Cara Root Hp Tercepat Tanpa Pakai PC atau Laptop

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 13 Feb 2020 | 13:35

Cara Root Hp Android Termudahimage via techooid.com

Root hp (terutama hp Android) sering dianggap cuma bisa dilakukan oleh para tukang servis atau orang-orang yang jago mengoprek. Karena cara root hp harus melalui proses yang ribet. Namun aktivitas me-rooting hp sebenarnya dapat dipelajari sendiri dan sudah banyak panduan cara root hp Android di internet. Apalagi kini sudah bisa rooting hp langsung di hp tanpa pakai PC atau laptop.

Namun sebelum membahas lebih lanjut, sebaknya pahami dulu soal root hp ini. Root adalah proses yang memberikan ijin akses pemakaian dan pengendalian sepenuhnya bagi pengguna Android. Nah, setiap perusahaan pembuat hp Android menerapkan standar khusus yang membatasi pemakaian dan pengendalian sistem dengan alasan tertentu. Pemberlakuan standar ini berlaku untuk setiap jenis perangkat android mulai dari smartphone, tab, hingga smart tv. 

Dan seiring berkembangnya varian tipe dan kecanggihan teknik menguliknya, hampir semua jenis hp Android dapat di-root. Beberapa diantaranya bahkan dari merk-merk hp populer seperti XiaomiOPPO, hingga Samsung.

Cara root hp Xiaomi, OPPO, atau Samsung bisa Anda lakukan dengan mendatangi jasa profesional atau dengan melakukannya sendiri. Tidak perlu khawatir karena kami akan membahas beberapa dasar teknik root untuk jenis-jenis hp Android seperti Xiaomi, OPPO, dan Samsung. 

  

Cara Root Hp Android

cara root hpimage via androidcentral.com

Awalnya, proses root hp Android cuma bisa dilakukan melalui PC atau komputer. Sekarang pun masih banyak orang yang menggunakan PC untuk melakukan root dengan PC karena dianggap lebih stabil dan cepat. Namun sebenarnya sudah banyak aplikasi root yang dapat kita gunakan untuk melakukan proses rooting di masing-masing hp Android.

Sejumlah pilihan aplikasi untuk root hp Android adalah FrameRoot, Root Genius, dan KingRoot. Berikut cara-cara dasar melakukan root dengan aplikasi:

1. FrameRoot

Aplikasi ini tersedia di Playstore. Silakan unduh dan pasang di perangkat android Anda. Setelah proses instalasi selesai, klik aplikasi ini lalu pilih Instal SuperSU yang disusul munculnya dua menu yaitu Aragorn dan Gandalf. Keduanya sama-sama berfungsi untuk tujuan root, namun yang paling sering digunakan adalah menu Gandalf. Klik menu itu dan tunggu prosesnya hingga selesai. Setelah itu, restart perangkat Android dan Anda tinggal menjalankan proses root.

2. Root Genius

Instal aplikasi ini setelah mengunduhnya dari Playstore. Setelah terpasang, langsung klik saja di aplikasi itu dan tunggu prosesnya hingga selesai.

3. KingRoot

Aplikasi ini juga tersedia di Playstore dan lakukan prosesnya sama persis dengan rangkaian proses di atas.

Tiga metode di atas merupakan yang paling sering dilakukan dan direkomendasikan bagi yang hendak belajar melakukan root hp. Nah, bagaimana dengan tipe-tipe hp tertentu, apakah butuh teknik dan aplikasi khusus? Mari kita lanjutkan di bawah ini untuk metode root Android hp merek Xiaomi, OPPO, dan Samsung. 

Cara Root Hp Berdasarkan Merk

cara root hp
1. Cara Root Hp Xiaomi

Proses root untuk hp Xiaomi tidak dapat dilakukan dengan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya. Anda harus menggunakan aplikasi khusus yaitu Root Xiaomi yang bisa didapatkan gratis. Urutan langkahnya sebagai berikut:

  1. Pilih menu setting > about > di Miui Version silahkan ketuk tujuh kali > balik lagi ke additional setting > developer option > enable USB debugging.
  2. Balik lagi ke additional setting, kemudian cari privacy > aktifkan unknown source.
  3. Unduh aplikasi Root Xiaomi, instal, kemudian jalankan proses root. 

2. Cara Root Hp OPPO

Cara root hp merek ini agak kompleks karena masing-masing seri harus melakukan teknik yang sedikit berbeda-beda. Sebagian besar tipe bootloader OPPO juga masih dalam keadaan lock sehingga kita mesti melakukan unlock bootloader. Berikut ini kita menggunakan contoh root hp OPPO seri F5:

  1. Pastikan sudah melakukan proses unlock bootloader. Jika belum, Anda bisa melakukan caranya dari tutorial berdasarkan seri OPPO.
  2. Cari aplikasi KingRoot versi paling baru di Playstore lalu instal.
  3. Setelah proses instalasi selesai, pilih menu Try It yang muncul di layar kemudian pilih Get Now.
  4. Tunggu sekitar 2 hingga 5 menit. Hape OPPO Anda sudah selesai di-root. 

3. Cara Root Hp Samsung

hp Samsung juga bisa di-root dengan melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Bukalah menu setting > security > device administration > aktifkan unknown source.
  2. Instal aplikasi Kingroot yang diperoleh dari Playstore dan pastikan versi terbaru.
  3. Langsung lakukan proses root dengan memilih menu Start Root, tunggu beberapa menit hingga prosesnya selesai.
  4. Restart hp. 

Fungsi Root Hp

fungsi root
Dari namanya yang diambil dari Bahasa Inggris dan bermakna akar, fungsi root hp adalah menelusuri sistem operasi hingga yang paling dasar/akar/inti, sehingga pengguna akhirnya dapat membuka akses yang sebelumnya terbatas. Jadi, proses root dimaksudkan supaya pengguna hp dapat mengubah, mengedit, dan memodifikasi semua hal yang terpasang di dalam sistem. 

Dengan melakukan proses root, ada sejumlah keuntungan yang didapatkan pengguna hp, yaitu:

  • Memungkinkan instalasi dan penggunaan aplikasi perangkat dari layanan hingga games.
  • Memaksimalkan fitur-fitur hp yang sebelumnya terbatasi akibat penerapan sistem standar perusahaan.
  • Meringankan kapasitas memori internal karena memungkinkan transfer/pemindahan data termasuk aplikasi-aplikasi bawaan/standar perusahaan.
  • Mengoptimasi RAM sehingga proses kinerja android jadi lebih cepat dan ringan.
  • Menghemat pemakaian daya baterai.
  • Overclock prosesor Android sehingga performa meningkat hingga 30 persen.
  • Backup data jadi lebih mudah dan aman.
  • Memodifikasi tampilan/tema Android.

Resiko Root Hp

Sebelum melakukan proses root pastikan kondisi daya baterai mencukupi atau penuh dan koneksi internet yang stabil. Selama proses root berlangsung, tunggu sampai prosesnya selesai dan jangan diinterupsi dengan memencet tombol apa pun. 

Yang harus menjadi perhatian, tidak semua perangkat sudah kompatibel dengan cara root hp di atas. Serta harus siap menerima resiko rooting Android seperti hp eror atau tidak mau menyala dan beberapa lainnya. Jadi pastikan Anda sudah siap dengan resiko tersebut. Berani mencoba?

Artikel Terkait

Komentar

Lukman Lucky-Guy Selasa, 29 Okt 2019 | 16:56
Root HP Advan Gw Cmn 5 Menit Pake Kingroot...