Diperbaharui pada Kamis, 6 Mei 2021 | 11:36

4 Cara Bikin Video TikTok Cepat Viral!

cara membuat video tiktok viral

Aplikasi TikTok sedang booming di dunia, terutama Indonesia, dengan beragam konten yang ditawarkan. Sebagai aplikasi yang sangat menghibur, banyak yang tertarik untuk mencobanya. Berikut cara membuat TikTok buat pemula.

Sebagai salah satu aplikasi hiburan terpopuler di Indonesia, TikTok menciptakan ruang bagi penggunanya untuk menciptakan video-video kreatif melalui smartphone dengan durasi waktu sekitar 15 detik hingga 1 menit.

Video TikTok romantis bikin baper sebagian orang karena kita bisa menambahkan efek-efek yang seru. Pengguna bisa menambahkan efek-efek seperti stiker, transisi, dan lagu-lagu yang akan semakin menambah keseruan di dalam memainkannya.

Kepopuleran TikTok

video tik tok viralFoto: Google Play

TikTok adalah aplikasi yang berasal dari Tiongkok, yang kemunculannya lebih populer di kalangan Gen Z.  Ini adalah aplikasi di mana kita bisa menemukan berbagai macam video berdurasi pendek. Walau TikTok sempat diblokir, kini aplikasi ini sudah bisa diakses kembali.

Di dalamnya pun kita bisa menemukan segudang fitur-fitur pengeditan yang bisa mendukung video TikTok kita agar semakin menarik untuk ditonton. Tentunya aplikasi TikTok mampu menciptakan kegembiraan bagi para penggunanya di sela-sela aktivitas mereka. 

Banyak sekali tema yang bisa kita pilih, seperti makeup, membuat makanan, komedi, horor, video parodi, dan masih banyak lagi, sesuaikan dengan ketertarikan kita.

Selain digunakan pada aplikasinya langsung (in app), video TikTok juga bisa disebarkan melalui akun media sosial, sehingga bisa menjangkau penonton yang lebih luas lagi. Ini salah satu alasan video TikTok bisa viral di dunia maya.

Selain membuat video untuk kesenangan pribadi, tak jarang penampilan yang disuguhkan melalui aplikasi TikTok semakin seru dengan melakukan challenge. Bahkan para artis pun turut andil untuk bermain TikTok.

Cara Membuat Akun TikTok

1. Download aplikasi TikTok

cara membuat akun tiktok

Untuk bisa menggunakan atau mengakses aplikasi TikTok dan mengetahui bagaimana cara membuat video TikTok, tentunya kita harus punya akun TikTok. Kita bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store atau Apple AppStore.

2. Membuka aplikasi untuk login

Setelah di-download, kita bisa membukanya dan melakukan login menggunakan beberapa akun sesuai dengan keinginan kita. Bisa menggunakan Facebook, Instagram, Google, maupun akun lainnya.

Setelah mendapatkan akunnya, kita bisa langsung melakukan proses pembuatan TikTok dengan menggunakan ikon “+” yang berada di bagian tengah bawah. Setelah itu akan muncul banyak pilihan musik maupun lagu yang bisa kita pilih untuk digunakan. 

Setelah itu, kita akan dibawa ke ruang perekaman dengan segala macam efek, filter, dan kecepatan video yang bisa disesuaikan sendiri dengan kreativitas kita. Untuk memulai perekaman, tekan tombol “Hold”. 

Jika proses perekaman telah selesai, kita hanya perlu melepaskan jari dari tombol tersebut. Nah setelahnya, kita bisa memberikannya judul dan membagikan video TikTok yang sudah kita buat tersebut ke media sosial agar bisa dilihat oleh lebih banyak orang.

Cara main TikTok

cara bermain tiktok

Cara main TikTok sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Namun bila hal tersebut dilakukan oleh pemula yang sebelumnya tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut, tentu akan menjadi kesulitan tersendiri untuk menggunakannya. 

Bila kita belum memahami secara mendalam fungsi dari fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Maka akan sedikit terasa kaku untuk melakukan Gerakan-gerakan, apalagi kalau belum terbiasa. 

Lakukan sedikit survey bila perlu. Proses survei tersebut sekaligus menjadi waktu bagi para pemula untuk mengumpulkan ide  sehingga bisa menciptakan video kreatifnya. 

Kalau belum ada gambaran mau membuat video apa, kita bisa membuka bagian Home untuk melihat rekomendasi dari video-video TikTok yang popular, atau yang baru saja ditayangkan oleh pengguna TikTok lainnya. 

Kita bisa mengikuti akun-akun TikTok tersebut bila menyukai videonya. Biasanya ada beberapa video yang sedang viral karena banyak diperagakan oleh orang-orang. Anda bisa mendapatkan rekomendasi sekaligus inspirasi dari sini. 

Setelah melakukan perekaman, cobalah untuk mengedit-editnya sesuka dan sekreatif mungkin. Semakin banyak berlatih, maka kemampuan dan hasil videonya pun akan semakin baik. Kalau sudah terbiasa, akan lebih mudah untuk membuat video-video original kita sendiri.

Cara membuat video TikTok jadi viral

cara membuat video tiktok viral

Membuat video saja belum cukup bagi sebagian orang, karena pastinya ada keinginan agar video kita tersebut menjadi viral dan mendatangkan banyak . Nah, berikut ini ad acara agar video TikTok jadi viral.

1. Ikuti tren yang sedang ada

Bak model pakaian yang selalu mengikuti perubahan mode yang ada disetiap masanya, begitu pun dengan TikTok. Ketahuilah video apa saja yang sedang tren dan banyak dilakukan orang-orang. 

Bagaimana cara mengetahuinya? Selain dari aplikasi itu sendiri, kita juga bisa menemukannya melalui media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, bahkan Youtube. Semua platform ini turut andil dalam membuat video TikTok jadi viral.

Jika kita selalu up to date untuk mengakses media sosial, besar kemungkinan untuk bisa menemukan video-video TikTok yang viral, seperti misalnya DJ TikTok. Biasanya artis-artis terkenal juga suka membuat video TikTok. Ini salah satu cara yang paling mudah.

2. Ikuti hashtag yang trending

Jangan remehkan pembuatan hashtag, karena ini adalah salah satu cara yang bisa membuat kita terkenal melalui video-video TikTok kita. 

Pemberian hashtag #foryourpage akan membawa kita pada halaman “For You” dan “Following”, di mana nantinya video kita berpotensi muncul di sana juga. Kita juga bisa menambahkan hashtag lainnya yang dapat disesuaikan dengan video yang dibuat.

3. Bikin konten original

tiktok original

Selain konten popular, salah satu cara untuk bisa viral adalah dengan menciptakan video original kita sendiri. Secara umum masyarakat senang dengan video-video yang bernuansa komedi atau lucu. Jadi, jika kamu adalah tipe orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, maka ini lah peluang untuk membuat video-video komedi ala diri kita sendiri. 

Melalui video jenis ini, kita dituntut untuk mengembangkan kreativitas melalui ide-ide ciptaan sendiri, dengan nilai estetik yang lebih baik. Jika video yang kita buat disukai oleh banyak orang, bukan tidak mungkin mereka akan menirunya. Ini salah satu cara terbaik untuk viral.

4. Rajin dan konsisten

Semakin rajin mencari ide konten baru, maka akan semakin banyak karya video TikTok yang bisa kita buat. Begitu pun ketika kita mulai konsisten untuk selalu membuat video, maka akan ada orang-orang yang kemungkinan besar akan menunggu-nunggu karya kita selanjutnya.

Tidak masalah apakah kita pemula atau bukan. Karena di sinilah ajang untuk berkreativitas dalam mengembangkan ide, sekaligus selalu belajar bagaimana cara membuat video TikTok terbaik. 

Akhir kata, tidak ada hal yang instan, karena semua itu butuh proses. Tapi bila keempat cara tersebut bisa kamu lakukan dengan baik, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi bintang TikTok selanjutnya dengan video-video yang selalu viral.

Like us!
Imam Ali

Imam Ali

Content Writter

971 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.