Touch Screen iPhone Eror? Ini 3 Cara Mengatasinya!

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 28 Mar 2019 | 13:40

Touch screen iPhone erorimage via Pexels

Touch screen iPhone eror yaitu situasi dimana layar iPhone tidak bekerja dengan baik atau bahkan sama sekali tidak responsif. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas penggunanya. Tidak hanya Anda, tapi masalah pada layar sentuh ini mungkin juga dirasakan sebagian pengguna iPhone lainnya. Bagaimana cara mengatasinya?

Berbicara tentang cara mengatasi eror pada layar sentuh di perangkat berbasis iOS memang gampang-gampang susah. Bahkan bisa di bilang tidak ada solusi yang benar-benar bisa menyelesaikan masalah dengan sempurna. Tapi tidak perlu khawatir, karena masih ada beberapa cara alternatif untuk menyehatkan touch screen iPhone yang eror. Cara ini berlaku untuk semua tipe, mulai dari model lama seperti iPhone 6 dan iPhone 7 hingga iPhone terbaru seperti iPhone X, iPhone Xs dan lainnya.

Cara Mengatasi Touch Screen Eror iPhone

1. Restart iPhone

Salah satu langkah pertama yang harus dilakukan ketika touch screen iPhone eror adalah dengan melakukan restart, yaitu dengan menghidupkan dan mematikan iPhone. Setelah hp restart pastikan touch screen iPhone Anda berjalan normal kembali.

Selesai? Belum, karena masih ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mencegah eror kembali. Berikut langkah yang harus dilakukan setelah restart :

  • Hapus semua aplikasi yang tidak penting atau sudah lama tidak Anda gunakan. Langkah ini tidak hanya melegakan memori tapi juga membuat iPhone berjalan lebih lancar. Caranya : tekan dan tahan aplikasi yang ingin di hapus > pilih tombol ‘X’ > Delete
  • Sebisa mungkin lakukan update versi pada semua aplikasi. Karena aplikasi yang tidak terupdate bisa menguras baterai dan mengurangi kinerja iPhone. Caranya : BUka App Store > Update > Update All. Atau Anda juga bisa melakukan pengaturan update otomatis.
  • Update software dengan selalu mengecek jika ada versi terbaru dari iOS iPhone Anda. Caranya : masuk ke Setting > General > Software Update.
  • Bersihkan iPhone dari file sampah dan cache secara rutin agar kinerja perangkat tetap lancar.

2. Hard Reset iPhone

Jika langkah soft reset di atas tidak berhasil, Anda bisa menggunakan cara berikutnya yaitu hard reset atau mengembalikan perangkat ke setingan awal. Dan restore ke dalam recovery mode.

3. Hubungi Layanan Servis Apple

Cara ketiga ini menjadi langkah yang paling realistis jika dua langkah di atas tidak berhasil mengatasi touch screen iPhone eror. Karena kemungkinan akar masalah tersebut berasal dari rusaknya komponen pada layar iPhone. Dan pastikan Anda membawanya ke layanan resmi dari Apple.

Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Komentar