Diperbaharui pada Rabu, 27 Maret 2024 | 15:00

6 Cara Mengubah Tulisan dan Font WA Biar Aesthetic

whatsapp

Siapa sih yang tidak menggunakan WhatsApp? Yup, WhatsApp yang biasa disingkat dengan WA merupakan aplikasi chat nomor satu di dunia dengan lebih dari 2,5 milyar pengguna.

Selain mudah, semua fitur WA memungkinkan pemakaian yang nyaman, cepat, dan sangat efektif untuk berbagai tujuan mulai dari media komunikasi pribadi hingga bisnis. 

Lebih serunya lagi, tulisan di WA bisa kita ganti lebih menarik dan unik. Kita bisa mengubah tulisan di WA dengan huruf miring, tulisan huruf tebal hingga hurufnya menjadi terbalik.

Tidak hanya ubah tulisan saja, kita juga bisa mengganti font di WA dalam berbagai bentuk dan gaya langsung dari hp. Jadi tidak monoton dengan font yang itu-itu saja.

Fitur-fitur mengubah tulisan inilah yang kian menambah jumlah pengguna WA. Tapi apakah kamu sudah tau cara mengubah tulisan di WA agar menjadi lebih aesthetic?

Untuk itu, Pricebook akan coba menjelaskan cara mengubah tulisan di WA agar lebih aesthetic serta jenis modifikasi seperti apa yang dapat kita lakukan dengan font WA dan cara membuatnya.

Yuuk langsung simak ulasannya berikut ini.

Cara Megubah Tulisan di WA

1. Mengubah Tulisan WA dengan Font Tebal

Mengubah Font WhatsApp Teks Tebal
Cara membuat tulisan aesthetic di WA bisa mengubahnya menjadi teks tebal di chat yaitu dengan menambahkan simbol bintang di depan dan akhir kata yang hendak kita pertebal. 

Contoh penulisan : *Pricebook* 

2. Mengubah Tulisan WA dengan Font Miring

Mengubah Font WhatsApp Teks Miring
Sering membaca teks berbentuk miring di grup WA? Cara mengubah tulisan di WA menjadi teks miring ternyata sangat gampang. Tinggal menambahkan simbol underscore di depan dan akhir kata yang hendak kita miringkan. 

Contoh penulisan : _Pricebook_

3. Mengubah Tulisan WA dengan Font Tercoret

Mengubah Font WhatsApp Teks Tercoret
Untuk mengubah tulisan WA menjadi lebih esthetic dengan membuat teks tercoret cukup menambahkan simbol garis melengkung di bagian depan dan akhir kata. 

Contoh penulisan : ~Pricebook~ 

4. Mengubah Tulisan WA dengan Font Miring, Tebal, dan Tercoret

Mengubah Font WhatsApp Teks Miring, Tebal, dan Tercoret
Kita juga dapat mengkombinasikan tiga bentuk di atas dalam sebuah kata atau kalimat. Caranya dengan menempatkan masing-masing simbol secara proporsional. 

Contoh penulisan : *_~Pricebook~_* 

5. Mengubah Tulisan WA dengan FixedSys

Mengubah Font WhatsApp dengan FixedSys
FixedSys adalah font yang kita jumpai pemakaiannya di Notepad. Jenis font ini juga standar yang digunakan di Windows 95, 98, dan Windows Me. Dan WA sudah menunjang pemakaian font ini.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Tambahkan 3 simbol tanda petik miring di awal dan akhir kata. Contoh penulisan : ```Pricebook``` 

Tapi biasanya ada satu masalah teknis di sebagian hp yakni tidak adanya simbol tersebut dalam keyboard default. Beberapa jenis perangkat memang tidak menunjang ketersediaan sejumlah font tertentu.

Hal itu menjelaskan kenapa ada sebagian teks atau emoticon yang tidak terbaca ketika berkomunikasi dengan pengguna perangkat Android dengan smartphone tipe berbeda.

Namun jangan khawatir karena kamu masih bisa menerapkan cara ini jika menginstal aplikasi Go Keyboard atau SwiftKey. 

6. Mengubah Tulisan WA dengan Font Terbalik

Mengubah Font WhatsApp Teks Terbalik
Mau iseng dengan lawan bicara Anda atau bikin penasaran orang-orang di grup dengan cara mengubah tulisan di WA menjadi teks terbalik?

Cara ini dapat kamu lakukan namun harus menggunakan aplikasi Upside Down (Flip Text) di Playstore. Setelah diinstal, aktifkan aplikasi itu dan tuliskan kata/kalimat yang hendak dibalik.

Setelah muncul hasilnya tinggal disalin ke kolom chat WA. Ya, cara ini memang agak rumit karena ada proses pengolahan dulu sebelum dipindah ke WA. Tapi prosesnya tidak lama. 

Cara Mengubah Font WA

Jika cara di atas untuk ubah tulisan agar lebih aesthetic menjadi miring, terbalik atau tebal, kini beralih untuk mengganti font WA agar terlihat unik dan lebih berbeda. Tapi menggunakan bantuan aplikasi.

Disini kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi perubah font WA yang banyak tersedia di Play Store. Cara untuk mengubah font WA ini cocok untuk kamu yang ingin mengeksplorasi lebih jauh.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut pilihan aplikasi-aplikasi perubah font untuk mengubah font text aesthetic di WA menjadi lebih unik dan menarik. 

1. Stylish Text

Stylish Text
Aplikasi yang menyediakan 90 pilihan font aesthetic yang dapat kita gunakan di WA. Caranya dengan menuliskan teks ke dalam kolom aplikasi, memilih font, kemudian mengirimkannya via ikon WA yang tersedia.

2. TextArt

TextArt
Cara seru mengubah font WA sehingga tampilannya jadi berwarna. Caranya ialah menuliskan teks ke dalam kolom aplikasi dan menggunakan salah satu pilihan warna default.

Namun kamu juga bisa memodifikasinya untuk mengganti gambar latar belakang, mengganti warna outline atau highlight huruf, mengganti huruf, dan tampilan teks.

3. HiFont

HiFont
Aplikasi ini bisa langsung digunakan untuk para pengguna Samsung Galaxy S3, S4, S5, Note, Note II, dan Note. Sedangkan pengguna smartphone yang lain mesti melakukan root dulu untuk dapat memakainya.

Selain bentuk-bentuk font yang istimewa, aplikasi ini pun menyediakan beragam emoticon lucu dan gratis.

4. Fonts for FlipFont 50 #6

Fonts for FlipFont 50 #6
Aplikasi ini menyediakan 50 pilihan font yang semuanya bisa dipakai gratis. Tampilan antarmuka yang simpel membuat aplikasi ini semakin terasa nyaman selama digunakan.

Tidak perlu melakukan root untuk menginstal aplikasi Fonts for FlipFont 50 #6. Jadi kamu bisa mengubah font WA dengan lebih mudah.

5. iFont

iFont
Aplikasi yang akan memuaskan penggunanya dengan pilihan font yang semuanya dapat dipakai gratis. Cara pakainya pun sangat simpel melalui pilihan-pilihan menu yang lengkap dan mudah dipahami.

Pemakaian perubah font ini juga tidak membutuhkan proses root sehingga semua jenis perangkat smartphone menunjang iFont. 

6. FancyKey Keyboard

FancyKey Keyboard
Ada sekitar 70 pilihan font yang dapat kita gunakan sebagai bentuk modifikasi chatting di WA. Selain itu, FancyKey juga memungkinkan kamu memodifikasi warna-warna yang unik.

Cara menggunakan aplikasi font ini cukup dengan menuliskan teks yang secara otomatis akan berubah sesuai pengaturan yang sudah diterapkan.

7. Fonts for FlipFont 50 Written

Fonts for FlipFont 50 Written
Sebuah pilihan alternatif untuk memodifikasi bentuk dan warna font yang beragam pilihannya. Proses instalasi aplikasi ini juga tidak perlu root yang berarti akan lebih gampang dan tidak menyulitkan penggunanya.

Menggunakan aplikasi font ini sangat mudah, dengan sistem pengaturan yang langsung dapat diakses setelah menginstalnya. 

8. Stylish Fonts

Stylish Fonts
Ada sekitar 50 pilihan font yang dapat kita ubah sesuai selera dengan fitur sederhana namun lumayan lengkap. Aplikasi Stylish Fonts dapat diunduh langsung lewat Playstore dan tanpa menggunakan proses root.

Itulah beberapa cara mengubah tulisan di WA, termasuk ganti font WA yang bisa kamu lakukan agar terlihat lebih aesthetic. Selamat Mencoba!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2434 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.