Diperbaharui pada Rabu, 5 Agustus 2020 | 14:08

Charger Hp di Motor Bisa Dibikin Sendiri

Oleh Imam Ali

 

Charger hp di motor jadi bukti perkembangan smartphone sangat tinggi di Indonesia. Disamping harga ponsel itu sendiri yang makin terjangkau, smartphone juga sudah menjadi gaya hidup yang tidak bisa lepas masyarakat Indonesia.

Bagi pengguna smartphone sulit untuk jauh dari charger hp, untuk itu banyak terdapat di setiap tempat bahkan inovasi terbaru yang mucul saat ini adalah charger hp di motor. Baik para driver ojek online yang kreatif mungkin tips cara membuat charger hp di motor ini akan sangat berguna.

Bagi yang tak mau repot, sudah banyak pilihan motor dengan charger hp di pasaran saat ini. Bahkan biasanya para produsen motor juga menyertakan GPS di motor tersebut. Bagi Anda pengguna motor biasa tanpa charger tidak perlu khawatir, Anda bisa bikin charger hp di motor Anda sendiri dengan mudah.

Dan akan sangat membantu jika Anda sedang dalam perjalanan jauh lalu perlu untuk mengisi daya para smartphone Anda. Anda dapat memanfaatkan motor yang memiliki energi listrik sehingga Anda bisa menggunakan sebagian listrik pada motor untuk keperluan pengisian daya HP.

Apalagi, umumnya HP sekarang ini memiliki daya tahan yang cepat habis sehingga adanya charger di motor penting sekali. Harga charger hp di motor pun tak terlalu mahal, Anda bisa membelinya di kaki lima jakarta.

Penasaran bagaimana caranya? Di bawah ini ulasan lengkap mengenai cara membuat charger hp di motor.

charger hp di motor ilustrasi

Pada dasarnya, charger berfungsi untuk mengisi daya gadget tetapi setiap charger memiliki output range yang berbeda, itulah sebabnya beda charger beda pula waktu pengisiannya. Prinsip kerjanya, charger bekerja dengan mengalirkan arus listrik ke baterai yang terletak di dalam ponsel.

Karena sifat baterai ponsel yang chargable, maka arus tersebut akan disimpan didalam baterai untuk kemudian digunakan di lain waktu.

Namun, arus listrik dari PLN tidak bisa disalurkan secara langsung ke baterai ponsel karena baterai punya kapasitas yang lebih kecil. Karena itu, Anda memerlukan sebuah komponen pengubah tegangan dan komponen penyearah di dalam sebuah charger.

Secara sederhana, Anda juga harus memiliki komponen tiga pada sebuah charger ponsel yaitu Dioda Bridge, merupakan rangkaian dioda untuk mengubah arus AC ke DC.

Setelah itu, ada IC regulator, untuk mengubah tegangan input menjadi lebih rendah dan kapasitor/Elco, untuk menstabilkan kapasitas muatan elektron yang akan masuk ke baterai.

Anda harus merangkai ketiga komponen diatas dirangkai dengan rangkaian charger dan menghasilkan output berupa listrik DC yang umumnya bertegangan 5 Volt dengan arus 1- 3 Ampere.

Cara Sederhana membuat Charger di Motor

Untuk membuat charger di motor ada hal yang perlu Anda catat yaitu gunakan charger di motor dengan bijak. Karena jika tidak akan membuat aki motor Anda cepat habis.

1. Persiapkan Alat dan bahan

Pertama, Siapkan bahan bahan yang nantinya akan kita rangkai menjadi charger sederhana yaitu IC Regulator 7805, 2 Buah Dioda 5 Amp, Konektor IC, dan Kabel USB. Anda pun bisa menyiapkan alat solder, timah, dan Isolasi. Anda pun bisa mendapatkan barang-barang di atas di toko elektronik terdekat.

IC menggunakan seri 7805 karena tegangan output yang diinginkan berkisar 5 Volt. Bisa Anda lihat pada dua digit angka terakhir. Anda bisa menggunakan IC dengan nomor lain jika spesifikasi Hp sobat bukan 5 Volt.

2. Pelajari Skemanya

skema 1

Rangkaian charger sederhana yang kita buat, tidak terlalu rumit karena tidak memerlukan PCB. Anda cukup menyambungkan listrik dari baterai ke dioda sebelum masuk ke terminal input IC untuk kemudian output dari IC juga tersambung ke dioda sebelum langsung ke konektor.

IC regulator memiliki tiga kaki, yakni input, output dan masa. Pemasangan dioda tidak boleh terbalik karena jika posisi dioda terbalik maka akan memblokir arus listrik.

3. Rangkai Komponennya

skema 2

Mulailah dengan merangkai komponen IC dengan konektor. Pastikan Anda telah mengenali mana terminal inout, output dan mana massa. Selanjutnya, pisahkan kabel konektor IC yang memiliki tiga buah kabel itu untuk kemudian kita kupas kulitnya.

Pasang dioda pertama pada kabel input IC. Arahnya, menuju IC atau terminal negatif yang Anda sambungkan ke kabel konektor. Pasang juga dioda kedua pada kabel output IC namun dengan posisi terbalik, atau mengarah keluar.

Posisinya terminal positif dioda yang Anda sambungkan dengan kabel. Ambil kabel USB, kemudian hubungkan kedua kabel tersebut dengan output IC dan Kabel massa.

Untuk kabel masa bisa Anda sambungkan ke terminal masa IC atau ke body motor nantinya. Tersisa satu terminal yakni input yang bisa Anda sambungkan dengan baterai atau ke kunci kontak. Jika Anda menghubungkanya ke kunci kontak maka charger bisa mengisi saat ignition ON.

Jika Anda menginginkan sirkuit yang lebih aman, Anda bisa menambahkan fuse maksimal 5 Ampere agar tidak terjadi lonjakan arus berlebih ke HP. Terakhir, Anda perlu menyambungkan masa body ke masa IC. Jika IC yang Anda beli memiliki lubang baut, cukup tempelkan lubang tersebut ke body motor yang berbahan logam menggunakan baut.

Tapi jika IC stkamur tanpa lubang baut, Anda bisa menghubungkan masa body motor dengan terminal masa IC. Sehingga ada dua sambungan yang mengarah ke body dan ke USB. Setelah semua langkah selesai, tinggal colokan ujung USB ke port charge Hp Anda.

cara bikin charger hp

Secara otomatis arus 12 Volt akan turun menyesuaikan daya pengisian battery ponsel yang hanya sekitar 5 Volt. Jika kondisi aki kurang fit maka akan berefek pada sistem kelistrikan motor seperti sistem penerangan dan pengapian. Akibatnya akan mengganggu performa mesin. 

Untuk pemasanganya bisa menggunakan jalur ke aki tapi bukan langsung ke aki melainkan ke kunci kontak. Jika Anda bingung soal pemasangan Anda bisa serahkan ke orang yang pakar mengenai kelistrikan sepeda motor agar tidak terjadi konsleting pada motor Anda.

Semoga cara membuat charger hp di motor ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda! 

Like us!

Komentar