Diperbaharui pada Selasa, 6 April 2021 | 10:06

12 Cara Memperkecil File PDF dengan dan Tanpa Aplikasi

Oleh Restu Aji Siswanto

cara ubah ukuran pdf

PDF adalah salah satu format file yang populer untuk mengirimkan dokumen. Sayangnya, ukuran yang besar terkadang menjadi kendala ketika akan dikirimkan melalui email atau media lainnya.

Terlebih ketika kita ingin mengirimkan file PDF ke Whatsapp atau email untuk berbagi ke teman atau kolega, maka akan dihadapkan dengan masalah seperti tidak terkirim karena file terlalu besar ukurannya.

Salah satu metode mengirim file PDF yang umum digunakan adalah dengan cara mengubah file PDF ke Word, namun cara ini memiliki kendalanya tersendiri, karena kerap membuat format dokumen berantakan.

Biasanya file PDF yang memiliki ukuran besar berisi file yang berukuran besar pula seperti gambar atau foto, sehingga menyebabkan file menjadi berat.

Jika file sudah dalam bentuk PDF biasanya kita juga akan kesulitan untuk mengubah isinya agar lebih kecil karena harus mengubahnya kembali dalam format yang berbeda, atau mengulang proses membuat dokumen dari awal.

Opsi untuk mengecilkan ukuran PDF dengan instan pun kemudian banyak dicari, dan saat ini tersedia berbagai layanan untuk mengubah ukuran PDF secara online, baik dengan menggunakan aplikasi, atau melalui situs web.

Cara Mengubah File PDF dengan Aplikasi

ubah size pdf

Melalui perangkat smartphone, kita bisa mengunduh aplikasi yang khusus dibuat untuk mengubah ukuran file PDF untuk berbagai keperluan. Aplikasi-aplikasi ini tersedia di Google Play Store maupun App Store.

Namun untuk mempermudah Anda dalam memilih, kami memberikan beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengubah file PDF yang bisa langsung dicoba.

1. Compress PDF

Aplikasi Compress PDF memiliki fungsi utama untuk mengurangi ukuran PDF, dan cukup populer dikalangan pengguna internet. 

Selain berbayar, aplikasi ini juga menyediakan opsi gratis untuk menggunakan fitur-fiturnya. Namun untuk versi gratis ini, tentunya ada keterbatasan waktu yang lebih lama untuk mengubah file PDF.

Pada versi gratisnya, juga ada keterbatasan jenis file apa saja yang bisa dikompresi. Walau begitu, mengubah file PDF dengan menggunakan aplikasi ini cukup mudah dan praktis.

2. Compress PDF File

Compress PDF File adalah aplikasi yang sering digunakan sebagai salah satu cara mengubah ukuran PDF yang mudah, praktis, dan benar-benar gratis.

Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengubah ukuran PDF dengan sangat cepat, sekaligus tetap menjaga kualitas dari file PDF yang telah dikompresi tersebut.

Semua file yang telah terkompresi akan masuk ke dalam folder internal dan ditempatkan di folder khusus Compressor sehingga Anda akan lebih mudah dalam mencarinya saat dibutuhkan.

3. PDF Compressor

Dengan menggunakan aplikasi PDF Compressor, Anda bisa memilih kualitas PDF sehingga bisa mengatur ukurannya dengan pasti.

Jika file Anda memiliki gambar berwarna yang dapat membuat ukurannya menjadi besar, maka Anda bisa juga mengatur agar gambar tersebut menjadi hitam putih untuk mengurangi besarnya.

4. ILovePDF (iLovePDF)

Dengan menggunakan aplikasi ILovePDF, Anda tidak hanya bisa mengurangi ukuran PDF saja, akan tetapi juga bisa melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan PDF.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengecilkan ukuran PDF, memisahkan file PDF, menggabungkan File PDF, memberikan penomoran pada halaman, memutar PDF, memberi tanda air, hingga mengubah PDF ke format yang lain.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan catatan, memberi tanda tangan, dan hal-hal produktif lainnya yang akan memudahkan dalam mengelola File PDF.

5. PDF Smaller

Cara mengubah file PDF selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi PDF Smaller. Aplikasi ini merupakan aplikasi pengurang ukuran PDF yang sederhana dan memang hanya berfungsi untuk mengompres ukuran file PDF.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan sehingga cukup populer dikalangan pengguna internet yang ingin memperkecil ukuran file PDF sebelum dikirimkan melalui email atau media lainnya.

6. Smallpdf

Aplikasi Smallpdf memiliki grafis yang sederhana dan mudah dipahami oleh para pengguna. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengurangi ukuran PDF dengan cepat dan mudah.

Sistemnya yang canggih juga tidak akan menguras banyak prosesor pada hp Anda, dan hasil dari mengompreskannya juga masih terbilang baik dengan kualitas yang memuaskan, sehingga file masih tetap bisa terbaca dengan mudah dan tidak rusak.

Cara Mengubah File PDF Secara Online

cara kompres ukuran pdf

Selain menggunakan aplikasi, mengubah ukuran file PDF juga dapat dilakukan secara online tanpa perlu menginstall aplikasi pada smartphone. 

Cara mengubah file PDF secara online dilakukan dengan mengakses website yang menyediakan layanan kompresi PDF. Beberapa website ini juga memiliki versi aplikasi, dan beberapa lainnya hanya tersedia via online saja.

1. Smallpdf

Smallpdf merupakan salah satu situs yang menyediakan fasilitas untuk mengompres ukuran PDF Anda dengan gratis satu kali sehari, yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran PDF.

Selain bisa digunakan untuk mengurangi ukuran PDF, Anda juga bisa melakukan beberapa operasi yang berkaitan dengan PDF, yaitu mengubah PDF menjadi dalam format yang lain, menggabungkan PDF, dan lain sebagainya.

2. ILovePDF

Seperti pada versi aplikasinya, situs ILovePDF merupakan salah satu situs kompresi PDF terpopuler yang banyak digunakan karena kemudahannya. ILovePDF bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi ukuran dengan cepat dan praktis.

Anda bisa mengambil file langsung dari memori internal, Google Drive, hingga Dropbox, sehingga akan sangat memudahkan Anda sebagai pengguna. Data-data yang ada pada file tersebut dijamin keamanannya karena langsung terhapus oleh sistem.

3. SodaPDF

SodaPDF merupakan penyedia jasa untuk mengubah ukuran file PDF dengan sangat mudah, dan bisa digunakan untuk file yang berada di memori internal, hingga penyimpanan Cloud seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive.

Situs ini juga memiliki fitur lain yang masih berkaitan dengan PDF. Keamanannya sendiri terjamin sehingga file Anda tidak akan disalahgunakan karena hanya akan disimpan selama 24 jam saja.

4. PDF Compressor

PDF Compressor adalah situs yang menyediakan layanan untuk mengurangi ukuran file dengan mudah dan mengklaim dirinya bisa membuat kualitas file PDF tetap memiliki resolusi yang baik dan tidak rusak.

Hasil kompresi file PDF akan tetap terlihat jernih sehingga lebih mudah dibaca, dan gambar pun juga tidak akan pecah. Kualitasnya tetap terjaga walaupun ukurannya sudah berkurang banyak. Situs ini termasuk salah satu yang terpopuler.

5. PDF Converter

PDF Converter juga memiliki layanan yang akan memastikan kualitas dari file PDF yang dikompresi tidak rusak dan akan membuat semua teks dan gambar tetap terlihat dengan baik.

Situs ini sangat mudah dioperasikan, dan hanya membutuhkan beberapa detik saja untuk mengurangi ukuran file PDF. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan lain untuk file PDF.

Salah satu layanan yang paling populer dan banyak dilakukan melalui situs PDF Converter ini adalah mengkonversi file PDF menjadi format file lain seperti Word, Excel, dan banyak lainnya.

6. PDF2Go

PDF2Go merupakan situs yang memberikan fasilitas kompresi file PDF dengan mengatur kualitasnya, sehingga Anda bisa menentukan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Perlu diperhatikan, bahwa dengan memilih ukuran yang baik, maka kualitasnya juga baik, begitu juga sebaliknya jika Anda memilih ukuran terendah, maka kualitas file juga akan menurun jauh.

Itu dia beberapa cara untuk mengubah ukuran file PDF dengan menggunakan aplikasi, dan layanan website kompresi file PDF. Semoga artikel ini membantu Anda, ya.

Like us!

Komentar