Bingung Memilih AC? Sesuaikan dengan Daya Listrik di Rumah

Oleh Imam Ali updated Senin, 24 Des 2018 | 18:24

Cara Memilih AC Sesuai Daya Listrik

Terkadang keinginan seringkali jauh dari kenyataan, seperti halnya ketika ingin memilih AC sesuai daya listrik di rumah. Kebanyakan orang memilih sesuai dengan budget atau keuangan yang mereka miliki. Padahal belum tentu Air Conditioner (AC) yang Anda beli bisa aman menyala di rumah Anda.

Namun beruntung saat ini teknologi AC sudah sampai ke tingkatan Inverter. Teknologi AC Inteverter memungkinkan Anda untuk lebih berhemat dengan listrik dan juga keuangan Anda.

Namun, Anda tetap perlu memikirkan aspek lain seperti berapa kemampuan dari daya listrik di KWH meter Anda. Tak hanya itu, Anda juga perlu tau berapa banyak beban tanggungan listrik di rumah Anda dengan banyaknya perlengkapan elektronik yang ada.

Memilih AC Berdasarkan Daya Listrik di Rumah

AC LG DUAL COOL with WATT CONTROL

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui berapa watt kapasitas listrik di rumah Anda. Selanjutnya pastika AC yang sudah Anda beli memiliki adalah AC Inverter dengan kapasitas listrik yang aman untuk di rumah dan tidak membebani.

Umumnya, PLN hanya menyediakan beberapa pilihan standar Daya Listrik yaitu 220VA (1A), 450VA (2A), 900VA (4A), 1300VA (6A), 2200VA (10A), 3500VA (16A), 4400VA (20A), 5500VA (25A) dan seterusnya.

Namun bagi Anda yang baru memiliki rumah sudah sedikit tenang, karena saat ini regulasi terbaru PLN listrik terendah perumahan sudah bukan lagi 900VA melainkan 1300VA. Lalu bagaimana caranya memilih AC yang sesuai dengan kapasitas listrik?

Berikut ada beberapa tips dan trik untuk Anda memilih AC berdasarkan kapasitas listrik di rumah Anda.

  • Ketahui terlebih dahulu besaran daya listrik rumah Anda.

  • Hitung penggunaan daya di rumah Anda dengan banyaknya beban elektronik di rumah Anda

  • Konsultasikan kondisi kapasitas listrik Anda dengan penjual saat ingin membeli AC agar mendapatkan rekomendasi yang pas

  • Pilih AC Low Watt atau AC Inverter yang lebih mengandalkan penggunaan watt yang rendah.

  • Jika memungkinkan pilih AC yang memliki kelebihan untuk mengatur watt seperti AC LG DUAL COOL with Watt Control agar pemakaian daya listrik rumah Anda menjadi lebih teratur ketika menggunakan AC

Listrik AC Standar, Low Watt, dan Inverter

AC INVERTER LG

AC sendiri memiliki beberapa type serta jenis, ada jenis yang standar, Low Watt, dan juga Inverter. Nah, dibawah ini pricebook coba terangkan dengan sebuah tabel baik itu jenis AC serta besaran listrik yang dibutuhkan.

Jenis PK AC

AC Standard

AC Low Watt

AC Inverter

AC 1/2 PK

400 Watt

320 Watt

 

AC 3/4 PK

600 Watt

530 Watt

 

AC 1 PK

840 Watt

660 Watt

225 – 920 Watt

AC 1.5 PK

1170 Watt

 

270 – 1070 Watt

AC 2 PK

1920 Watt

 

300 – 1710 Watt

AC 2.5 PK

2570 Watt

 

350 – 2220 Watt

Tabel di atas merupakan sebuah penjelasan awal dalam memilih AC sesuai listrik rumah Anda. Artinya jika Anda memiliki kapasitas daya listrik sebesar 900VA Anda bisa menggunakan AC 1/2 PK, untuk perhitungan aman. Jika Anda memiliki kapasitas daya listrik sebesar 1300VA, Anda bisa saja menggunakan AC 1/2 PK atau AC 3/4 PK.

Perhitungan di atas hanya jika Anda menggunakan AC jenis standar. Berbeda jika Anda menggunakan AC Inverter. Dari tabel, Anda sudah bisa memperhitungkan sendiri mana AC hemat listrik yang bisa digunakan di rumah Anda.

AC LG DUAL COOL with Watt Control

AC LG DUAL COOL with WATT CONTROL

Anda mungkin bertanya kenapa ada Watt Control pada kata AC LG DUAL COOL with Watt Control? Teknologi ini tergolong baru dan hanya LG yang memiliki. Bayangkan berapa banyak Anda bisa menghemat menggunakan produk AC LG DUAL COOL with Watt Control ini.

Alasannya cukup simple, selain sudah diberkahi dengan sistem pendingin inverter yang hemat. Dengan AC LG DUAL COOL with Watt Control Anda bisa mengontrol sendiri penggunaan daya listrik rumah Anda.

LG SmartThinQ

Menarik pastinya, ditambah lagi dengan adanya fitur active energy control. Pengaturan konsumsi listrik juga mudah dilakukan. Enaknya lagi, AC LG DUAL COOL with Watt Control juga memiliki banyak tipe. Sehingga bebas memilih sesuai dengan kebutuhan yang dimau. Apalagi, Harga AC LG DUAL COOL with Watt Control sendiri juga terjangkau.

Pasti nyaman rasanya bila memiliki rumah yang sejuk dan nyaman tanpa membebani tagihan listrik Anda setiap bulan. Atau bagi Anda yang memiliki kapasitas daya listrik 900VA ingin mencoba ke AC 1 PK dari AC 1/2 PK, sangat mungkin bisa jika menggunakan produk AC LG DUAL COOL with Watt Control.

Kenapa AC LG DUAL COOL with Watt Control?

Kalau hanya sekedar AC Inverter, saat ini pasti sudah banyak produsen yang menggunakan teknologi tersebut untuk produk elektronik mereka termasuk AC. Namun, untuk AC LG DUAL COOL with Watt Control ini memiliki sistem kerja yang sangat berbeda.

Jika dilihat dari segi teknologi Inverter, AC LG DUAL COOL with Watt Control ini bisa dikatakan sama dengan produk lain. Menggunakan dua kompresor yang bekerja saling berdampingan sehingga membuat suhu dingin lebih cepat namun tetap hemat energi.

Sebenarnya bukan karena dual Inverter yang dimiliki, tapi karena sistem pengaturan watt yang dipunya oleh AC LG DUAL COOL with Watt Control. Bayangkan, dengan AC Inverter saja Anda bisa menggunakan AC 1PK layaknya AC 1/2 PK, dan AC 2,5PK layaknya AC 1PK pemakaian listriknya.

Apalagi ditambah dengan pengaturan watt seperti yang dimiliki AC LG DUAL COOL wit Watt Control. Jika AC Inverter 1PK sama dengan AC Standar 1/2PK, maka penggunaan daya berkisar pada 400 watt. Kemudian diberikan pengaturan watt hingga 80% menjadi 320 watt, Anda bisa lebih hemat 80 watt atau setara dengan TV LED 32 inch.

Artikel Terkait

Komentar