Diperbaharui pada Jumat, 23 Juni 2023 | 12:20

Situs dan Aplikasi Kompres PDF Online Gratis Tanpa Iklan

aplikasi kompres pdf online terbaikFoto: Pixabay

PDF adalah salah satu format file yang populer untuk mengirimkan dokumen. Sayangnya, ukuran yang besar terkadang menjadi kendala ketika akan dikirimkan melalui email atau media lainnya.

Terlebih ketika kita ingin mengirimkan file PDF ke WhatsApp atau email untuk berbagi ke teman atau kolega, maka akan dihadapkan dengan masalah seperti tidak terkirim karena ukuran file terlalu besar.

Salah satu metode mengirim file PDF yang umum digunakan adalah dengan cara mengubah file PDF ke Word, namun cara ini memiliki kendalanya tersendiri, karena kerap membuat format dokumen berantakan.

Opsi untuk mengecilkan ukuran PDF dengan instan pun kemudian banyak dicari. Ada dua cara yang dapat dilakukan, yakni dengan menggunakan aplikasi kompres PDF, atau memanfaatkan situs kompres PDF online.

Aplikasi Kompres PDF Terbaik

aplikasi kompres pdf online terbaik

Melalui perangkat smartphone, Anda bisa mengunduh aplikasi yang khusus dibuat untuk mengubah ukuran file PDF, yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Aplikasi-aplikasi ini tersedia di Google Play Store maupun App Store.

Aplikasi kompres PDF adalah pilihan yang paling tepat, karena cepat dan instan, jadi sangat cocok untuk Anda yang sedang terburu-buru ingin mengirimkan file PDF untuk klien, rekan kerja, atau teman.

Namun dengan banyaknya aplikasi kompres PDF yang ada saat ini, menentukan yang terbaik tentunya menjadi sulit. Untuk itu lah, kami memberikan rekomendasi aplikasi kompres PDF untuk mempermudah Anda dalam memilih.

1. Compress PDF

Aplikasi kompres PDF pertama yang kami rekomendasikan adalah Compress PDF yang memiliki fungsi utama untuk mengurangi ukuran PDF, dan cukup populer di kalangan pengguna smartphone. 

Selain berbayar, aplikasi ini juga menyediakan opsi gratis untuk menggunakan fitur-fiturnya. Namun versi gratis ini tentunya memiliki keterbatasan, seperti waktu yang lebih lama untuk mengubah file PDF.

Keterbatasan lain dalam versi gratisnya juga ada pada jenis file apa saja yang bisa dikompresi. Terlepas dari semua itu, mengkompres file PDF dengan menggunakan aplikasi ini cukup mudah dan praktis.

2. Compress PDF File

Compress PDF File adalah salah satu aplikasi kompres PDF yang sering digunakan untuk mengubah ukuran PDF, karena kemudahannya. Aplikasi ini juga praktis dan gratis.

Aplikasi kompres PDF ini bisa Anda gunakan untuk mengubah ukuran PDF dengan sangat cepat, sekaligus tetap menjaga kualitas dari file PDF yang telah dikompresi tersebut.

Semua file yang telah terkompresi akan masuk ke dalam folder internal dan ditempatkan di folder khusus Compressor sehingga Anda akan lebih mudah untuk mencarinya saat dibutuhkan.

3. PDF Compressor

Dengan menggunakan aplikasi PDF Compressor, untuk mengkompres ukuran file PDF, Anda bisa memilih kualitas PDF yang diinginkan, sehingga akan mengatur ukurannya dengan akurat.

Jika file Anda memiliki gambar berwarna yang dapat membuat ukurannya menjadi besar, maka Anda bisa mengatur agar gambar tersebut menjadi hitam putih agar ukurannya menjadi lebih kecil.

4. ILovePDF (iLovePDF)

Dengan menggunakan aplikasi kompres PDF bernama ILovePDF ini, Anda tidak hanya bisa memperkecil ukuran PDF saja, namun juga bisa melakukan hal-hal lain untuk mengedit file PDF tersebut.

Selain menggunakan aplikasi ini untuk mengecilkan ukuran PDF, Anda bisa memisahkan file PDF, menggabungkan File PDF, memberikan penomoran pada halaman, memutar PDF, memberi tanda air, hingga mengubah PDF ke format yang lain.

Beberapa fitur lainnya juga menarik, Anda dapat memberikan catatan, memberi tanda tangan, dan melakukan hal-hal produktif lain yang akan memudahkan Anda dalam mengelola File PDF.

5. PDF Small

Cara mengubah file PDF selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi PDF Small yang merupakan aplikasi kompres PDF dengan tampilan dan fungsi yang sederhana.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan sehingga cukup populer dikalangan pengguna internet yang ingin memperkecil ukuran file PDF sebelum dikirimkan melalui email atau media lainnya.

6. Smallpdf

Aplikasi Smallpdf memiliki grafis yang sederhana dan mudah dipahami oleh para pengguna. Dengan menggunakan aplikasi kompres PDF ini, Anda bisa mengurangi ukuran PDF dengan cepat dan mudah.

Sistemnya yang canggih juga tidak akan menguras banyak prosesor pada hp Anda, dan hasil dari kompresinya juga masih terbilang baik, dengan kualitas yang memuaskan, sehingga file masih tetap bisa terbaca dengan mudah dan tidak rusak.

Website Kompres PDF Online Terbaik

aplikasi kompres pdf online terbaik

Selain menggunakan aplikasi kompres PDF, mengubah ukuran file PDF juga dapat dilakukan secara online melalui situs kompres PDF, tanpa perlu menginstall aplikasi pada smartphone. 

Cara mengubah file PDF secara online dapat dilakukan dengan mengakses website yang menyediakan layanan kompres PDF. Beberapa website ini juga memiliki versi aplikasi, dan beberapa lainnya hanya tersedia via online saja.

1. Smallpdf

Smallpdf merupakan salah satu situs yang menyediakan fasilitas untuk mengompres ukuran PDF Anda dengan gratis satu kali sehari, yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran PDF.

Selain bisa digunakan untuk mengurangi ukuran PDF, Anda juga bisa melakukan beberapa operasi yang berkaitan dengan PDF, yaitu mengubah PDF menjadi dalam format yang lain, menggabungkan PDF, dan lain sebagainya.

2. ILovePDF

Seperti pada versi aplikasinya, situs ILovePDF merupakan salah satu situs kompresi PDF terpopuler yang banyak digunakan karena kemudahannya. ILovePDF bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi ukuran dengan cepat dan praktis.

Anda bisa mengambil file langsung dari memori internal, Google Drive, hingga Dropbox, sehingga akan sangat memudahkan Anda sebagai pengguna. Data-data yang ada pada file tersebut dijamin keamanannya karena langsung terhapus oleh sistem.

3. SodaPDF

SodaPDF merupakan penyedia jasa untuk mengubah ukuran file PDF dengan sangat mudah, dan bisa digunakan untuk file yang berada di memori internal, hingga penyimpanan Cloud seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive.

Situs ini juga memiliki fitur lain yang masih berkaitan dengan PDF. Keamanannya sendiri terjamin sehingga file Anda tidak akan disalah gunakan karena hanya akan disimpan selama 24 jam saja.

4. PDF Compressor

PDF Compressor adalah situs yang menyediakan layanan untuk mengurangi ukuran file dengan mudah dan mengklaim dirinya bisa membuat kualitas file PDF tetap memiliki resolusi yang baik dan tidak rusak.

Hasil kompresi file PDF akan tetap terlihat jernih sehingga lebih mudah dibaca, dan gambar pun juga tidak akan pecah. Kualitasnya tetap terjaga walaupun ukurannya sudah berkurang banyak. Situs ini termasuk salah satu yang terpopuler.

5. PDF Converter

PDF Converter juga memiliki layanan yang akan memastikan kualitas dari file PDF yang dikompresi tidak rusak dan akan membuat semua teks dan gambar tetap terlihat dengan baik.

Situs ini sangat mudah dioperasikan, dan hanya membutuhkan beberapa detik saja untuk mengurangi ukuran file PDF. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan lain untuk file PDF.

Salah satu layanan yang paling populer dan banyak dilakukan melalui situs PDF Converter ini adalah mengkonversi file PDF menjadi format file lain seperti Word, Excel, dan banyak lainnya.

6. PDF2Go

PDF2Go merupakan situs yang memberikan fasilitas kompresi file PDF dengan mengatur kualitasnya, sehingga Anda bisa menentukan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Perlu diperhatikan, bahwa dengan memilih ukuran yang baik, maka kualitasnya juga baik, begitu juga sebaliknya jika Anda memilih ukuran terendah, maka kualitas file juga akan menurun jauh.

Itu dia beberapa cara untuk mengubah ukuran file PDF dengan menggunakan aplikasi kompres PDF dan layanan situs kompres PDF. Semoga artikel ini bisa membantu Anda, ya.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.