Bahaya Membeli Hp HDC, Ini Cara Mudah Mengenalinya

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 6 Feb 2020 | 18:25

Hp HDCimage via Fossbytes

Pernah mendengar istilah hp HDC? Mungkin untuk beberapa pengguna hp jenis ini sudah tidak asing lagi. Tapi banyak juga yang belum tahu apa itu hp HDC.

Hp HDC adalah sebuah smartphone yang memiliki menu atau tampilan baik luar dan juga tampilan dalamnya yang sangat mirip dengan aslinya atau keluaran pabrikan dengan nama brand yang asli. Jika diartikan secara mudahnya adalah hp HDC merupakan sebuah hp replika dari aslinya.

Hp HDC ini dibeli sebagai pilihan alternatif oleh pengguna yang ingin punya hp flagship namun dengan harga yang jauh lebih murah. Karena kebanyakan hp yang di copy atau di replika adalah hp premium yang berharga mahal. Seperti iPhone dan hp flagship Samsung (Galaxy S series atau Galaxy Note series). 

Lalu bagaimana cara mengenali hp HDC? Secara fisik memang sulit untuk membedakan hp asli dengan hp HDC karena benar-benar mirip. Tapi ada satu cara mudah mengenali hp HDC, yaitu harganya yang sangat murah dan jauh dari harga hp aslinya.  Selain itu, spesifikasi yang ditawarkan pun beda jauh dari yang asli. 

Daftar Hp yang Paling Banyak HDC-nya

hp hdc
Beberapa merek ataupun seri dari hp ternama yang sering menjadi incaran dari hp HDC adalah iPhone dan hp Samsung, Karena hp tersebut selalu laris dipasaran dan juga memiliki harga yang mahal. Jadi wajar saja bila produsen hp HDC mencari kesempatan dengan menawarkan bentuk dan isi yang sama namun lebih murah. 

Dalam pantauan kami di penjualan online, beberapa hp HDC iPhone mencakup iPhone 6 hingga yang terbaru iPhone 11. Menariknya, harga iPhone 11 HDC ini ditawarkan hanya 3 jutaan, beda jauh dari harga asli yang dijual di atas 10 jutaan.

Sedangkan untuk hp Samsung HDC ada di Galaxy S series seperti Galaxy S6 hingga Galaxy S9+. Ada juga seri Galaxy Note 8 hingga Galaxy Note 10. Harga hp Samsung Note 9 HDC sendiri di jual ga sampai 2 jutaan. Bandingkan dengan harga asli Galaxy Note 9.

Tapi yang harus diperhatikan adalah meski murah namun pembeli hp HDC ini akan memiliki kerugian, salah satunya tidak ada garansi. Lalu hp HDC selalu memiliki firmware yang tidak begitu jelas, rentan malware dan juga performa yang dimilikinya bisa dikatakan tidak begitu bagus.

Tips Membedakan Hp HDC dengan yang Asli

Beda iPhone HDC dan iPhone Asli 

iPhone hdcimage via Fossbytes

Berikut cara membedakan iPhone asli dan iPhone HDC

1. App Store

Cara paling mudah mengenali perbedaan iPhone HDC dan ori adalah dengan cara melihat fitur App Store. Biasanya hp HDC tidak memiliki fitur tersebut malah melainkan menggunakan fitur dari Android yaitu Google Play Store yang dikustom mirip App Store. Hal ini sangatlah mudah jika kalian sangat jeli melihat menu dan fitur dalam iphone HDC tersebut.

2. OS

Selanjutnya hal yang bisa anda gunakan untuk melihat perbedaan iphone HDC dan ori adalah dengan memperhatikan bagian os dari iphone tersebut. Biasanya iphone HDC selalu atau lebih sering menggunakan sistem operasi dari android yang diubah semirip iphone. Sedangkan untuk iphone yang asli atau keluaran pabrikannya selalu menggunakan sistem operasi ios.

3. iTunes

Adanya pengenalan itunes terhadap perangkat lain juga bisa dijadikan sebagai cara pengecekan perbedaan iphone HDC dan ori. Karena biasanya hp HDC iphone selalu saja tidak bisa terhubung dengan perangkat lain. 

4. Material

Selalu perhatikan material luaran dari iphone yang hendak anda beli karena biasanya iphone ori selalu menggunakan material yang sangat bagus. Akan tetapi untuk iphone yang notabene HDC selalu menggunakan material yang terbuat dari plastik. 

5. Garansi

Setiap hp selalu memiliki IMEI. Maka bagi kalian yang ingin melihat hp iphone yang akan kalian beli itu ori atau tidak sebaiknya cek terlebih dahulu terkait dengan IMEI dari iphone tersebut.

6. Layar

Pada poin ini sebaiknya kalian membandingkannya dengan layar dari iphone lain karena akan sangat terlihat jelas perbedaan retina display tersebut jika secara langsung dibandingkan dengan hp iphone lainnya.

7. Penggunaan tombol screenshot

iPhone ori biasanya menggunakan tombol kunci dan home secara bersamaan sedangkan untuk iphone HDC tidak bisa melakukan screenshot jika dengan tombol tersebut.

8. Harga

Bila menemukan hp iphone keluaran terbaru dengan harga yang terjangkau bisa dicurigai bahwa itu hp HDC.

9. Fitur dan spesifikasi

Biasanya fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh hp HDC tersebut hanya mirip saja tidak bisa sama bahkan melebihi iphone ori tersebut.

10. Slot MicroSD

Jika kalian menemukan iphone yang memiliki slot microsd maka sudah bisa dipastikan bahwa iphone tersebut merupakan sebuah iphone HDC, karena iPhone ori tidak memiliki slot MicroSD.

Beda Samsung HDC dan Samsung Asli

samsung hdcimage via Geeky Gadget

Selain iPhone ada juga Samsung yang banyak di copy. Berikut ini cara cek hp samsung ori atau HDC.

1. Nomor IMEI

Pastikan kalian selalu melakukan pengecekan nomor IMEI yang dimiliki hp samsung kalian. Karena hal inilah yang paling mudah dilakukan pengecekannya.

2. Mengecek pabrikan pembuatan

Biasakan untuk melakukan pengecekan pabrikan produksi hp samsung tersebut. Karena biasanya produsen dari hp samsung HDC selalu tidak sama dengan produsen hp samsung aslinya.

3. Lakukan beberapa tes hardware

Selalu lakukan pengecekan hardware yang dimiliki oleh hp samsung. Untuk samsung sendiri selalu memiliki sebuah kode tertentu untuk melakukan pengecekan tersebut.

4. Cek kondisi material hp

Selalu cek kondisi material dari hp samsung yang akan kalian beli tersebut.

Semoga membantu!

Artikel Terkait

Komentar