Tips Membeli Helm Motor Sesuai Jenis Motor

Oleh Imam Ali updated Rabu, 5 Feb 2020 | 13:32

memilih helm sesuai jenis motor

Jika Anda punya motor maka Anda pun wajib memiliki helm. Karena jika Anda lupa atau tidak punya helm maka sama saja Anda membahayakan dirimu dan bisa juga membahayakan orang lain. Paling tidak Anda punya dua helm, kenapa?

Ya, tentu saja yang satu untuk Anda sendiri, dan yang satunya untuk orang-orang terdekatmu yang ikut membonceng. Helm ini sangat penting untuk keselamatan Anda, jadi pastikan memilih jenis helm yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah berikut di bawah ini adalah beberapa tips and trick memilih helm motor yang sesuai dengan jenis kendaraan Anda agar lebih nyaman.

Jenis-Jenis Helm

jenis jenis helm

Sebelum Anda membeli helm ada baiknya Anda mengenali beberapa jenis helm yang ada dipasaran. Sekarang ini, selain sebagai sarana penunjang keselamatan helm juga dapat menentukan tingkat kekerenan seseorang.

Jadi, sebelum membeli helm Anda perlu perhatikan juga jenis motor yang Anda kendarai dan bagaimana kebiasaan Anda waktu mengendarai motor. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa jenis helm yang ada di pasaran. Siapa tahu jenis-jenis helm di bawah ini dapat Anda jadikan referensi. 

1. Shorty Helmet

helm cetok

Helm ini adalah jenis helm yang cuma nempel di kepala atau lebih terkenal dengan sebutan helm cetok. Dilihat dari bentuknya, helm ini berfungsi untuk melindungi kepala bagian atas Anda.

Meskipun bentuknya sangat sederhana, namun jangan salah material yang digunakan untuk membuat helm jenis ini adalah material yang sangat keras. Nah, helm jenis ini paling cocok digunakan oleh pengendara moge. Mereka jadi terlihat lebih keren dan galak gitu. 

2. Half Face Helmet

harga helm half face

Untuk jenis half face helmet yang satu ini pasti Anda sudah tahu. Pasalnya helm ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Baik yang ada di kota maupun yang ada di desa. Dengan memakai helm half face ini maka bagian kepala Anda akan makin banyak yang dilindungi.

Selain itu, cara pakai dan lepas helm ini juga sangat mudah, jadi para pemakai helm ini tidak perlu ribet-ribet. Jika Anda tipe orang yang suka ngobrol sama orang yang Anda bonceng maka helm jenis ini cocok banget buat Anda.

Helm jenis ini juga cocok untuk digunakan sehari-hari. Jadi, jika ingin membeli helm jenis ini pastikan material yang digunakan adalah material yang cukup kuat untuk menahan benturan dan jangan lupa pilih busa bagian dalam yang empuk.

Sehingga, helm half face ini akan nyaman untuk Anda gunakan. Helm half face ini cocok kok untuk semua jenis motor. Jadi apapun jenis motormu, helm ini bisa jadi pilihan mu.

3. Open Face Helmet

harga helm open face

Nah, kawula muda sekarang ini pasti hafal banget dong sama jenis open face helmet yang satu ini. Bagaimana tidak, sekarang helm yang satu ini lagi hits. Banyak sekali orang-orang yang memakai jenis helm ini.

Terlebih lagi bagi para pengendara yang punya motor scoopy. Wah pasti hafal banget dong sama helm ini. Helm yang lagi ngetren ini memang memiliki desain yang modis dan kekinian.

Helm ini cocok untuk pengendara motor klasik entah itu yang manual maupun yang matic. Helm ini juga memiliki banyak motif dan aksesoris. Selain itu, helm open face ini dapat dipasang dengan kaca depan yang sangat banyak variasinya. 

4. Full Face Helmet

harga helm full face

Buat Anda yang punya motor cowok atau koplingan, maka jenis full face helmet yang satu ini cocok banget buat Anda. Helm ini memiliki tingkat keamanan yang mumpuni, dimana semua bagian kepala sampai dagu bisa terlindungi.

Karena tingkat keamanannya yang tinggi, helm ini cocok dipakai ketika perjalanan jauh ataupun touring bersama komunitas motormu. 

5. Modular Helmet

harga helm modular

Jenis helm modular ini bisa dijadikan helmet full face hlo, jadi lengkap sekali kan fungsinya. Nah, pas Anda lagi pingin pake helm yang half face, Anda bisa buka bagian depannya dengan cepat.

Dengan fitur yang lengkap, Anda tidak perlu beli dua helm. Karena satu helm saja bisa dipakai untuk dua jenis kebutuhan yang berbeda. 

6. Cross Helmet

harga helm motor cross

Bagi Anda yang hobi ngetrail maka jenis helm yang satu ini cocok banget buat Anda. Ya, benar sekali helm jenis ini disebut dengan cross helmet. Helm ini memiliki ciri-ciri dimana bagian atasnya seperti topi dan bagian pelindung dagunya lebih panjang.

Helm yang satu ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena memang disesuaikan dengan kebutuhan pengendara motor trail yang medannya merupakan bebatuan dan jalan yang masih berupa tanah.

Tips Memilih Helm Sesuai Jenis Kendaraan

Setelah Anda tahu jenis-jenis helm, pastinya Anda sudah mempertimbangkan jenis hem seperti apa yang akan cocok buat Anda. Untuk mempermudah Anda memilih helm motor yang sesuai jenis kendaraan Anda.

Berikut adalah beberapa tips memilih helm sesuai kebutuhan yang dapat Anda pertimbangkan: 

1. Bersertifikat SNI

helm sni

Pertama-tama sebelum Anda membeli helm, maka pastikan dulu helm yang ingin Anda beli sudah memiliki label SNI. Label ini mengindikasikan bahwa helm yang ingin Anda beli sudah memenuhi standar keamanan nasional.

Jadi, Anda tak perlu lagi khawatir dengan kekuatan dan kenyamanan helm tersebut. Jika tidak ada label SNI nya maka lihatlah dengan seksama helm tersebut, apakah terdapat label DOT atau Snell nya, jika iya maka helm tersebut sudah memiliki standar Internasional.

Jika helm yang anda inginkan tidak memiliki ketiga label tersebut maka jangan membelinya, karena dapat dipastikan helm tersebut tidak memenuhi syarat keamanan yang berlaku. 

2. Sesuai Ukuran Kepala

helm sesuai ukuran kepala

Selanjutnya pastikan Anda memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepalamu. Pasalnya, jika Anda memilih helm yang terlalu sempit, hal tersebut dapat menimbulkan rasa pusing dan tidak nyaman ketika Anda sedang berkendara, terlebih lagi jika dikenakan dalam waktu yang lama.

Namun, jika Anda memilih helm yang kebesaran maka helm akan bergeser ketika Anda menggerakkan kepalamu. Selain itu, jika terjadi kecelakaan, helm yang tidak sesuai dengan ukuran kepala bisa menyebabkan cedera yang lebih parah, bukan malah meminimalisir cedera yang dialami. 

3. Sesuai Dengan Kebutuhan

helm sesuai kebutuhan

Selanjutnya pilihlah helm yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, jika Anda hanya berkendara di dalam kota maka helm yang paling cocok adalah jenis helm half face. Jika Anda senang berkendara di medan off-road atau semi off-road maka helm yang paling sesuai buat Anda adalah helm full face.

4. Tali Pengikat yang Kuat

tali helm

Tips selanjutnya adalah pilihlah helm yang memiliki tali pengikat yang kuat. Selain kuat, pastikan juga tali pengikat yang anda pilih mudah dikuncikan dan dilepaskan. Pasalnya, helm dengan strap yang tidak kuat bisa membahayakan diri sendiri ketika berkendara, terlebih lagi ketika terjadi kecelakaan dan benturan. 

5. Gunakan Flat Visor

flat visor helm

Tips yang terakhir adalah gunakan flat visor. Flat visor merupakan kaca pelindung bagian depan yang berbentuk lurus, namun pada visor nya memiliki bentuk yang lebih cembung. Flat visor ini juga sangat mudah pasang tear off yang merupakan pelindung  bagian depan yang anti gores.

Selain itu, flat visor juga mudah dipasangkan dengan pinlock dimana dia berfungsi melindungi helm anda dari embun yang dapat mengganggu pandangan anda.

Artikel Terkait

Komentar