TikTok agar lebih menarik cukup mudah. Kita bisa menambahkan efek-efek seperti stiker, transisi, dan lagu-lagu yang akan semakin menambah keseruan video.

Selain itu, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan saat membuat video TikTok. Untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat video TikTok yang bisa dicoba.

cara membuat video tiktok
1. Ikuti Tren yang ada

Bak model pakaian yang selalu mengikuti perubahan mode yang ada disetiap masanya, begitu pun dengan TikTok. Ketahuilah video apa saja yang sedang tren dan banyak dilakukan orang-orang. 

Bagaimana cara mengetahuinya? Selain dari aplikasi itu sendiri, kita juga bisa menemukannya melalui media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, bahkan Youtube. Semua platform ini turut andil dalam membuat video TikTok jadi viral.

Jika kita selalu up to date untuk mengakses media sosial, besar kemungkinan untuk bisa menemukan video-video TikTok yang viral, seperti misalnya DJ TikTok. Biasanya artis-artis terkenal juga suka membuat video TikTok. Ini salah satu cara yang paling mudah.

2. Ikuti Hashtag yang Trending

Jangan remehkan pembuatan hashtag, karena ini adalah salah satu cara yang bisa membuat kita terkenal melalui video-video TikTok kita. 

Pemberian hashtag #foryourpage akan membawa kita pada halaman “For You” dan “Following”, di mana nantinya video kita berpotensi muncul di sana juga. Kita juga bisa menambahkan hashtag lainnya yang dapat disesuaikan dengan video yang dibuat.

3. Bikin Konten Original

Selain konten popular, salah satu cara untuk bisa viral adalah dengan menciptakan video original kita sendiri. Secara umum masyarakat senang dengan video-video yang bernuansa komedi atau lucu.

Jadi, jika kamu adalah tipe orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, maka ini lah peluang untuk membuat video-video komedi ala diri kita sendiri. 

Melalui video jenis ini, kita dituntut untuk mengembangkan kreativitas melalui ide-ide ciptaan sendiri, dengan nilai estetik yang lebih baik.

Jika video yang kita buat disukai oleh banyak orang, bukan tidak mungkin mereka akan menirunya. Ini salah satu cara terbaik untuk viral.

4. Lihat Rekomendasi Video TikTok Lain

Tapi bila belum ada gambaran mau membuat video apa, kamu bisa membuka bagian Home untuk melihat rekomendasi dari video-video TikTok yang popular, atau yang baru saja ditayangkan oleh pengguna TikTok lainnya. 

Kamu bisa mengikuti akun-akun TikTok tersebut bila menyukai videonya. Biasanya ada beberapa video yang sedang viral karena banyak diperagakan oleh orang-orang. Anda bisa mendapatkan rekomendasi sekaligus inspirasi dari sini. 

Setelah melakukan perekaman, cobalah untuk mengedit-editnya sesuka dan sekreatif mungkin. Semakin banyak berlatih, maka kemampuan dan hasil videonya pun akan semakin baik.

Kalau sudah terbiasa, akan lebih mudah untuk membuat video TikTok versi kita sendiri.

5. Rajin dan Konsisten

Semakin rajin mencari ide konten baru, maka akan semakin banyak karya video TikTok yang bisa kita buat. Begitu pun ketika kita mulai konsisten untuk selalu membuat video.

Akan ada orang-orang yang kemungkinan besar akan menunggu-nunggu karya kita selanjutnya. Tidak masalah apakah kita pemula atau bukan.

Karena di sinilah ajang untuk berkreativitas dalam mengembangkan ide, sekaligus selalu belajar bagaimana cara membuat video TikTok terbaik.

Itulah beberapa tips mengenai cara membuat video TikTok agar menarik dan ditonton banyak orang. Bila keempat cara tersebut bisa kamu lakukan dengan baik, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi bintang TikTok selanjutnya dengan video-video yang selalu viral.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2434 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.