Biar Main Game Makin Seru, Catat Tips Membeli Hp Gaming!

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 17 Jan 2020 | 23:36

tips membeli hp gaming
Apakah Anda senang main game di hp? Kemajuan teknologi kini membuat Anda semakin mudah melakukan apa saja termasuk main game. Kini hp tidak hanya bisa dipakai sebagai alat komunikasi, tetapi juga perangkat elektronik untuk hiburan. Ini sangat menguntungkan terutama bagi para pecinta game yang senang memainkannya kapan saja dan di mana saja. Salah satu hp gaming terbaik adalah Black Shark 2 Pro. Jadi, hp ini memang merupakan smartphone yang khusus diciptakan untuk main game.

Pada dasarnya, fungsi dari gaming phone atau smartphone untuk gaming ini sama seperti hp yang biasanya. Hanya saja, kalau hp gaming dirancang dengan spesifikasi yang jauh lebih dioptimalkan lagi, untuk mendukung aktivitas gaming Anda. Jadi, hp ini sendiri memiliki spesifikasi, fitur, menu, yang mirip serupa dengan smartphone pada umumnya.

Memang sedikit berbeda jika dilihat dari desainnya yang lebih gahar, dan pastinya banyak perbedaan pada aspek dapur pacunya. Bisa jadi Anda sudah menggunakan hp gaming ini untuk gadget sehari-hari Anda. Namun, barangkali Anda baru pertama kali ini akan membelinya. Catat dahulu sejumlah tipsnya untuk Anda.

Tips untuk Membeli Hp Gaming Terbaik

Ada begitu banyak merek hp yang dijual di pasaran. Tentu saja ini terkadang membuat Anda bingung. Apalagi, jika Anda baru pertama kalinya hendak membeli hp gaming yang Anda idamkan. Tenang saja, karena hp gaming memang diciptakan khusus dengan spesifikasi yang sudah sangat dioptimalkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk kualitas hp tersebut. Namun, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan dahulu berbagai tips untuk membeli hp gaming yang paling tepat buat Anda, seperti berikut ini:

Memiliki Prosesor dengan Performa Tinggi

Tips Membeli Hp Gaming
Kalau sudah berbicara tentang performa smartphone, maka pertama-tama kita harus mengarahkan fokus kepada CPU dan GPU hp tersebut. Untuk spesifikasi terakhir pada tahun 2018, chip Qualcomm Snapdragon 845 sudah mencapai nilai 270000+ di AnTuTu Benchmark. Kalau mengupas lebih dalam tentang spesifikasinya, Snapdragon 845 diciptakan dengan menggunakan LPP 10nm Samsung dan kemudian di-upgrade menjadi Kryo 385. Sementara, core-nya masih merupakan eight-core atau delapan core.

Jadi, empat core besar memiliki frekuensi maksimum 2.8GHz dan kenaikan performa 25%. Sementara, empat core yang kecil memiliki frekuensi 1.8GHz dan kenakan performa 15%.
Kalau dilihat dari CPU-nya, Snapdragon 845 sudah di-upgrade ke Adreno 630.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, performanya sudah dioptimalkan hingga 30%, rasio konsumsi dayanya juga meningkat 30%, dan efisiensi untuk memproses video meningkat hingga 2.5 kali lipat. Contoh standar performa tinggi tersebut kita ambil dari Qualcomm Snapdragon 845 pada tahun 2018, sementara seri hp Black Shark terbaru sudah dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 855+. Setidaknya, Anda sudah bisa memiliki gambaran akan kecanggihan fitur dan performa hp yang sudah lebih dioptimalkan ini.

Ukuran Layarnya Besar Supaya Nyaman Dipakai

tips membeli hp gaming
Untuk hp gaming, hal yang satu ini bisa dibilang merupakan salah satu syarat utama. Bagaimana bisa Anda memainkan game dengan nyaman apabila layar hp Anda kecil? Apalagi, jika hp tersebut sudah dinamakan gaming phone, tentunya ukuran layarnya sudah disesuaikan secara optimal. Jadi, hal yang perlu Anda perhatikan yakni layar hp untuk gaming minimal harus seukuran 5.5 inci atau lebih.

Kemudian, untuk rasionya, full screen 18:9 lebih baik, karena rasio tersebut menunjukkan layar penuh yang bisa mengoptimalkan pengalaman Anda selama bermain game. Contohnya begini, misalnya Anda sedang memainkan game Clash of Clans (COC), layar besar akan membuat Anda lebih mudah untuk melakukan serangan pada clan war, daripada jika Anda menggunakan layar kecil, ini membuat Anda agak kesulitan ketika akan menyerang dalam game.

Selain itu, para pecinta mobile game biasanya lebih memilih layar besar agar dapat menikmati game dengan interface atau antarmuka yang terlihat memukau. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli hp gaming, coba tentukan dahulu model hp-nya dengan memastikan bahwa layarnya benar-benar besar. Selain itu, pilih juga model hp dengan layar besar tersebut yang paling sesuai dengan kesukaan dan kebutuhan Anda.

Biasanya, kalau melihat orang-orang yang sama-sama gamer, kebanyakan memilih smartphone yang memiliki layar sebesar 5 inci ke atas. Sebab, screen yang lebih besar juga semakin membuat Anda nyaman ketika menggunakannya untuk main game, daripada hp dengan layar di bawah 5 inci.

Mengecek Memori RAM dan ROM Hp

tips membeli hp gaming
ROM merupakan singkatan dari Read-Only Memory, yang biasanya dikenal sebagai penyimpanan internal dalam perangkat mobile. Sementara, RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory, yang merupakan tempat penyimpanan data sementara yang membutuhkan akses cepat, maka dari itu fungsinya yakni untuk menentukan kecepatan transfer data pada hp Anda. Nah, sekarang ini ruang penyimpanan internal yang besar, itu bisa menguntungkan Anda karena memudahkan dalam bermain game yang memiliki grafis tinggi.

Game yang berat dan memiliki resolusi tinggi biasanya berukuran hingga 1GB atau bahkan lebih. Maka dari itu, jika Anda membeli smartphone dengan ruang penyimpanan internal sebesar 64GB atau memang itu gadget gaming phone, maka Anda tidak perlu galau lagi untuk ruang penyimpanan atau storage pada hp Anda. RAM merupakan aspek yang penting dalam sebuah hp gaming. Umumnya, hp di zaman sekarang dibekali RAM minimum 1GB.

Adapun yang membedakan antara satu hp dengan lainnya, meskipun memiliki RAM yang sama, yaitu ada RAM dengan mehahertz rendah dan ada juga RAM dengan megahertz tinggi. Jika Anda ingin mendapatkan smartphone gaming yang bagus, maka pilihlah hp dengan RAM 2GB ke atas.

Dengan kapasitas tersebut, Anda bisa menikmati kecepatan maksimal hp dalam memproses data dan keseluruhan performanya, sangat cocok untuk aktivitas main game di smartphone. Kalau Anda memang ingin membeli smartphone khusus untuk gaming, maka pilihan terbaik yakni RAM 2GB dengan megahertz tinggi.

Memilih Smartphone dengan Desain Tepat

Tips Membeli Hp Gaming

Jika Anda harus memilih gaming phone, biasanya hal pertama yang terpikirkan untuk tampilan hp-nya adalah desainnya yang keren. Memang benar, sebab hp gaming sendiri biasanya didesain dengan model yang kokoh, solid dan gahar, berbeda dengan hp smartphone biasa. Jadi, bayangkan Anda akan membeli game console dan keyboard-nya. Coba perhatikan pada hp tersebut, efek lighting-nya harus keren, kemudian jika memungkinkan logonya bisa menampilkan efek lampu yang menyala.

Jadi, logo hp tersebut bisa dinyalakan atau akan menyala secara otomatis ketika Anda mengaktifkan game mode. Lalu, ketika musik game-nya berbunyi, nyala lampu logonya juga berdinamika mengikuti frekuensi game tersebut, sehingga ini membuat hp Anda terlihat super keren.

Mencari Hp dengan Pengontrol Panas yang Baik

Tips Membeli Hp Gamingimage via Xiaomi

Seperti yang kita tahu bahwa pada perangkat elektronik, termasuk hp, CPU merupakan bagian yang paling cepat panas. Cara paling umum yang bisa diterapkan sebagai solusinya adalah menggunakan alat pendingin seperti cooling pad dan sebagainya. Sementara, pada smartphone biasanya sistem integrasinya relatif tinggi, jadi setiap sisinya sama-sama berisiko cepat mengalami kenaikan suhu menjadi lebih panas.

Anda pun tidak akan bisa menggunakan alat pendingin seperti yang biasa Anda gunakan pada laptop. Untuk itu, Anda bisa memilih hp-hp gaming yang memang sudah dibekali sistem pendingin di dalamnya, salah satunya seperti Black Shark. Dengan begitu, Anda bisa menikmati main mobile game apa saja tanpa perlu khawatir hp Anda cepat panas.

Memastikan Kapasitas Baterainya Besar

tips membeli hp gaming

Daya baterai merupakan faktor yang lebih penting untuk diperhatikan pada hp gaming dibandingkan smartphone biasa. Sebab, jika hp Anda memiliki chipset yang berperforma tinggi, dengan kapasitas RAM besar dan sebagainya, tentu saja konsumsi dayanya juga lebih banyak, terutama saat Anda memainkan game di hp. Ketika Anda main game di hp tersebut, maka processing pada hp Anda itu menjadi lebih berat dibandingkan dengan penggunaan biasa tanpa memainkan game.

Tentu saja ini membuat konsumsi dayanya lebih besar pula. Jadi, kalau Anda ingin main game sepuasnya dengan lega, pilih hp gaming dengan daya baterai sekurang-kurangnya 4.000 mAh. Jadi, Anda bisa bermain game dengan sangat lega tanpa takut lowbat di tengah-tengah permainan.

Mempersiapkan Bujet Buat Membeli Hp

tips membeli hp gaming
Spesifikasinya yang tinggi membuat hp gaming berbeda dari yang lainnya. Tidak seperti smartphone biasa, hp tersebut memang diciptakan sebagai perangkat untuk main game. Meskipun semua fungsinya sama seperti smartphone pada umumnya, namun komponen internal dan eksternalnya memang cukup berbeda, karena hp ini dirancang agar bisa menampilkan performa tangguh saat digunakan untuk gaming, yang merupakan aktivitas berat pada smartphone. Tidak heran jika harga hp gaming ini berbeda dengan smartphone yang biasa Anda jumpai.

Untuk dapat mengoptimalkan semua fiturnya, hp gaming dibekali dengan prosesor, RAM, daya baterai, hingga rancangan desain yang mau tidak mau memang berspesifikasi lebih tinggi. Hal ini juga yang membuat harga hp-nya dibanderol lebih daripada smartphone yang lainnya. Nah, jika Anda menginginkan hp gaming tersebut, sudah semestinya Anda mempersiapkan bujet untuk membelinya.

Jika Anda memang sudah mempersiapkannya, maka tidak masalah kalau Anda ingin langsung membeli. Namun jika tidak, akan lebih bijak kalau Anda mengetahui lebih dahulu hp gaming yang ingin dibeli beserta spesifikasi dan harganya, baru persiapkan bujetnya.

Solusi Membeli Hp Gaming di Toko Online

tips membeli hp gaming
Salah satu cara paling mudah untuk berhemat ketika Anda ingin membeli hp gaming, yakni dengan membelinya di toko online. Biasanya, ada banyak keuntungan yang bisa Anda nikmati. Pertama, pilihannya lebih lengkap, kadang Anda bahkan bisa mencari smartphone yang biasanya sulit Anda dapatkan ketika mengunjungi gerai fisiknya. Kedua, biasanya berbagai brand hp terkenal termasuk hp gaming meluncurkan produk barunya di toko online.

Peluncuran produk baru tersebut juga menawarkan harga promo yang jelas lebih murah karena ada diskonnya. Jadi, ini juga bisa menjadi keuntungan bagi Anda. Lalu yang ketiga, biasanya ada fitur bebas biaya pengiriman atau gratis ongkos kirim jika Anda belanja dengan nominal tertentu. Ini juga bisa sangat menguntungkan Anda. Untuk memainkan game dengan nyaman di smartphone, pilih hp gaming dengan kualitas terbaik. (ADV)

Artikel Terkait

Komentar