Diperbaharui pada Rabu, 10 Februari 2021 | 12:05

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail, Solusi Ampuh!

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Pixabay

Mendadak lupa password Gmail? Tidak usah panik, karena banyak cara untuk mengatasi lupa sandi email yang Anda miliki. 

Google sendiri telah memberikan tiga opsi pemulihan melalui alamat email cadangan, melalui nomor telepon, atau melalui menjawab pertanyaan keamanan.

Namun diantara ketiga cara mengatasi lupa password Gmail tersebut, menggunakan email cadangan menjadi pilihan yang cukup mudah.

Opsi ini kamu rekomendasikan karena bila memilih metode nomor telepon, maka Anda harus menjawab beberapa pertanyaan keamanan yang mungkin juga Anda lupa. Apalagi kalau nomor hp tersebut sudah tidak aktif. 

Jadi solusi termudah bagi yang lupa password Gmail adalah menggunakan email cadangan. Karena di awal membuat akun Gmail ada kebijakan memasukkan email cadangan. Untuk lebih jelasnya, simak solusinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Untuk mengatasi lupa password Gmail dengan metode yang kami rekomendasi tersebut, maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

1. Buka Gmail Melalui Browser

Buka alamat Gmail

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka Gmail melalui browser. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan laptop, atau desktop PC. Tergantung mana yang menurut Anda lebih nyaman.

Setelah terbuka, klik 'Berikutnya' dan tunggu halaman berubah.

2. Masukkan Alamat Gmail Anda

Masukkan alamat Gmail

Setelah halaman selanjutnya terbuka, masukkan alamat Gmail yang passwordnya tidak Anda ingat tersebut pada kolom 'Email atau Ponsel', lalu klik tombol 'Berikutnya' untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

3. Klik 'Lupa sandi?'

klik lupa password

Langkah selanjutnya, klik tombol 'Lupa sandi?' pada Gmail berbahasa Indonesia, atau 'Forget password?' bila Anda menggunakan Gmail berbahasa Inggris.

Disini Google akan memberikan tiga pilihan yaitu pemulihan melalui alamat email cadangan, melalui nomor telepon, atau melalui menjawab pertanyaan keamanan. Pilih yang email cadangan.

4. Masukkan Alamat Wmail Cadangan Anda

Masukkan alamat email cadangan Anda

Setelah memilih pemulihan kata sandi dengan menggunakan email cadangan, Google akan mengirimkan kode verivfikasi ke alamat email tersebut. Kode ini yang nantinya akan digunakan untuk memulihkan password Gmail Anda.

5. Buka Email Cadangan dan Copy Kode Verifikasi

Buka email cadangan tersebut dan lihat email masuk dr Google yang berisi kode verifikasi

Bila email verifikasi telah terkirim ke alamat email cadangan Anda, maka gunakan kode tersebut untuk memulihkan password Gmail.

6. Masukkan Kode Verifikasi 6 Digit

Balik ke halaman Gmail, masukkan kode verifikasi yang berisi 6 angka, klik berikutnya

Setelah mendapatkan kode verifikasinya, Anda bisa menggunakan kode ini untuk memulihkan kata sandi Gmail dengan memasukkannya ke kolom 'Masukkan kode' yang tersedia.

7. Tunggu Selama 3-5 Hari

7. Akan muncul notifikasi bahwa pemulihan password akan dilakukan dalam waktu 3-5 hari.Setelah proses tersebut berhasil Anda lakukan, maka akan ada pemberitahuan untuk menunggu selama 3-5 hari kerja untuk pemulihan akun Gmail yang terkunci karena lupa password.

Ini merupakan kebijakan Google untuk melakukan pengecekan terhadap akun Gmail Anda. Setelah disetujui, maka Anda bisa kembali menggunakan Gmail dan password telah dipulihkan.

Tips Agar Tidak Lupa Password

gmail
Lupa password akun Gmail maupun akun-akun online lainnya dewasa ini, memang sudah lebih mudah cara mengatasinya. Namun tentu jika Anda sedang terburu-buru, maka melakukan pemulihan akun adalah proses yang memakan waktu.

Agar hal ini tidak terjadi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak mudah lupa password Gmail maupun akun lainnya.

1. Gunakan Password Manager

Password manager adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menyimpan semua kata sandi yang Anda miliki secara aman dan hanya pemiliknya saja yang bisa mengaksesnya.

Dengan demikian Anda bisa memilih kata sandi yang rumit demi keamanan akun kemudian mencatat dan menyimpannya di password manager.

Beberapa aplikasi PM bahkan memiliki fitur auto filling yang bisa mengisi kata sandi secara otomatis tanpa Anda harus mengetik sendiri. 

2. Gunakan Akronim

Menggunakan tanggal lahir sebagai kata sandi adalah cara yang kuno dan sangat tidak aman untuk keamanan akun Anda. Buat kata sandi yang unik dan sulit dipahami orang lain kecuali diri Anda sendiri salah satunya adalah dengan menggunakan akronim.

Pilih kalimat yang mudah Anda ingat seperti misalnya “Nomor rumah saya adalah 20” maka Anda bisa membuat akronim dari kalimat tersebut menjadi kata sandi yaitu “Nrsa20”. 

3. Tulis dalam Kode

Agar tidak lupa password Gmail Anda bisa menuliskan password yang digunakan di atas kertas. Tapi sebaiknya tulis dalam kode bukan kata sandi secara langsung.

Tuliskan dalam kode dengan rumus yang hanya Anda ketahui jawabannya. Dengan demikian jika catatan password dilihat orang, orang lain belum tentu bisa memecahkan kode yang Anda buat sendiri. 

4. Rutin Log Out

Tidak terbiasa mengetikkan kata sandi akun membuat Anda lama kelamaan akan lupa dengan kata sandi yang digunakan. Maka dari itu sebaiknya setelah tidak menggunakan layanan Gmail, langsung log out dan jika butuh kembali tinggal memasukkan alamat email dan password.

Nah, semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya!

Like us!

Komentar

Boobis Haritsah 18 April 2020 - 11:03
Min, saya kan lupa pw gmail ya ,gmail itu tidak ada no tlp dan email pemulihan , lalu saya coba lupa password dan di suruh klik ya dan angka ,saya sudah klik itu ,tetapi tetap saja proses itu masih di situ ,tidak bisa lanjut , solusinya gimana yak min ?