Diperbaharui pada Rabu, 17 November 2021 | 17:45

Mengatasi Lupa Kata Sandi Gmail dengan Mudah

Mengatasi Lupa Kata Sandi GmailFoto: Pixabay

Mendadak lupa password Gmail? Tidak usah panik, karena banyak cara untuk mengatasi lupa sandi email Google atau Gmail yang Anda miliki. 

Google sendiri telah memberikan tiga opsi pemulihan melalui alamat email cadangan, melalui nomor telepon, atau melalui menjawab pertanyaan keamanan.

Namun diantara ketiga cara mengatasi lupa kata sandi Gmail tersebut, menggunakan email cadangan menjadi pilihan yang cukup mudah.

Opsi ini kamu rekomendasikan karena bila memilih metode nomor telepon, maka Anda harus menjawab beberapa pertanyaan keamanan yang mungkin juga Anda lupa. Apalagi kalau nomor hp tersebut sudah tidak aktif. 

Jadi solusi termudah bagi yang lupa kata sandi email Google adalah menggunakan email cadangan. Karena di awal membuat akun Gmail ada kebijakan memasukkan email cadangan.

Untuk lebih jelasnya, simak solusinya di bawah ini.

Mengatasi Lupa Kata Sandi Gmail

Untuk mengatasi lupa kata sandi Gmail dengan metode yang kami rekomendasi tersebut, maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

  • Buka Gmail Melalui Browser lalu klik 'Berikutnya'
  • Masukkan Alamat Gmail (yang lupa kata sandinya) lalu klik tombol 'Berikutnya'
  • Langkah selanjutnya klik tombol 'Lupa sandi?' atau 'Forget password?'
  • Google akan memberikan tiga pilihan yaitu pemulihan melalui alamat email cadangan, melalui nomor telepon, atau melalui menjawab pertanyaan keamanan. Pilih yang email cadangan.
  • Masukkan Alamat Cadangan, dan Google akan mengirimkan kode verivfikasi ke alamat email tersebut. Kode ini yang nantinya akan digunakan untuk memulihkan password Gmail Anda.
  • Bila email verifikasi telah terkirim ke alamat email cadangan Anda, maka gunakan kode tersebut untuk memulihkan password Gmail.
  • Setelah mendapatkan kode verifikasinya, Anda bisa menggunakan kode ini untuk memulihkan kata sandi Gmail dengan memasukkannya ke kolom 'Masukkan kode' yang tersedia.
  • Setelah proses tersebut berhasil Anda lakukan, maka akan ada pemberitahuan untuk menunggu selama 3-5 hari kerja untuk pemulihan akun Gmail yang terkunci karena lupa password.

Ini merupakan kebijakan Google untuk melakukan pengecekan terhadap akun Gmail Anda. Setelah disetujui, maka Anda bisa kembali menggunakan Gmail dan password telah dipulihkan.

Nah, semoga cara mengatasi lupa kata sandi Gmail ini bisa bermanfaat, ya!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.