Diperbaharui pada Senin, 13 Desember 2021 | 11:26

6 Kesalahan Saat Hp Kemasukan Air, Jangan Simpan di Dalam Beras!

hp masuk air

Hp kemasukan air tentu merupakan masalah yang menjengkelkan. Namun tidak akan menjadi masalah apabila hp kamu ternyata hp anti-air, dan memang sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Penyebab kemasukan air bisa karena hp tidak kamu jaga dengan baik sewaktu memotret di dekat air sehingga terlepas dari genggaman atau tidak sadar memasukkan hp di kantong ketika mengungsi karena banjir.

Ada banyak cara yang ditawarkan untuk bisa membuat hp kamu berfungsi kembali seperti dulu. Meski begitu tidak semua cara itu benar sehingga akan menyebabkan kerusakan hp kamu bertambah parah.

Hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika hp kemasukan air? Yuk, simak satu per satu!

Hindari Hal Ini Saat Hp Tercebur

hp kecebur

1. Menggoyang-goyangkan serta memencet tombol hp

Apabila hp kemasukan air, otomatis karena panik kamu akan menggoyang-goyangkan hp lalu memencet-mencet tombol.

Padahal, hal tersebut sangat tidak disarankan karena akan mempercepat air masuk lebih ke dalam hp sehingga akan memperparah kerusakan.

2. Mengeringkan pakai oven atau microwave

Karena basah, pikiran pertama yang muncul adalah mengeringkan hp yang kemasukan air. Mencari oven atau microwave untuk mengeringkan hp adalah jawaban normal agar hp cepat kering.

Padahal, cara tersebut sangat tidak direkomendasikan karena suhu tinggi di dalam alat tersebut berpotensi membahayakan komponen listrik dalam hp kamu.

3. Memasukkan ke dalam beras

hp kecebur

Cara ini yang paling sering banyak dilakukan, alasannya, begitu praktis yaitu kata orang. Meski begitu, hal ini tidak disarankan karena beras sendiri banyak mengandung partikel debu yang berbahaya bagi komponen-komponen hp yang terkenal sensitif.

Cara terbaik adalah gunakan saja handuk lalu masukkan ke sebuah wadah tertutup bersamaan dengan silica gel.

4. Mengeringkan dengan hair dryer

Sepertinya merupakan cara yang menarik serta praktis mengeringkan hp dengan hair dryer. Karena dalam pandangan kamu hair dryer akan membuat hp masuk air cepat mengering.

Namun cara ini sekali lagi tidak disarankan karena hair dryer malah akan membuat air masuk ke dalam sehingga akan memperparah kerusakan hp.

5. Memasukkan ke dalam freezer

Cara ini bukan juga yang terbaik atau tidak direkomendasikan karena freezer kulkas hanya akan membekukan air bukan mengeringkan.

Artinya, apabila hp kamu yang sudah beku itu kering malah akan basah sehingga akan membuat air dari bekuan itu mencair dan membasahi hp kamu lagi. Tentu saja hal ini sama saja membahayakan dan memperparah kerusakan hp.

6. Membongkar hp

hp kemasukan air

Hal terakhir yang tidak boleh kamu lakukan ketika hp kamu kemasukan air adalah jangan coba-coba membongkarnya. Mengapa?

Membongkar malah justru akan mempengaruhi garansi apalagi jika garansi pada hp kamu masih berlaku. Hal tersebut nantinya malah akan merugikan kamu.

Apa yang sebaiknya harus dilakukan?

Cara terbaik yang harus kamu lakukan jika hp kamu kemasukan air adalah segera ke tempat servis hp yang andal dan terpercaya. Di sana kamu bisa berkonsultasi mengenai kerusakan serta biaya perbaikannya.

Dengan begitu, kerusakan yang diderita hp kamu tidak akan bertambah parah, dan hp kamu bisa normal kembali. Untuk lebih lengkapnya silakan simak video di bawah ini:

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1641 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.