Diperbaharui pada Senin, 17 Februari 2020 | 18:26

Aplikasi Gratis Terbaik untuk Content Writer

aplikasi content writer

Content Writer adalah satu dari sekian banyaknya jenis pekerjaan yang memiliki peluang yang besar. Apa sajakah yang diperlukan bisa mendukung agar bisa menjadi seorang penulis konten terbaik? Simak beberapa informasi berikut!

Mengenal Apa Itu Content Writer Mendengar kata penulis mungkin yang ada dipikiran anda adalah penulis buku, penulis novel atau semacamnya. Padahal dalam dunia penulis sebenarnya sangatlah luas.

Salah satu jenis profesi yang juga sama – sama ada di dalam dunia menulis adalah Content Writer. Profesi seorang Content Writer mungkin memang masih terdengar asing di kalangan awam.

Namun sebenarnya profesi yang satu ini sudah banyak digeluti oleh mereka yang paham dengan internet dan pastinya memiliki passion dalam menulis. Menjadi penulis konten adalah menulis artikel dengan beragam genre dan kriteria sesuai dengan permintaan klien.

Sekilas seorang Content Writer ini memang tidak terlihat bekerja namun jika seseorang yang bekerja sebagai penulis konten ini sudah memiliki segmen pasar yang luas, tidak menutup kemungkinan penghasilan yang dimilikinya akan tergolong besar.

aplikas penulis

Rekomendasi Aplikasi Untuk Mendukung Profesi Content Writer

Tentunya untuk menjadi seorang Content Writer yang dapat dipercaya jasanya, harus didasari akan dua hal yaitu kemampuan dan media pendukung. Untuk kemampuan sendiri sebenarnya terbilang fleksibel karena bisa diasah.

Apalagi saat ini ada banyakn ilmu yang berhubungan dengan menulis artikel di internet. Semua ilmu tersebut bisa dipelajari oleh semua orang sehingga tentunya tidak menjadi kendala yang berarti.

Sedangkan untuk media, untuk bisa memulai menjadi seorang Content Writer hanya diperlukan gadget, PC atau laptop kemudian jaringan internet.

Namun selain kedua faktor diatas, agar memaksimalkan proses dalam menulis sekaligus mengasah kemampuan maka dibutuhkan adanya tools tambahan bisa berupa aplikasi, software maupun website yang bisa menjadi wadah untuk memulai mengasah kemampuan sekaligus menyalurkan skill tersebut.

Sebagai calon Content Writer handal atau anda yang kebetulan sedang serius menekuni bidang yang satu ini, membutuhkan beberapa Aplikasi Terbaik agar proses menulis lebih maksimal.

Di internet sendiri sudah banyak referensi aplikasi, software ataupun website yang bisa diandalkan. Aplikasi Terbaik bisa meningkatkan kualitas kerja sebagai penulis sehingga segala yang dibutuhkan saat menulis akan terpenuhi.

Canva

aplikasi content writer

Bagi anda yang sudah hobi menulis atau hobi mendesain pasti sudah tak asing dengan Canva ini. Sebenarnya pada awalnya Canva seringkali diakses melalui PC dengan mengunjungi situs websitenya.

Namun bagi anda yang lebih suka menggunakan smartphone tak perlu khawatir karena kini Canva juga terdapat versi aplikasinya yang bisa diunduh secara gratis di android maupun iOS. Ada banyak kelebihan Canva ini antara lain:

  • Bisa digunakan untuk mengedit foto atau video.
  • Tersedia beragam fitur editing yang lengkap.
  • Terdapat beragam filter foto yang bisa diedit secara manual.
  • Ada banyak template gratis yang bisa diedit sesuai keinginan.
  • Pilihan rasio atau ukuran file beragam seperti ukuran foto postingan instagram, instastory, banner social media, youtube thumbnail dan masih banyak lagi.
  • Pilihan editing warna yang lengkap.
  • Jumlah font yang banyak dan menarik.
  • Ukuran file aplikasi ringan.
  • Dapat diunduh secara gratis.
  • Dapat digunakan pada android atau iOS.
  • Bisa digunakan kapan saja dan dimanapun sesuai kebutuhan.

Evernote

Kemudian rekomendasi Aplikasi Terbaik yaitu bagi seorang penulis konten adalah Evernote. Aplikasi yang satu ini memiliki beberapa keunggulan fitur untuk mendukung hobi atau kebutuhan menulis yaitu:

  • Bisa digunakan untuk menulis atau mencatat hal – hal simple seperti note.
  • Bisa menyimpan voice note.
  • Bisa menyimpan foto.
  • Format file berupa ms office dan juga PDF.
  • Terdapat settingan privacy yang bisa diubah sesuai dengan keinginan.
  • Terdapat fitur ceklis otomatis.
  • Bisa difungsikan sebagai reminder atau alarm untuk mengingatkan momen penting yang sudah anda catat.
  • Size filenya ringan.
  • Bisa didownload gratis melalui Play Store.
  • Tampilan cukup friendly dan mudah digunakan.

Write Or Die

aplikasi gratis untuk penulis content

Mendengar namanya mungkin akan terdengar sedikit aneh dan menyeramkan namun pada dasarkan Write Or Die merupakan salah satu rekomendasi Aplikasi Terbaik yang bisa diandalkan bagi anda yang hobi menulis. Kebanyakan penulis seringkali menemui kendala dalam pekerjaan.

Dan biasanya kendala–kendala inilah yang cukup memusingkan. Biasanya beberapa penulis bisa sharing kepada penulis lain melalui berbagai macam cara yaitu bergabung dalam forum atau group di sosial media untuk saling bertukar pendapat.

Namun ada solusi lain yang bisa dipilih yaitu dengan menggunakan Write Or Die. Write Or Die ini bisa digunakan di berbagai desktop seperti PC, Linux dan Mac. Namun bagi pengguna smartphone juga bisa menggunakannya.

Keunggulan yang dimiliki oleh Write Or Die adalah bisa digunakan baik di PC ataupun android sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja untuk bisa menggunakannya memang berbayar.

Focuswriter

Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk menulis selanjutnya yaitu Focus Writer. Jika anda adalah seseorang yang hobi mencatat beragam hal penting maupun memang membutuhkan aplikasi menulis yang simple dan memiliki beberapa kustomisasi sederhana namun terbilang lengkap maka Focus Writer adalah solusinya.

Namun aplikasi ini tidak mendukung berbagai fitur seperti insert gambar maupun tabel, sehingga tak ada yang banyak yang bisa anda harapkan dari Focuswriter ini. Hanya saja jika kebutuhan anda adalah menulis, maka Focus Writer ini sangat bisa diandalkan. 

Apalagi terdapat beragam pilihan bahasa serta bisa diakses melalui Windows 2003, Windows XP, Windows Vista dan juga Windows 7 dan 8.

Scribus

Content Writer juga bisa mengandalkan Scribus sebagai salah satu Aplikasi Terbaik yang bisa diandalkan. Scribus ini bisa dikatakan fleksibel karena bisa digunakan untuk mengerjakan berbagai keperluan, baik itu animasi, presentasi, mengatur layout pamflet atau undangan.

Termasuk juga untuk membuat file berformat PDF. Dengan satu software saja, anda bisa melakukan banyak aktivitas. Fitur lengkap dengan kualitas yang profesional. Menarik bukan?

Diaro

aplikasi gratis untuk jurnalis

Bagi anda yang hobi menulis jurnal, kini tak lagi harus kemana – mana membawa buku diary atau jurnal. Karena anda bisa menulis kapanpun dan dimanapun anda inginkan karena berkat Diaro, anda bisa memiliki buku diary digital.

Tampilan antarmukanya menarik, bahkan font bisa diganti sesuai dengan keinginan. Catatan yang ditulis di aplikasi ini juga bisa dimasukkan dalam kategori sehingga sangat mudah untuk menemukan catatan yang sudah disimpan.

Todoist

Aplikasi Terbaik terakhir yang juga bisa diandalkan untuk keperluan menulis dan mencatat berbagai sesuatunya adalah Todoist. Todoist adalah browser sekaligus aplikasi yang bisa digunakan sebagai pengelola daftar tugas atau list pekerjaan. 

Tampilannya sangat sederhana sehingga mudah sekali dipahami. Daftar tugas yang anda buat menggunakan Todoist ini bisa dibuat sebagai reminder karena notifikasinya akan muncul sesuai dengan yang disetting.

Todoist bisa diakses melalui Windows, Mac, iOS maupun iPad. Sebenarnya fiturnya gratisnya sudah cukup lengkap, namun ada pula versi premium dengan fitur yang jauh lebih lengkap.

Dengan beberapa referensi aplikasi, website dan software diatas bisa para Content Writer bisa lebih maksimal dan mudah.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1645 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.