Diperbaharui pada Selasa, 17 Januari 2023 | 08:06

4 Masalah Umum pada iPhone 11, Jangan Pusing, Ini Solusinya!

masalah pada iphone 11Foto: Apple

Meski terbilang sebagai perangkat hi-end, iPhone 11 tidak luput dari berbagai masalah teknis pada perangkat lunak dan kerasnya. Banyak pengguna iPhone 11 mengeluhkan masalah yang cukup serius, terutama pada pengguna iOS 13.3. 

Masalah-masalah ini ditemukan hampir di semua model iPhone 11 yang menggunakan iOS 13.3, termasuk iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Berikut ini ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Masalah pada Baterai yang Boros

baterai iphone 11

Banyak pengguna iPhone 11 mengeluhkan masa pakai baterai yang menjadi boros setelah mereka meng-update iOS 13, atau lebih tepatnya iOS 13.1.3. Sebenarnya ini adalah masalah yang umum pada perangkat iPhone ketika iOS update dari versi sebelumnya.

Beberapa pengguna melakukan downgrade iOS untuk mengatasi masalah ini, yang memang terbukti sebagai solusi yang paling banyak dipilih. Namun bagi pengguna iPhone 11 yang tetap ingin menggunakan iOS 13, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Solusinya:

Coba lihat aplikasi-aplikasi yang ada pada iPhone 11. Pada beberapa kasus, didapati bahwa aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga menjadi salah satu hal yang menyebabkan baterai iPhone 11 menjadi boros.

Lihat aplikasi apa saja yang paling sering berjalan pada background melalui pengaturan aplikasi di iPhone 11. Pada menu ini, kita bisa melihat seberapa besar daya yang dipakai oleh aplikasi tersebut pada opsi Battery Usage Tool. Jika ada aplikasi yang jarang dipakai, tapi memakan banyak daya baterai, ini yang perlu segera dilihat lebih teliti.

Biasanya, para pengembang aplikasi akan meng-update aplikasi mereka begitu iOS baru dirilis. Ini yang umumnya membuat aplikasi tersebut jadi banyak menyerap daya baterai. Masalah ini biasanya akan kembali normal setelah beberapa waktu.

Selain aplikasi, beberapa pengguna juga melaporkan, baterai iPhone 11 menjadi boros ketika mereka menggunakan kamera. Daya yang terserap juga lumayan banyak, hingga 30 persen setiap jamnya. Untuk yang satu ini, belum ada tanggapan dari pihak Apple sehingga pengguna kesulitan mencari solusinya.

Bila dalam waktu yang lama setelah update sistem operasi ke iOS 13, daya baterai masih boros, coba untuk uninstall aplikasi tersebut dan lihat apakah masa pakai baterai masih boros. Solusi lainnya adalah melakukan downgrade dari iOS 13.3 ke iOS 13.2.3.

Wireless Charging Tidak Berfungsi

iphone 11 wireless charging

Masih berhubungan dengan baterai, masalah lain yang banyak dialami oleh para pengguna iPhone 11 adalah pada saat pengisian daya menggunakan wireless charging. Sistem pada iPhone 11 mengenali charger tersebut, namun daya tidak terisi.

Masalah ini mulai banyak terjadi setelah pengguna melakukan update ke iOS 13.3, yang diduga kuat adalah karena adanya bug pada sistem operasi tersebut, karena ketika pengisian baterai dilakukan menggunakan kabel, daya baterai terisi tanpa masalah.

Pengisian baterai dengan kabel ini menjadi solusi yang paling banyak dilakukan untuk mengatasi masalah pada wireless charging, namun tentunya ini tidak menyelesaikan kendala pada sistem tersebut. 

Solusinya:

Salah satu solusi yang diberikan Apple untuk masalah ini adalah dengan mematikan dan menghidupkan kembali perangkat iPhone 11 setiap kali akan melakukan pengisian daya, yang mana untuk beberapa pengguna, solusi ini berhasil.

Untuk sebuah perangkat hi-end seperti iPhone, tentunya ini bukan solusi jangka panjang yang baik. Apalagi harga iPhone 11 tidak bisa dibilang murah juga. Para pengguna pasti mengharapkan masalah ini tidak pernah terjadi sejak awal.

GPS dan Pelacakan Lokasi Bermasalah

gps ios 13

Sebagai sistem navigasi, fitur GPS pada smartphone cukup penting. Masalah pada GPS ini banyak dilaporkan oleh para pengguna iPhone 11 Pro. Beberapa pengguna mengatasinya dengan cara mematikan pelayanan lokasi.

 

Isu lain terkait lokasi ini adalah ketika baru-baru ini diketahui kalau perangkat hp iPhone 11 secara otomatis melakukan pelacakan data lokasi pengguna tanpa izin. Hal ini tetap terjadi walaupun pengguna sudah mengubah pengaturan privasi.

Meski awalnya Apple menyangkal, namun akhirnya mereka mengakui telah melakukan pelanggaran privasi dan berjanji akan menyelesaikannya, sekaligus memperbaiki sistem pelacakan lokasi ini secepatnya.

Solusinya:

Langkah-langkah untuk melakukannya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Privacy, dan dilanjutkan dengan memilih Location Services. Setelah dimatikan, restart hp iPhone 11 Pro, dan setelah kembali, nyalakan kembali Location Services.

Dengan melakukan ini, memang bisa menjadi solusi yang paling mudah, namun tidak permanen. Karena masalah akan muncul kembali setelah beberapa waktu, dan metode yang sama perlu dilakukan lagi untuk mengatasinya.

Apple berharap solusi ini dapat memuaskan para pengguna iPhone 11.

Sinyal Sering Hilang

jaringan iphone 11

Awalnya, masalah ini dianggap terjadi karena adanya gangguan pada jaringan, namun dengan banyaknya pengguna iPhone 11 yang melaporkan hal serupa, terutama setelah mereka melakukan update ke iOS 13.2.2, hal ini menjadi pembahasan yang serius.

Solusinya:

Solusi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan restart hp iPhone 11. Selain itu, ada satu trik lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sinyal yang hilang, yaitu dengan cara mengaktifkan Airplane Mode.

Caranya cukup mengaktifkan Airplane Mode, reset hp iPhone 11 dan matikan Airplane Mode begitu hp kembali aktif.

Itulah beberapa masalah yang sering timbul pada pengguna iPhone 11 setelah OS diupdate ke iOS 13, dan beberapa masalah dapat diatasi dengan solusi-solusi di atas. Dengan harga iPhone 11 yang premium, seharusnya masalah ini tidak terjadi. Semoga artikel in bisa membantu dan hal ini tidak terjadi lagi.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.