Cara Memakai VPN di hp Android dan iOS, Cepat dan Mudah

Oleh Arini Putrie updated Selasa, 11 Jun 2019 | 15:01

VPN

Tindakan yang diambil pemerintah untuk membatasi media sosial dengan tujuan menghindari berita palsu atau hoax. Beberapa sosial media yang sulit di akses adalah Whatsapp, Facebook, dan Instagram. Akibatnya pengguna mengeluhkan kesulitan dalam mengirim foto maupun video. Ujung-ujungnya banyak yang mencoba memanfaatkan VPN pada hp mereka.

Apa Itu VPN? Virtual Private Network atau VPN adalah teknologi yang memungkinkan koneksi antara satu jaringan publik untuk dapat terhubung dengan jaringan lokal atau pribadi. Jika diartikan dalam perkata dari Virtual Private Network. Virtual adalah sesuatu yang tidak berbentuk nyata dalam hal ini yang dimaksud adalah internet.

Private adalah sesuatu yang bersifat pribadi tidak untuk di bagikan. Network adalah sebuah jaringan atau koneksi yang terhubung. Dapat di simpulan jika VPN merupakan jaringan internet dengan koneksi yang bersifat pribadi. 

Jadi contohnya adalah ketika kamu ingin mengakses situs yang dibatasi oleh penyedia jaringan internet. Kamu bisa menggunakan VPN untuk mengakses situs tersebut tanpa diketahui oleh penyedia jaringan tersebut.

Fungsi VPN

Banyak dari pengguna yang menanyakan apa fungsi VPN. Jadi fungsi dari vpn adalah membuat koneksi internet yang aman. Jadi semua data yang dikirim dan diterima dilindungi oleh VPN, Semua akses web yang anda lakukan di melalui browser melewati server VPN terlebih dahulu,sehingga ip komputer atau smartphone kita tidak di ketahui.

Fungsi VPN menjadikan kita mengakses semua situr secara private. Jadi tidak terlacak dengan penyedia jaringan internet. Misalnya kamu menggunakan Indosat atau Telkomsel ketika kamu mengaktifkan VPN kegiatan kamu tidak akan terlacak oleh mereka.

Cara Memakai VPN di Hp Android atau iOS

Turbo VPN

Kamu ingin menggunakan VPN, namun belum tahu cara menggunakannya? Berikut akan dijelaskan bagaimana cara memakai VPN di hp android maupun iOS.

1. Download VPN

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah download VPN pada hp kamu. Kamu tidak perlu khawatir sekarang banyak aplikasi VPN gratis yang bisa kamu download. Terdapat VPN, Turbo VPN, VPN Proxy Master, dan banyak lainnya.

Tips untuk kamu yang ingin downlaod VPN pastikan kamu memilh aplikasi yang memiliki rating tinggi. Bagi kamu yang ingin menggunakan VPN kamu juga bisa mendownload Opera browser

2. Koneksi VPN

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalan koneksikan aplikasi VPN dengan hp kamu. Kamu hanya tinggal tunggu beberapa saat hingga hp kamu terkoneksi dengan VPN.

3. Internetan dengan VPN

Setelah hp kamu terkoneksi dengan VPN, kamu bisa dengan bebas membuka situs yang kamu inginkan. Dalam hal ini kamu bisa membuka wa, instragram, dan facebook dengan VPN.

Bijak Memakai VPN

Jika kamu telah menggunakan VPN pada hp tentu kamu dapat mengakses situs-situs yang di block oleh jaringan internet kamu. Namun kamu harus hati-hati bahaya dari VPN itu sendiri, bisa jadi virus malware hingga kebocoran data.

Karena tidak mungkin pemerintah dan penyedia internet membatasi kamu untuk mengakses situs tersebut tanpa alasan. Jadi perhatikan kembali ya dan bijak saat menggunakan VPN.

Artikel Lainnya

Komentar