Diperbaharui pada Rabu, 14 Juni 2023 | 17:44

Modal HP Bisa Jebol Password Wifi.id!

cara bobol wifi lewat hp
Bayangkan betapa senangnya kamu ketika sedang membutuhkan jaringan internet, eh ada sinyal wifi. Nah, koneksi wifi ini biasanya bisa diakses dengan mudah, termasuk di tempat umum. Namun, sayangnya tidak semua jaringan wifi bisa diakses dengan gratis.

Kalau sudah mendesak sekali, ada cara membobol password wifi lewat hp tanpa aplikasi. Sedikti berbeda dengan cara membobol password wifi dari laptop, menggunakan hp bisa lebih mudah, dan kamu hanya perlu satu perangkat saja.

Cara Membobol Password Wifi di Hp Android

membobol password wifi hp androidFoto: Pixabay

Salah satu cara membobol wifi tanpa aplikasi di hp yang paling umum dilakukan pemilik smartphone Android untuk mendapatkan password wifi secara langsung adalah dengan melakukan konfigurasi IP Address.

Cara ini termasuk trik yang sangat mudah untuk diikuti, dan biasanya tidak pernah gagal. Meski begitu, perhatikan bahwa cara membobol password wifi yang satu ini digunakan jika jaringan internet dari wifi menggunakan router modem, seperti wifi Indihome atau dalam jaringan @wifi.id.

Untuk melakukan trik yang satu ini, kamu perlu mengaktifkan wifi di hp Android terlebih dahulu. Apabila wifi sudah aktif, tentunya kamu bisa melihat apa saja hotspot yang ada di sekitar. Biasanya, @wifi.id merupakan hotspot yang paling mudah ditemui, mengingat ketersediaannya yang makin luas. 

Langkah berikutnya adalah pilih hotspot manapun yang kamu inginkan, lalu sambungkan perangkat dengan hotspot yang diinginkan.

Karena wifi tersebut hanya bisa terhubung jika kamu memasukkan username dan password yang tepat, biasanya akan muncul sebuah pesan pop-up yang membawa kamu ke halaman login hotspot.

bobol password wifiFoto: Pixabay

Nah, pada halaman tersebut, kamu juga bisa temukan halaman mode Modify Network Configuration. Pada halaman Modify Network Configuration tersebut, kamu bisa mulai mengutak-atik IP Address alias alamat IP hotspot yang akan kamu hubungkan dengan perangkat.

Sebagai contoh, jika kamu akan terhubung pada hotspot @wifi.id, IP Address default atau bawaan dari pengaturannya adalah 192.168.1.1. kamu bisa ubah alamat tersebut menjadi 192.168.1.2 lalu buka browser dan ketik http://192.168.1.254.

Apabila cara ini justru membawa kamu ke halaman login, kamu tak perlu cemas karena langkah berikutnya adalah cukup memasukkan username dan password ADMIN atau USER, dan baik username maupun password haruslah sama.

Artinya, kalau kamu masukkan username ADMIN, password-nya juga ADMIN. Kalau sudah, buka halaman Settings dan pilih menu Wifi untuk mengecek username dan password.

Di sana, kamu akan temukan username dan password yang benar untuk login ke hotspot @wifi.id. kamu hanya perlu menggunakan username dan password tersebut.

Cara Membobol Password Wifi di iPhone

bobol password wifi pakai iphoneFoto: Pixabay

Sementara itu, untuk kamu yang menggunakan perangkat iOS seperti iPhone dan iPad, kamu juga bisa membobol password wifi tanpa menggunakan aplikasi atau melakukan jailbreak, kok.

Mirip seperti cara bobol password dengan Android, langkah-langkah untuk perangkat iOS juga bisa dilakukan dengan mengutak-atik IP Address.

Pertama, buka dulu menu Settings, lalu pilih menu Wi-Fi dan aktifkan wifi perangkat. Dengan begitu, kamu bisa lihat apa saja hotspot yang ada di sekitar dan pilih salah satu untuk dihubungkan dengan perangkat iPhone.

Kalau sudah terhubung, tap logo info yang ditkamui dengan simbol huruf "i" di dalam lingkaran pada hotspot pilihan kamu. Setelah itu, kamu bisa cek IP Address Router yang akan ditampilkan di layar perangkat. Hafalkan atau catat alamat IP yang muncul tersebut.

Kemudian, buka browser dan ketikkan alamat IP tersebut. Nantinya, kamu akan dibawa ke halaman login dan cukup isi dengan username dan password ADMIN. Setelah itu, kamu bisa menemukan password wifi yang tepat.

Nah, itulah trik yang bisa kamu lakukan untuk membobol password wifi secara langsung dari smartphone Android maupun iOS kamu tanpa menggunakan aplikasi maupun root atau jailbreak. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan.

Tidak Semua Jaringan Wifi di Tempat Umum Gratis

wifi gratisFoto: Unsplash (Bernard Hermant)

Tidak semua koneksi wifi bisa dinikmati dengan bebas. Pasalnya, banyak pemilik sambungan wifi yang mengatur password sehingga hanya pengguna yang memiliki password yang bisa menghubungkan perangkat mereka ke jaringan wifi tersebut.

Hal ini umum terjadi bukan hanya untuk koneksi wifi rumah, kosan, maupun kantor, tapi juga wifi di tempat-tempat umum.

Beberapa contohnya adalah jaringan wifi.id milik Telkom, wifi di mall, atau wifi yang disediakan secara gratisan oleh pemilik kafe bagi pelanggannya.

Jadi, meskipun wifi-nya gratis, kamu tetap harus keluar uang untuk membeli minuman atau makanan di kafe tersebut agar bisa mendapatkan password wifi-nya.

Pastinya, password wifi bersifat rahasia. Bahkan, kamu yang sudah mendapatkan password wifi – misalnya dari kafe atau coffee shop – pun tak jarang harus meminta password yang baru ketika kamu berkunjung lagi di lain waktu.

Pasalnya, dengan mengubah password wifi, pemilik jadi merasa lebih tenang dan tak perlu khawatir wifi-nya kebobolan. Hal yang sama juga sering dilakukan oleh pemilik wifi rumah maupun kantor.

Hati-hati Membobol Password Wifi dengan Aplikasi

bahaya wifi gratisanFoto: Pixabay

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan password wifi secara gratisan. Salah satunya adalah cara membobol wifi dengan Hp, baik itu Hp Android maupun iOS (iPhone atau iPad) yang kami jabarkan di atas.

Umumnya, kamu juga bisa temukan berbagai aplikasi yang tersedia di Google Playstore (Android) maupun App Store (iOS) yang bisa bantu kamu mendapatkan password wifi dengan mudah, termasuk aplikasi yang tidak mengharuskan kamu untuk melakukan root atau jailbreak perangkat.

Meski demikian, penggunaan aplikasi yang mengklaim bisa membantu kamu membobol password wifi juga memiliki risikonya sendiri, lho.

Misalnya risiko infeksi virus maupun malware yang membahayakan, bahkan yang sampai bisa mencuri data-data penting di dalam perangkat kamu tanpa diketahui.

Tentu saja, meskipun aplikasi tersebut menguntungkan kamu dengan wifi gratisan, apakah kamu yakin ingin tetap menggunakan cara membobol password wifi lewat HP tersebut dengan keamanan dan kerahasiaan data pribadi kamu sebagai taruhannya?

Untuk menghindarinya, manfaatkan beberapa cara membobol password wifi lewat Hp tanpa aplikasi dan tanpa harus menggunakan laptop.

Jadi, cukup dengan hp, kamu bisa dengan mudah menggunakan wifi gratisan kapan saja dan di mana saja dengan risiko kehilangan privasi yang jauh lebih rendah. Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.