Diperbaharui pada Jumat, 5 Maret 2021 | 14:40

Cara Membuat Akun Gmail Baru dari Hp dan Laptop

Oleh Restu Aji Siswanto

Cara membuat email baru
Mempunyai alamat email kini bukan hanya untuk pekerja kantoran saja, tapi juga wajib bagi pengguna gadget. Dengan email tersebut, kita bisa mengakses beberapa layanan lain yang ditawarkan pengembangnya.

Pengguna hp Android misalnya, dibutuhkan akun Gmail untuk bisa mengakses Google Play Store. Daftar Gmail baru ini cukup penting, supaya kita bisa download aplikasi yang ada di Play Store serta dapat menggunakan layanan Google lain.

Selain menggunakan hp, akun Gmail juga bisa dibuat melalui laptop atau PC untuk bisa mengakses semua layanan yang ditawarkan oleh Gmail yang berbasis web internet.

Cara daftar email baru ini tidak sulit, bahkan bisa dilakukan dengan cepat. Dalam catatan Pricebook, setidaknya bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 5 menit (tergantung dari koneksi internet yang digunakan).

Cara Mendaftar Gmail Baru di Komputer

Untuk pengguna yang sudah punya akun Gmail cukup masukkan alamat emailnya, dan dilanjutkan dengan memasukkan password. Sedangkan bagi yang belum terdaftar di Gmail bisa registrasi terlebih dahulu, berikut cara membuak akun Gmail di komputer atau laptop.

1. Buka browser seperti Chrome atau Firefox

2. Masuk ke alamat situs www.gmail.com

3. Tekan tombol Create Account

4. Masukkan nama lengkap, username gmail, password lalu klik 'Next'

  • Sebagai catatan, untuk username atau nama akun Gmail baru bisa dibuat berdasarkan nama atau nickname. Untuk menghindari alamat gmail yang sudah digunakan, sebaiknya ditambahkan dengan angka di bagian belakang.
  • Misal, minan2020@gmail.com. Google juga akan memberikan rekomendasi alamat gmail jika nama yang kamu masukkan sudah digunakan orang lain. 
  • Sedangkan untuk password, usahakan password tidak diketahui orang lain dan dibuat dengan mengombinasikan angka atau variasi lain. Yang pasti harus diingat jangan sampai lupa

5. Masukkan nomor hp, recovery email, tanggal lahir dan jenis kelamin, klik 'Next'

  • Sebagai catatan, untuk recovery email usahakan gunakan email teman dekat, istri atau orang yang dikenal baik. Karena recovery email ini berfungsi sebagai email cadangan ketika lupa password atau sebagai tempat recovery akun Gmail yang sudah dibuat.

6. Jika semua berjalan lancar, maka proses pendaftaran akun Gmail baru telah selesai

cara buat akun gmail baru di laptop

Cara Membuat Akun Gmail di Hp Android dan iOS

Selain dengan menggunakan komputer, membuat akun gmail baru juga bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Berikut ini cara membuat akun gmail bari di hp Android dan iOS.

  1. Buka menu pengaturan pada perangkat smartphone.
  2. Cari menu account (akun), lalu pilih add account atau tambah akun
  3. Pilih 'create new account' pada tampilan sign in.
  4. Isi nama depan dan nama belakang, lalu klik 'next'.
  5. Selanjutnya, isi tanggal lahir dan jenis kelamin, kemudian klik 'next'.
  6. Selanjutnya, pilih nama sebagai username dan alamat email.
  7. Langkah selanjutnya adalah membuat kata sandi atau password.
  8. Klik 'next' dan lanjutkan prosesnya.
  9. Bila muncul jendela yang berisi Privacy and Terms, klik 'I Agree'.
  10. Klik 'Next' setelahnya muncuk konfirmasi username dan password.

Keuntungan Memiliki Akun Gmail

Gmail atau Google Mail sendiri merupakan layanan email milik Google (yang juga pencipta Android). Keuntungan mempunyai akun Gmail, kita bisa terhubung ke semua aplikasi milik Google, seperti Youtube, Calendar, Google Drive, dan lainnya.

Kita juga bisa menyimpan semua daftar kontak (nomor hp) di akun Gmail. Jadi tidak perlu khawatir kehilangan semua kontak ketika ingin melakukan reset hp. Cukup sinkronisasi daftar kontak ke akun Gmail, maka semua kontak akan muncul di hp kita.

Selain itu, masih ada beberapa keunggulan Gmail dibanding email lain, seperti peningkatan kapasitas penyimpanan dari 1 GB per pengguna (awal peluncuran) dan kini telah ditingkatkan menjadi 15 GB.

Selain itu Gmail juga dapat menerima email hingga ukuran 50 MB dan mengirimkan email dalam ukuran file 25 MB, termasuk lampiran 

Cara untuk mendaftarkan akun Gmail baru di atas dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Jika koneksi internet kamu bagus, prosesnya tidak sampai 5 menit. Semoga bermanfaat!

Like us!

Komentar