Cara Membobol Password Wifi di Hp Android dan iOS

Oleh Restu Aji Siswanto updated Selasa, 19 Mei 2020 | 10:44

membobol password wifi lewat hp
Saat ini, internet wifi telah menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, termasuk di Indonesia. Nah, koneksi wifi ini biasanya bisa diakses dengan mudah, termasuk di tempat umum. Namun, tidak semua jaringan wifi bisa diakses dengan gratis. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membobol password wifi lewat hp tanpa aplikasi.

Selain mengandalkan sambungan internet yang tersedia dari penyedia layanan seluler (provider) pilihan Anda, ada juga koneksi internet lewat wifi. Bahkan, sambungan internet dari wifi banyak dimanfaatkan sebagai cara untuk menghemat kuota internet yang cenderung terbatas.

Dengan internet, siapa saja bisa saling berkomunikasi dan mendapatkan informasi, berita, hingga hiburan dengan mudah, cukup dengan menggunakan satu perangkat saja. Selain membobol password wifi dari laptop, kita juga bisa melakukannya lewat hp.

Cara Membobol Password Wifi di Hp Android

membobol password wifi hp androidFoto: Pixabay

Salah satu cara membobol wifi tanpa aplikasi di hp yang paling umum dilakukan pemilik smartphone Android untuk mendapatkan password wifi secara langsung adalah dengan melakukan konfigurasi IP Address.

Cara ini termasuk trik yang sangat mudah untuk diikuti, dan biasanya tidak pernah gagal. Meski begitu, perhatikan bahwa cara membobol password wifi yang satu ini digunakan jika jaringan internet dari wifi menggunakan router modem, seperti wifi Indihome atau dalam jaringan @wifi.id.

Untuk melakukan trik yang satu ini, Anda perlu mengaktifkan wifi di hp Android terlebih dahulu. Apabila wifi sudah aktif, tentunya Anda bisa melihat apa saja hotspot yang ada di sekitar. Biasanya, @wifi.id merupakan hotspot yang paling mudah ditemui, mengingat ketersediaannya yang makin luas. 

Langkah berikutnya adalah pilih hotspot manapun yang Anda inginkan, lalu sambungkan perangkat dengan hotspot yang diinginkan. Karena wifi tersebut hanya bisa terhubung jika Anda memasukkan username dan password yang tepat, biasanya akan muncul sebuah pesan pop-up yang membawa Anda ke halaman login hotspot.

bobol password wifiFoto: Pixabay

Nah, pada halaman tersebut, Anda juga bisa temukan halaman mode Modify Network Configuration. Pada halaman Modify Network Configuration tersebut, Anda bisa mulai mengutak-atik IP Address alias alamat IP hotspot yang akan Anda hubungkan dengan perangkat.

Sebagai contoh, jika Anda akan terhubung pada hotspot @wifi.id, IP Address default atau bawaan dari pengaturannya adalah 192.168.1.1. Anda bisa ubah alamat tersebut menjadi 192.168.1.2 lalu buka browser dan ketik http://192.168.1.254.

Apabila cara ini justru membawa Anda ke halaman login, Anda tak perlu cemas karena langkah berikutnya adalah cukup memasukkan username dan password ADMIN atau USER, dan baik username maupun password haruslah sama. Artinya, kalau Anda masukkan username ADMIN, password-nya juga ADMIN.

Kalau sudah, buka halaman Settings dan pilih menu Wifi untuk mengecek username dan password. Di sana, Anda akan temukan username dan password yang benar untuk login ke hotspot @wifi.id. Anda hanya perlu menggunakan username dan password tersebut.

Cara Membobol Password Wifi di Hp iOS

bobol password wifi pakai iphoneFoto: Pixabay

Sementara itu, untuk Anda yang menggunakan perangkat iOS seperti iPhone, Anda juga bisa membobol password wifi tanpa menggunakan aplikasi atau melakukan jailbreak, kok. Mirip seperti cara bobol password dengan Android, langkah-langkah untuk perangkat iOS juga bisa dilakukan dengan mengutak-atik IP Address.

Pertama, buka dulu menu Settings, lalu pilih menu Wi-Fi dan aktifkan wifi perangkat. Dengan begitu, Anda bisa lihat apa saja hotspot yang ada di sekitar dan pilih salah satu untuk dihubungkan dengan perangkat iPhone.

Kalau sudah terhubung, tap logo info yang ditandai dengan simbol huruf "i" di dalam lingkaran pada hotspot pilihan Anda. Setelah itu, Anda bisa cek IP Address Router yang akan ditampilkan di layar perangkat. Hafalkan atau catat alamat IP yang muncul tersebut.

Kemudian, buka browser dan ketikkan alamat IP tersebut. Nantinya, Anda akan dibawa ke halaman login dan cukup isi dengan username dan password ADMIN. Setelah itu, Anda bisa menemukan password wifi yang tepat.

Nah, itulah trik yang bisa Anda lakukan untuk membobol password wifi secara langsung dari smartphone Android maupun iOS Anda tanpa menggunakan aplikasi maupun root atau jailbreak. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan.

Tidak Semua Jaringan Wifi di Tempat Umum Gratis

wifi gratisFoto: Unsplash (Bernard Hermant)

Tidak semua koneksi wifi bisa dinikmati dengan bebas. Pasalnya, banyak pemilik sambungan wifi yang mengatur password sehingga hanya pengguna yang memiliki password yang bisa menghubungkan perangkat mereka ke jaringan wifi tersebut. Hal ini umum terjadi bukan hanya untuk koneksi wifi rumah, kosan, maupun kantor, tapi juga wifi di tempat-tempat umum.

Beberapa contohnya adalah jaringan wifi.id milik Telkom, wifi di mall, atau wifi yang disediakan secara gratisan oleh pemilik kafe bagi pelanggannya. Jadi, meskipun wifi-nya gratis, Anda tetap harus keluar uang untuk membeli minuman atau makanan di kafe tersebut agar bisa mendapatkan password wifi-nya.

Pastinya, password wifi bersifat rahasia. Bahkan, Anda yang sudah mendapatkan password wifi – misalnya dari kafe atau coffee shop – pun tak jarang harus meminta password yang baru ketika Anda berkunjung lagi di lain waktu.

Pasalnya, dengan mengubah password wifi, pemilik jadi merasa lebih tenang dan tak perlu khawatir wifi-nya kebobolan. Hal yang sama juga sering dilakukan oleh pemilik wifi rumah maupun kantor.

Hati-hati Membobol Password Wifi dengan Aplikasi

bahaya wifi gratisanFoto: Pixabay

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan password wifi secara gratisan. Salah satunya adalah cara membobol wifi dengan Hp, baik itu Hp Android maupun iOS (iPhone atau iPad) yang kami jabarkan di atas.

Umumnya, Anda juga bisa temukan berbagai aplikasi yang tersedia di Google Playstore (Android) maupun App Store (iOS) yang bisa bantu Anda mendapatkan password wifi dengan mudah, termasuk aplikasi yang tidak mengharuskan Anda untuk melakukan root atau jailbreak perangkat.

Meski demikian, penggunaan aplikasi yang mengklaim bisa membantu Anda membobol password wifi juga memiliki risikonya sendiri, lho. Misalnya risiko infeksi virus maupun malware yang membahayakan, bahkan yang sampai bisa mencuri data-data penting di dalam perangkat Anda tanpa diketahui.

Tentu saja, meskipun aplikasi tersebut menguntungkan Anda dengan wifi gratisan, apakah Anda yakin ingin tetap menggunakan cara membobol password wifi lewat HP tersebut dengan keamanan dan kerahasiaan data pribadi Anda sebagai taruhannya?

Untuk menghindarinya, manfaatkan beberapa cara membobol password wifi lewat Hp tanpa aplikasi dan tanpa harus menggunakan laptop. Jadi, cukup dengan hp, Anda bisa dengan mudah menggunakan wifi gratisan kapan saja dan di mana saja dengan risiko kehilangan privasi yang jauh lebih rendah. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Komentar