Cara Cek IMEI Xiaomi, Samsung dan Lainnya, BM atau Resmi?

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 11 Okt 2019 | 15:10

Cara cek imei hpimage via pexels

Akhir-akhir ini marak pembicaraan mengenai hp black market atau hp BM. Lalu bagaimana caranya melihat bahwa smartphone yang Anda gunakan adalah produk yang legal untuk dipasarkan di Indonesia? Salah satunya dengan melihat nomor IMEI atau International Mobile Equipment Identity. 

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan merumuskan peraturan mengenai kewajiban para produsen smartphone untuk meregistrasikan nomor IMEI-nya. Nah, apa itu sebenarnya IMEI dan bagaimana fungsinya? Bagaimana caranya melihat nomor IMEI yang ada pada perangkat Anda? Berikut adalah ulasan lengkap cara cek IMEI untuk semua hp, mulai dari Xiaomi, Samsung dan merk lainnya. 

Mengenal IMEI

IMEI adalah serangkaian nomor yang unik untuk mengidentifikasikan perangkat ponsel GSM, WCDMA, iDEN, bahkan juga sebagian perangkat telepon satelit. Setiap perangkat ponsel umumnya memiliki satu buah nomor IMEI tapi bagi perangkat yang menggunakan dual SIM maka nomor IMEI yang dimiliki adalah dua buah.

Nomor ini bisa digunakan oleh penyedia jaringan komunikasi untuk mengidentifikasi perangkat sehingga salah satu fungsinya adalah bisa digunakan untuk mencegah ponsel yang dicuri mengakses jaringan komunikasi yang ada di negara tersebut.

Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 hingga 15 digit nomor yang unik alias tidak ada yang sama antar satu perangkat dengan perangkat yang lain, tipe ponsel juga bisa diidentifikasikan dari rangkaian nomor IMEI tersebut. Jika nomor IMEI tidak terdaftar di produsen dan importir maka perangkat tersebut bisa dinyatakan ilegal. 

Fungsi IMEI

cek imei
IMEI memiliki fungsi antara lain adalah melindungi industri ponsel dalam negeri dari serangan ponsel-ponsel selundupan yang bisa merugikan negara karena artinya ponsel tersebut diedarkan di Indonesia tanpa ada pajak yang dibayarkan ke negara.

Kemudian konsumen juga akan terlindungi dengan adanya IMEI yang diregistrasikan, misalnya ketika ponsel hilang Anda bisa melaporkan kepada jaringan telekomunikasi yang layanannya Anda gunakan kemudian ponsel dengan nomor IMEI tersebut akan diblokir tidak bisa menggunakan layanan akses komunikasi, sehingga tidak bisa disalahgunakan.

Adanya nomor IMEI juga akan memudahkan pengguna ponsel ketika ingin melakukan perbaikan perangkat karena distributor resmi tidak mau melakukan servis jika perangkat tidak punya nomor IMEI atau nomornya tidak terdaftar. Yang tak menarik, Anda juga bisa melacak hp hilang pakai IMEI. Maka dari itu penting bagi pengguna ponsel untuk mengetahui cara cek IMEI hp milik sendiri. 

Cara Mengecek IMEI Hp

cara cek imei
1. Cara cek IMEI Xiaomi

  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih About Phone
  • Pilih Status
  • Pilih IMEI Information
  • Nomor IMEI yang tertera adalah nomor IMEI perangkat Anda, jika perangkat memiliki satu wadah kartu SIM maka nomornya hanya ada satu, sedangkan jika ada dua maka akan ada dua nomor IMEI
  • Anda bisa cek status keaslian perangkat Anda dengan memasukkan nomor IMEI di halaman resmi Xiaomi. 

2. Cara Cek IMEI Hp Samsung

Bagi Anda yang menggunakan perangkat ponsel dari Samsung, berikut adalah cara untuk mengecek nomor IMEI yang dimiliki oleh ponsel yang Anda gunakan:

1. Melalui dial

  • Tekan kode *#06#
  • Tekan tombol call
  • Nomor IMEI Anda akan segera muncul di layar

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengecek nomor IMEI di perangkat merk lain baik ponsel biasa maupun smartphone.

2. Melalui menu

  • Pilih Settings atau masuk ke menu pengaturan yang ada di ponsel Anda
  • Cari pilihan About Phone
  • Pilih kode IMEI 

3. Cara Cek IMEI iPhone

Untuk perangkat iPhone, iPad, maupun iPod yang Anda miliki ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Jika Anda memiliki perangkat yang ingin dicek maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan masuk ke bagian Pengaturan >> Umum >> Mengenai.

Informasi yang muncul di layar adalah informasi yang berkaitan dengan teknis ponsel Anda seperti nama perangkat, tipe, nomor seri, termasuk nomor IMEI yang biasanya ada di bagian bawah. Untuk melihat apakah nomor IMEI sudah didaftarkan atau belum silahkan tekan lama pada nomor IMEI kemudian ketuk Salin lalu lihat di situs dukungan untuk Apple.

Cara cek IMEI hp iPhone lain jika Anda tidak bisa membuka Pengaturan atau ketika perangkat sedang mati, bisa dengan membuka slot SIM card dan melihat di bagian belakang wadah kartu SIM tersebut untuk nomor seri IMEI yang biasanya terdiri dari 14 angka.

Di sebagian seri iPhone, pada body-nya juga tercantum nomor IMEI yang ada di bagian belakang bawah.  Cara cek IMEI hp lainnya untuk produk iPhone dan teman-temannya juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi iTunes. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Sambungkan perangkat ke iTunes
  • Buka iTunes kemudian buka perangkat Anda
  • Pilih Ringkasan
  • Klik nomor telepon untuk melihat IMEI 

4. Cara Cek IMEI Hp Lainnya

Untuk cara cek IMEI hp yang lainnya Anda bisa menekan nomor *#06# apapun perangkat yang Anda gunakan. Pengecekan nomor IMEI juga umumnya diletakkan informasinya di bagian informasi teknis mengenai perangkat yang ada di menu Pengaturan, meski namanya berbeda antar perangkat namun Anda bisa mencari menu dengan makna yang sama dengan “About Phone”.

Selain melakukan panggilan menu, nomor IMEI juga bisa dicek di kemasan asli dari perangkat yang Anda beli. Biasanya nomor IMEI tertera pada label yang ditempelkan di kemasan perangkat bersamaan dengan informasi teknis dan spesifikasi dari perangkat yang Anda beli.

Selain di kemasan, nomor IMEI juga kadang terdapat pada baterai ponsel. Jadi bagi Anda yang menggunakan perangkat yang bisa dibuka bagian baterainya bisa dicek di informasi yang tertera menempel pada baterai.

Selamat Mencoba!

Artikel Terkait

Komentar