Mengatasi Lupa Password Gmail Tanpa Buat Akun Baru

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 30 Okt 2019 | 18:55

Mengatasi Lupa Password Gmailimage via Pexels

Mendadak lupa password Gmail? Tidak usah panik, karena banyak cara untuk mengatasi lupa sandi email yang Anda miliki. Cukup reset password Gmail lalu ganti dengan password baru, sehingga Anda bisa login kembali tanpa harus membuat akun baru.

Tapi harus diketahui bahwa efek dari lupa sandi ini Anda tidak bisa membuka akun Gmail, termasuk membaca maupun mengirim email. Solusi gampangnya bisa dilakukan menggunakan hp (Android khususnya), karena tidak perlu lagi memasukkan sandi untuk membuka Gmail. Namun akan berbeda ketika ingin menggunakan laptop atau PC) yang mengharuskan pemakaian kata sandi untuk login.

Dan kasus pengguna yang lupa dengan password akun Gmail mereka memang tidak sedikit. Umumnya, pengguna yang lupa kata sandi email ini memiliki banyak akun (termasuk sosmed) seperti akun Facebook, akun Instagram dan sebagainya (belum termasuk akun-akun lain). Dimana setiap akun membutuhkan password untuk login.

Password itulah yang akan melindungi setiap akun yang Anda miliki. Jadi harus benar-benar dijaga kerahasiaannya, jangan sampai diketahui orang lain. Itu sebabnya password harus dibuat sesulit mungkin, termasuk mengombinasikan antar hurus dan angka. Tapi terkadang justru kombinasi itu yang membuat si pemilik akun sering lupa dengan passwordnya sendiri.

Baca juga:
Cara Buat Akun Gmail Baru Kurang dari 5 Menit
Cara Hapus Akun Gmail

Nah, untuk mengatasi lupa password Gmail tersebut kami akan coba berikan solusinya. Cukup melakukan reset password Gmail lalu ganti dengan password baru. Berikut cara lengkapnya :

Mengatasi Lupa Password Gmail

1. Reset Password Gmail

Mengatasi lupa passwordKetika lupa password Gmail, hal pertama yang harus dilakukan adalah meresetnya. Anda bisa meminta password baru kepada Google asalkan lolos proses autentifikasi untuk memastikan bahwa yang menginginkan password baru ke Google memang adalah pemilik aslinya. Password yang diberikan nantinya adalah password yang acak dan bisa di ganti sendiri dengan password yang lebih mudah untuk Anda ingat.

Untuk bisa memulihkan akun yang kelupaan password-nya, Google akan memberikan tiga pilihan yaitu pemulihan melalui alamat email cadangan, melalui nomor telepon, atau melalui menjawab pertanyaan keamanan. Berikut cara reset dan mendapatkan password Gmail baru dari Google : 

  • Ketika ingin masuk ke akun Gmail tapi lupa password, Anda bisa mengklik “Lupa password” untuk memulai langkah memulihkan akun
  • Masukkan alamat email Gmail Anda atau nomor telepon yang didaftarkan ke Google untuk memulihkan akun
  • Google akan mengajukan beberapa pertanyaan pada Anda untuk memastikan bahwa akun tersebut benar milik Anda, Anda bisa memilih mana pertanyaan yang Anda yakin jawabannya juga direkam oleh Google ketika Anda mendaftar akun Gmail dulu
  • Setelah pertanyaan dijawab dengan benar Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang biasanya dikirimkan ke alamat email cadangan Anda atau nomor telepon, kemudian masukkan kode tersebut ke halaman autentifikasi pemulihan akun
  • Setelah diverifikasi Anda akan diminta untuk membuat password yang baru dan gunakan password tersebut untuk masuk ke akun Gmail Anda. 

2. Login dengan Password Gmail Baru

Mengatasi lupa passwordBagi Anda yang lupa password Gmail setelah dilakukan proses verifikasi yang meyakinkan Google bahwa akun tersebut memang akun milik Anda, Google akan memberikan kesempatan pada Anda untuk membuat password yang baru. Setelah membuat password baru, Anda bisa membuka menggunakan kata sandi tersebut untuk masuk ke akun Gmail seperti biasa.

Masukkan alamat email Gmail Anda kemudian ketikkan kata sandi yang baru Anda buat. Agar proses verifikasi bisa tetap mudah jika suatu hari nanti Anda lupa password Gmail lagi, pastikan alamat email cadangan dan juga nomor ponsel yang Anda daftarkan untuk kontak pemulihan akun Gmail masih aktif.

Karena keduanya memiliki fungsi penting bagi Google untuk mengirimkan kode verifikasi, jika alamat email cadangan dan nomor ponsel sudah tidak aktif lagi maka buatlah perubahan pada akun Gmail atau akun Google Anda.

Tips Agar Tidak Lupa Password

gmail
Kelupaan password akun Gmail maupun akun-akun online yang lainnya sekarang memang sudah lebih mudah cara mengatasinya namun tentu jika Anda sedang terburu-buru harus melewati proses pemulihan akun adalah proses yang memakan waktu. Berikut adalah tipsnya agar tidak lagi mudah lupa password Gmail maupun akun yang lainnya: 

1. Gunakan password manager

Password manager adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menyimpan semua kata sandi yang Anda miliki secara aman dan hanya pemiliknya saja yang bisa mengaksesnya. Dengan demikian Anda bisa memilih kata sandi yang rumit demi keamanan akun kemudian mencatat dan menyimpannya di password manager. Beberapa aplikasi PM bahkan memiliki fitur auto filling yang bisa mengisi kata sandi secara otomatis tanpa Anda harus mengetik sendiri. 

2. Gunakan akronim

Menggunakan tanggal lahir sebagai kata sandi adalah cara yang kuno dan sangat tidak aman untuk keamanan akun Anda. Buat kata sandi yang unik dan sulit dipahami orang lain kecuali diri Anda sendiri salah satunya adalah dengan menggunakan akronim. Pilih kalimat yang mudah Anda ingat seperti misalnya “Nomor rumah saya adalah 20” maka Anda bisa membuat akronim dari kalimat tersebut menjadi kata sandi yaitu “Nrsa20”. 

3. Tulis dalam kode

Agar tidak lupa password Gmail Anda bisa menuliskan password yang digunakan di atas kertas. Tapi sebaiknya tulis dalam kode bukan kata sandi secara langsung. Tuliskan dalam kode dengan rumus yang hanya Anda ketahui jawabannya. Dengan demikian jika catatan password dilihat orang, orang lain belum tentu bisa memecahkan kode yang Anda buat sendiri. 

4. Rutin log out

Tidak terbiasa mengetikkan kata sandi akun membuat Anda lama kelamaan akan lupa dengan kata sandi yang digunakan. Maka dari itu sebaiknya setelah tidak menggunakan layanan Gmail, langsung log out dan jika butuh kembali tinggal memasukkan alamat email dan password.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Komentar