Cara Bikin Kartu Ucapan Lebaran Sendiri di Hp

Oleh Adam Rizal updated Minggu, 2 Jun 2019 | 10:00

Kartu Ucapan Lebaran
Puasa Ramadan tinggal menghitung hari lagi dan tidak terasa momen lebaran sudah hampir tiba. Hari Raya Idul Fitri adalah momen indah untuk saling berkasih sayang, memanjatkan syukur dan do’a serta berkumpul bersama keluarga dan kolega. Anda pun bisa saling menyapa dengan kartu ucapan lebaran kepada keluarga lewat hp kamu
 
Jika dulu Anda harus membeli kartu ucapan selamat dan mengirimkannya melalui kantor pos, saat ini Anda bisa mengirimkan kartu ucapan lebaran melalui ponsel untuk mengirimkan ucapan permintaan maaf atas segala kesalahan. Sekarang Anda bisa mengirimkan pesan WhatsApp atau membuat kartu ucapan lebaran kreasi sendiri.

Aplikasi Kartu Lebaran di Hape

Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk menciptakan kartu lebaran. Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kartu ucapan lebaran.

1. Canva

Canva

Canva adalah layanan desain online yang memuat ragam rancangan template dan platform kostumisasi yang serbaguna. Canva menyuguhkan desain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, presentasi dan lain-lain tergantung konsep yang Anda punyai. .
 
Anda bisa mencoba Canva melalui aplikasi atau situsnya. Canva bisa digunakan dengan gratis, meski ada beberapa fitur dan elemen seperti gambar atau foto yang hanya bisa digunakan bagi Anda yang membayar. 
 
Anda bisa membuat kartu ucapan selamat dari nol dan mengatur layout kartu, menambahkan elemen pada kartu sendiri. Namun, Anda juga bisa menggunakan layout yang telah disediakan oleh Canva. 
 
Jika Anda memilih untuk menggunakna layout yang telah disediakan, Anda masih bisa melakukan kustomisasi pada kartu ucapan lebaran. Misalnya dengan mengubah warna tulisan, besar font, mengganti gambar background dan lain sebagainya. 

2. Fotor

Fotor

Sama seperti Canva, Fotor memungkinkan Anda untuk membuat kartu ucapan dari nol atau menggunakan layout yang telah ada. 

3. Adobe Spark

adobe spark

Anda harus masuk menggunakan akun Google/Facebook/Adobe untuk bisa mengakses layanan Adobe Spark. Dengan Adobe Spark, Anda bisa membuat kartu ucapan dari nol. Anda bisa memilih layout, komposisi warna, menambahkan ikon dan gambar juga teks. Anda juga bisa mengatur desain/font dari tulisan, lengkap dengan warna dan transparansinya.

4. JustWink

JustWink

Kartu ucapan yang dibuat dengan aplikasi JustWink sangat interaktif. Anda bisa menemukan pilihan kartu lebaran yang sangat lengkap sehingga Anda lebih mudah menggunakannya. Anda bisa menggunakan foto, sampul kartu, bahkan kita bisa menambahkan tanda tangan kita sendiri.

5. Touchnote

Touchnote

Aplikasi Touchnote bisa membuat kartu ucapan lebaran dalam bentuk fisik.  Ada tiga pilihan ukuran untuk kartu ucapan yang dicetak, yaitu kartu ucapan, kartu pos, dan kanvas berukuran sampai 30 x 41 cm.
 
Di aplikasi ini, Anda pun bisa memilih berbagai jenis bingkai, latar belakang, menambahkan foto atau desain sendiri. Fitur lainnya yaitu Magic Writing yang memungkinkan Anda bisa mengubah font menjadi mirip dengan tulisan tangan.
 
Hanya saja, untuk menggunakan fitur ini, kita perlu membayar sekitar Rp 26 Ribu untuk 90 hari penggunaan. Touchnote akan mengirimkan desain yang sudah kita buat dalam bentuk kartu ucapan, kartu pos, atau kanvas dengan membayar sekitar Rp 100 Ribu ke berbagai tujuan di seluruh dunia.

6. Slidely

slidely

Anda bisa memanfaatkan aplikasi Slidely untuk membuat kartu ucapan lebaran dan membuat ucapan Hari Raya yang menarik. Anda bisa menggabungkan gambar dan video dengan berbagai desain tulisan dan kata-kata yang indah.
 
Selain itu, Anda juga bebas mengatur durasi dan musik latar untuk video ucapan tersebut.

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran di Hp

Anda pun bisa membuat kartu ucapan lebaran melalui hp Anda. Dari 6 aplikasi di atas, Pricebook akan memberikan contoh dari aplikasi Canva. Caranya, Anda bisa menggunakan aplikasi Canva untuk membuat kartu ucapan lebaran, mengingat aplikasi Canva menawarkan tutorial yang mudah.

Langkah Pertama

Canva

Pertama, silahkan kunjungi situs Canva. Kemudian daftarkan akun baru di sana, bisa menggunakan Facebook, Google atau email lainnya.

Langkah Kedua

Canva

Jika sudah login, Anda harus kembali ke halaman depan di Canva.com untuk menyamakan langkah dengan tutorial. Di halaman depan nanti Anda akan menjumpai beberapa menu di sebelah kiri, silahkan Anda klik Jelajahi template.

Langkah Ketiga

canva

Saat jendela baru terbuka, langsung ketikkan idul fitri di kolom pencarian. Setelah muncul hasil pencarian, arahkan kursor ke salah satu template dan klik Edit this template.

Langkah Keempat

canva

Di halaman berikutnya, kembali klik tombol Edit this template.

Langkah Kelima

canva

Nah, di tahapan inilah Anda bisa mengubah banyak hal dari template yang barusan Anda pilih, misalnya mengubah huruf, ukuran, warna, posisi, layout dan bahkan bunyi ucapannya.

Langkah keenam

canva

Di sisi kiri halaman yang sama, Anda juga bisa jumpai beberapa menu seperti Layout, Elemen, Teks, Latar Belakang dan beberapa jenis template sejenis lain yang bisa Anda pilih untuk menggantikan template di atas
 
Apabila proses editing berjalan baik dan dirasa cukup, Anda bisa membagikan hasil kreasi Anda ke teman dengan berbagai cara. Bisa dengan email, media sosial, berupa tautan dan bahkan menyematkan kartu ucapan di situs pribadi Anda hanya lewat smartphone.
 

Artikel Terkait

Komentar