Cara Belanja Online Pakai Voucher, Lebih Gampang dan Hemat

Oleh Rira updated Senin, 25 Mar 2019 | 11:14

Belanja Online

Cara berbelanja secara online kini semakin banyak dipilih, terutama oleh kaum milenial yang lebih melek teknologi, membutuhkan kepraktisan dan kesimpelan, serta lebih hemat. Banyaknya situs belanja online juga semakin mempermudah konsumen untuk melakukan belanja online. Berbagai promo dan potongan harga pun banyak ditawarkan. Karena itu membuat konsumen suka belanja online pakai voucher.

Situs-situs belanja online yang ada saat ini pun berlomba-lomba memberikan diskon dan promo, dan juga dengan memberikan voucher potongan harga. Tokopedia, Lazada, BliBli, JD.ID, Blanja, Shopee, Traveloka, Tiket, Mister Aladin, adalah beberapa situs yang rajin memberikan voucher belanja dalam berbagai kategori termasuk ongkos kirim gratis serta cashback. Cukup lumayan jika Kamu bisa memanfaatkan voucher yang ditawarkan tersebut.

Kamu sebagai konsumen harus jeli jika ingin berbelanja online karena Kamu bisa semakin hemat jika bisa mengetahui adanya voucher yang sesuai. Ada baiknya setiap berniat berbelanja online, Kamu cek dahulu halaman promo dari situs yang bersangkutan untuk mengetahui adakah diskon atau voucher tertentu yang sesuai dengan apa yang akan Kamu beli, misal saat Kamu ingin membeli pulsa, tiket pesawat atau voucher makan di gerai-gerai terkemuka, produk elektronik, fashion anak, hingga produk otomotif.  

Voucher Belanja Online

Belanja Online

Voucher belanja online tersebut kadang-kadang juga diberikan di tanggal-tanggal tertentu, misal sebelum tanggal 20 voucher diskon untuk pembayaran berbagai tagihan seperti tagihan listrik dan PDAM, sebelum tanggal 10 untuk pembayaran BPJS, di akhir bulan berbagai voucher potongan makan dan minum di restoran, dan sebagainya. Ada juga toko-toko khusus yang rajin menawarkan voucher potongan harga untuk pembelian produknya.

Jika ada ada event atau hari besar tertentu, maka voucher diskon akan bertebaran, misal tahun baru, harbolnas atau hari belanja online nasional, hari ibu, hari valentine, hari raya, hingga hari valentine.

Saat ini alasan konsumen jarang yang memanfaatkan voucher belanja yang ditawarkan situs belanja online adalah karena tidak tahu adanya voucher tersebut, tidak bisa menggunakannya hingga tidak mau ribet dengan proses pengisiannya. Padahal cara menggunakan voucher belanja ini sangat mudah dan lebih praktis dibanding jika Kamu menggunakan kartu kredit untuk pertama kalinya dimana Kamu harus memasukkan nomor kartu kredit yang sangat panjang, harus memasukkan kode konfirmasi yang dikirim ke hp, hingga memasukkan kode keamanan tertentu.

Voucher belanja online ini biasanya ditawarkan dalam bentuk kode yang harus dimasukkan saat Kamu melakukan pembayaran. Kadang ada juga yang memberikan voucher berupa gambar kupon dan Kamu tinggal mengklik yang sesuai untuk menyimpannya. Untuk voucher yang menggunakan kode, nanti saat memasukkan kode ke halaman pembayaran, penulisannya harus pas dan tidak boleh salah karena bisa gagal.

Biasanya kode voucher cukup mudah diingat dan disesuaikan dengan kategori yang diberi voucher, misal untuk gratis ongkos kirim atau ongkir biasanya kodenya GRATISONGKIR atau FREEONGKIR, untuk voucher potongan harga atau cashback kartu kredit atau kartu debit misal LOVEBRI, potongan harga untuk penerbangan domestik di Traveloka FLWIN600K, dan sebagainya.

Saat Kamu ingin berbelanja online dan membuka halaman situs yang Kamu tuju, setelah melihat-lihat promo voucher yang ditawarkan, sebaiknya Kamu langsung menyimpan voucher-voucher yang kira-kira sesuai dengan barang yang akan Kamu beli. Cukup Kamu klik pada voucher-voucher yang cocok dan biasanya sistem akan otomatis menyimpan promo-promo tersebut.

Cara Belanja Online Pakai Voucher

Cara menggunakan voucher belanja online tersebut juga sangat mudah dan praktis karena akan muncul di halaman pembayaran saat Kamu sudah melakukan check out dan akan membayar belanjaan Kamu tersebut. Biasanya akan ada tulisan dengan check box yang menanyakan apakah Kamu akan menggunakan kupon atau voucher. Jika akan menggunakan, Kamu tinggal klik box tersebut dan biasanya Kamu akan diarahkan ke halaman dimana Kamu menyimpan kupon-kupon voucher Kamu. Kamu kemudian tinggal memilih mana yang akan digunakan, dan otomatis kode voucher akan muncul.

Jika Kamu memang suka mencatat atau mengingat, Kamu juga bisa saja mencatat secara manual kode yang diberikan, dan kemudian saat Kamu ditanya apakah Kamu akan menggunakan voucher belanja, Kamu tinggal masukkan kode yang sesuai tersebut. Namun ingat, penulisan harus betul dan pas agar tidak ditolak.

Biasanya jika Kamu memasukkan kode voucher yang salah pun sistem akan langsung menolak sehingga Kamu pun tidak perlu kuatir jika salah memasukkan kode. Misalnya jika Kamu akan memasukkan voucher diskon fashion anak namun Kamu salah memasukkan kode diskon produk lain, maka sistem akan menolak dan memberitahukan kesalahan Kamu tersebut.

Berikut beberapa cara belanja online pakai voucher di beberapa toko online populer :

1. Cara Belanja Online Pakai Voucher di Tokopedia

Tokopedia Logo

Setelah membuka halaman Tokopedia, Kamu bisa langsung menuju halaman promo untuk mengecek apakah ada voucher promo yang sesuai dengan apa yang akan Kamu beli, misalnya fashion pria. Kamu bisa melihat diskon khusus, misalnya voucher gratis ongkir dengan kode OSONGKIR. Untuk Tokopedia, menyimpan kode voucher ini hanya berlaku satu persatu sehingga jika Kamu ingin berbelanja barang lain dengan voucher lain, menyalinnya juga harus saat Kamu akan melakukan check out.

Jika malas bolak balik ke halaman promo, Kamu bisa mencatat saja kode ini dengan benar sehingga saat memasukkan ke kolom voucher Kamu tinggal mengetikkan saja.

Untuk memasukkan kode voucher, setelah Kamu memilih produk yang akan dibeli dan memilih Beli Sekarang, maka akan muncul halaman pembayaran. Di Ringkasan belanja, akan muncul Total Tagihan dan tulisan ‘Gunakan Kode Promo atau Kupon’. Jika kuponnya sesuai, maka di Ringkasan Belanja tersebut akan muncul harga yang dipotong atau misalnya gratis ongkir maka tulisan biaya pengiriman nol. 

2. Cara Belanja Online Pakai Voucher di Lazada

Lazada Logo

Lazada juga memiliki banyak promo berupa voucher, diskon dan cashback. Kamu bisa memilih di halaman promo, mana saja yang sesuai dan silahkan simpan yang mana saja. Dan setelah memilih produk yang ingin dibeli Kamu bisa mengklik pilihan ‘Beli Sekarang’ dan otomatis akan muncul halaman detail pembelian, dari alamat Kamu dan produk yang dibeli berikut nota pembelian. Biasanya jika ada gratis ongkir untuk minimal harga pembelian tertentu akan muncul langsung di halaman ini.

Kemudian ada kolom ‘Masukkan Kode Voucher’ dan tombol ‘Gunakan’, maka jika Kamu sebelumnya sudah menyimpan voucher promo yang sesuai, maka otomatis akan muncul di halaman ini dan voucher akan langsung ditambahkan.

3. Cara Belanja Online Pakai Voucher di Traveloka

Traveloka Logo

Biasanya Traveloka memberikan voucher diskon untuk pesawat, hotel dan sebagainya untuk pemesanan melalui aplikasi di smartphone. Caranya juga cukup mudah dan tentunya bisa membuat Kamu hemat. Setelah membuka aplikasi Traveloka di smartphone, Kamu bisa mengecek promo yang ditawarkan, misal diskon 600 ribu untuk penerbangan domestik. Kamu bisa menyalin kode tersebut atau mencatatnya. Pastikan Kamu membaca syarat dan ketentuan karena biasanya diskon ini hanya berlaku untuk maskapai tertentu.

Setelah Kamu memilih pesawat yang akan Kamu gunakan dan melakukan booking, mengisi detail nama dan tanggal lahir maka Kamu bisa melihat ringkasan pembayaran. Kemudian Kamu bisa masuk ke metode pembayaran dimana akan muncul pilihan penambahan kupon. Kemudian Kamu tinggal masukkan kode yang sudah Kamu salin atau catat tadi, misal FLWIN600K, dan klik Apply. Otomatis biaya yang harus Kamu bayar akan dipotong diskon yang diberikan dan Kamu tinggal melakukan pembayaran sesuai ringkasan pembayaran yang terakhir.

4. Cara Belanja Online Pakai Voucher di Shopee

Shopee Logo

Sama seperti situs belanja online lainnya, Shopee juga menyediakan berbagai voucher belanja, mulai dari diskon harian dari kartu debit dan kredit hingga diskon toko yang menarik. Kamu bisa melihat halaman promo ini dan sesuaikan dengan cara pembayaran atau diskon kategori yang diinginkan.

Di Shopee Kamu bisa meng-klaim semua kupon yang disediakan dimana nanti saat masuk ke halaman pembayaran, kupon-kupon yang sesuai akan muncul sendiri dan bisa langsung Kamu gunakan. Jika tidak, Kamu bisa memilih ‘Ubah Voucher’ dimana halaman yang isinya semua voucher yang Kamu miliki akan muncul. Kamu bisa memilih-milih kembali voucher mana yang sesuai dan akan Kamu gunakan. Setelah itu, total harga yang harus Kamu bayar akan muncul dan Kamu tinggal membayarnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas kamu bisa belanja online pakai voucher dengan mudah dan juga hemat. Jadi kamu bisa menikmati pengalaman belanja online tanpa takut kantong jebol karena diskon dan promo yang ada. Tetapi ada hal yang perlu kamu perhatikan walaupun ada diskon dan promo kamu harus tetap bijak saat belanja online agar tidak terlalu konsumtif.

 

Artikel Terkait

Komentar