Diperbaharui pada Senin, 11 April 2022 | 10:00

Cara Membuat Kartu Lebaran di Canva Pakai Hp

Cara Membuat Kartu Lebaran di Canva Pakai Hp-0
Setiap menjelang akhir bulan Ramadan, biasanya kita mulai mempeesiapkan berbagai kebutuhan Lebaran atau Idul Fitri. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan kartu Lebaran, atau kartu ucapan Lebaran.

Hari Raya Idul Fitri adalah momen indah untuk saling berkasih sayang, memanjatkan syukur dan do’a serta berkumpul bersama keluarga dan kolega.

Pada masa pendemi Covid 19 dimana kegiatan berkumpul masih dibatasi, saling menyapa dan mengucapkan selamat Idul Fitri dapat dilakukan juga dengan kartu ucapan Lebaran. Anda bisa membuat kartu Lebaran sendiri, langsung dari hp

Jika dulu Anda harus membeli kartu ucapan selamat dan mengirimkannya melalui kantor pos, kini Anda bisa mengirimkan kartu ucapan Lebaran melalui smartphone, melalui WhatsApp atau Telegram, dengan kartu Lebaran yang dibuat sendiri.

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran di Hp

Canva

Anda bisa membuat kartu ucapan Lebaran melalui hp dengan menggunakan aplikasi desain. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan contoh dari aplikasi Canva.

Anda bisa menggunakan aplikasi Canva untuk membuat kartu ucapan Lebaran, karena aplikasi ini merupakan yang termudah. Selain lewat hp, Canva juga dapat diakses melalui website dengan laptop atau PC.

Canva adalah layanan desain online yang memuat ragam rancangan template dan platform kostumisasi yang serbaguna. Canva menyuguhkan desain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, presentasi dan lain-lain tergantung konsep yang Anda punyai.

Anda bisa mencoba Canva melalui aplikasi atau situsnya. Canva bisa digunakan dengan gratis, meski ada beberapa fitur dan elemen seperti gambar atau foto yang hanya bisa digunakan bagi Anda yang membayar.

Anda bisa membuat kartu ucapan selamat dari nol dan mengatur layout kartu, menambahkan elemen pada kartu sendiri. Namun, Anda juga bisa menggunakan layout yang telah disediakan oleh Canva.

Jika Anda memilih untuk menggunakna layout yang telah disediakan, Anda masih bisa melakukan kustomisasi pada kartu ucapan Lebaran. Misalnya dengan mengubah warna tulisan, besar font, mengganti gambar background dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara membuat kartu Lebaran sendiri menggunakan Canva? Berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah Pertama

Canva

Pertama, silahkan kunjungi website Canva. Kemudian daftarkan akun baru di sana, bisa menggunakan Facebook, Google atau email lainnya.

Langkah Kedua

Canva

Jika sudah login, Anda harus kembali ke halaman depan di Canva.com untuk menyamakan langkah dengan tutorial. Di halaman depan nanti Anda akan menjumpai beberapa menu di sebelah kiri, silahkan Anda klik Jelajahi template.

Langkah Ketiga

canva

Saat jendela baru terbuka, langsung ketikkan idul fitri di kolom pencarian. Setelah muncul hasil pencarian, arahkan kursor ke salah satu template dan klik Edit this template.

Langkah Keempat

canva

Setelah masuk ke halaman berikutnya, kembali klik tombol Edit this template.

Langkah Kelima

canva

Nah, di tahapan inilah Anda bisa mengubah banyak hal dari template yang barusan Anda pilih, misalnya mengubah huruf, ukuran, warna, posisi, layout dan bahkan bunyi ucapannya.

Langkah Keenam

canva

Di sisi kiri halaman yang sama, Anda juga bisa jumpai beberapa menu seperti Layout, Elemen, Teks, Latar Belakang dan beberapa jenis template sejenis lain yang bisa Anda pilih untuk menggantikan template di atas

Apabila proses editing berjalan baik dan dirasa cukup, Anda bisa membagikan hasil kreasi Anda ke teman dengan berbagai cara. Bisa dengan email, media sosial, berupa tautan dan bahkan menyematkan kartu ucapan di situs pribadi Anda hanya lewat smartphone.

Selain Canva, ada beberapa aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat kartu Lebaran. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

Aplikasi Desain Kartu Lebaran di Hp

Selain Canva, aplikasi dengan fungsi yang serupa juga bisa dengan mudah ditemukan, mulai dari yang gratis, hingga yang berbayar. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi selain Canva ini untuk membuat kartu Lebaran.

Berikut beberapa aplikasi mirip Canva yang kami rekomendasikan, dan telah melalui proses kurasi yang dipilih berdasarkan kemudahan penggunaaanya.

1. Fotor

Fotor

Sama seperti Canva, Fotor memungkinkan Anda untuk membuat kartu ucapan dari nol, atau dengan menggunakan layout yang telah ada. Anda juga bisa membuat desain template dan kolase.

Mendesain kartu Lebaran sendiri dengan menggunakan tool-tool di Fotor juga sangat mudah dan tidak membutuhkan kemampuan desain yang tinggi.

2. Adobe Spark

adobe spark

Untuk menggunakan Adobe Spark, Anda harus masuk dengan akun Google/Facebook/Adobe, untuk bisa mengakses layanan Adobe Spark.

Anda bisa memilih layout, komposisi warna, menambahkan ikon dan gambar juga teks. Anda juga bisa mengatur desain/font dari tulisan, lengkap dengan warna dan tingkat transparansinya.

3. JustWink

JustWink

Aplikasi JustWink merupakan bagian dari situs American Greetings yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam kartu ucapan, termasuk ucapan Selamat Idul Fitri.

Kartu ucapan yang dibuat dengan aplikasi JustWink sangat interaktif. Anda bisa menemukan berbagai pilihan kartu ucapan yang lumayan lengkap, sehingga Anda lebih mudah menggunakannya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan foto, sampul kartu, bahkan menambahkan tanda tangan sendiri.

4. Touchnote

Touchnote

Aplikasi Touchnote bisa membuat kartu ucapan Lebaran dalam bentuk fisik, dan ada tiga pilihan ukuran untuk kartu ucapan yang dicetak, yaitu ukuran kartu ucapans standar, kartu pos, hingga kanvas berukuran sampai 30 x 41 cm.

Di aplikasi ini, Anda pun bisa memilih berbagai jenis bingkai, latar belakang, menambahkan foto atau desain sendiri. Fitur lainnya yaitu Magic Writing yang memungkinkan Anda bisa mengubah font menjadi mirip dengan tulisan tangan.

Hanya saja, untuk menggunakan Touchnote, kita perlu membayar mulai dari Rp 70.000 untuk berlangganan selama satu bulan. Touchnote menerima pengiriman ke seluruh dunia, dengan ongkos kirim yang disesuaikan untuk setiap tujuan negara.

5. Slide.ly

slidely

Terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Slide.ly untuk membuat kartu ucapan Lebaran atau sekedar membuat ucapan Hari Raya Idul Fitri yang menarik.

Dengan menggunakan Slide.ly, Anda bisa menggabungkan gambar dan video dengan berbagai desain tulisan dan kata-kata yang indah. Selain itu, Anda juga bebas mengatur durasi dan musik latar untuk video ucapan tersebut.

Bagaimana, tertarik dengan salah satu aplikasi dan situs desain kartu ucapan yang masuk dalam daftar rekomendasi? Selamat mencoba, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.