Diperbaharui pada Minggu, 28 Oktober 2018 | 09:05

OPPO F9, Selfie Makin Kreatif, Foto Malam Makin Produktif

 

Pasti sudah seringkan mendengar kalimat "kok gini sih selfienya?" atau "kok gambarnya jelek kalau motret malem..". Yap, sudah terlalu sering pastinya mendengal kedua kalimat sumbang tersebut. Namun ternyata tidak semua orang mengucapkan dua kalimat tersebut. Apalagi jika mereka sudah mencoba menggunakan Oppo F9 sebagai penunjang eksistensi mereka. Sudah tidak bisa dipungkiri kalo Oppo memang sangat mengedepankan fitur-fitur pada smartphone mereka termasuk kualitas gambar yang dihasilkan kameranya. Tak perduli itu kamera selfie maupun kamera utama.

Kali ini pricebook.co.id akan sedikit memberikan tuntunan kepada Anda untuk bisa memanfaatkan kehebatan dari kamera Oppo F9. Karena selama ini yang menjadi permasalahan adalah soal selfie dan juga foto di malam hari, pricebook.co.id punya beberapa catatan penting yang mungkin bisa Anda gunakan sebagai petunjuk.

Manfaatkan Fitur

1. Manfaatkan fitur AI Beauty 2.1 untuk membuat hasil selfie menjadi cantik dan natural
Oppo mempersenjatai kamera selfie produk mereka dengan fitur-fitur fotografi yang dapat mempercantik hasil jepretan. Salah satunya adalah AI Beautify 2.1. Fitur ini bisa menangkap foto selfie menjadi tampak lebih alami. Total ada 7 tingkatan yang dapat mengubah hasil selfie menjadi cantik dan natural.

2. Gunakan palm shutter untuk memotret selfie tanpa getaran
Selfie terkadang menjadi kegiatan yang rumit gara-gara tombol shutter yang sulit dijangkau. Oppo menghadirkan fitur untuk membuat kita bisa selfie tanpa menekan tombol shutter. Soalnya, smartphone Oppo memiliki fitur palm shutter untuk pengambilan selfie dengan hanya melambaikan tangan di depan kamera. Fitur ini berguna untuk meminimalisasi getaran saat memotret selfie.

Oke, dua hal tersebut merupakan cara utama untuk berselfie, tapi Anda juga harus memperhatikan hal penunjang yang tak kalah penting. Nah, apa saja? Berikut kembali penulis jabarkan.

Perhatikan Hal Berikut

1. Pakai screen flash ketika selfie di tempat minim cahaya
Malam hari atau kondisi ruangan yang minim cahaya membuat hasil selfie kurang maksimal. Apalagi, mayoritas smartphone hanya memiliki lampu flash di bagian belakang. Untungnya, kamera depan Oppo memiliki screen flash untuk memastikan foto selfie cerah dan alami dalam kondisi apapun.

2. Perbaiki kondisi latar saat memotret selfie dengan bokeh effect
Kondisi latar terkadang mengganggu hasil selfie kamu yang seharusnya menjadi foto sempurna. Ada tips ampuh untuk mengatasi hal ini jika kamu menggunakan smartphone Oppo. Gunakan bokeh effect yang ada sehingga latar belakang yang mengganggu akan terlihat kabur dan tidak menarik perhatian.

3. Pakai mode timer saat menjepret selfie agar hasil foto tidak kabur
Dengan minimnya kontak jari ke ponsel saat menjepret, potensi kamera ponsel bisa bergoyang atau terguncang juga lebih minim. Jadi, agar hasil foto tetap tajam, gunakan timer untuk memotret.

4. Gunakan fitur time lapse untuk menghasilkan selfie yang kreatif
Fitur time lapse yang biasanya terpasang di kamera utama, disematkan juga oleh Oppo di kamera depan. Fitur time lapse sebenarnya berguna untuk mengambil banyak gambar dalam waktu tertentu. Time lapse biasa digunakan untuk mempercepat proses gerakan lambat. Kamu pun dapat melihat detail kelopak bunga yang mekar di pagi hari dengan fitur time lapse ini sehingga selfie makin terlihat kreatif.

5. Gunakan panorama agar memudahkan proses wefie
Wefie tanpa tongkat narsis memang lumayan sulit. Kalaupun bisa, hasilnya biasanya goyang dan kurang sempurna. Fitur panorama yang tersedia di kamera depan Oppo dapat mengatasi hal ini. Pasalnya, jangkauan gambar yang dihasilkan lebih lebar dan cocok untuk aktivitas wefie. Prinsipnya pun hampir sama dengan memotret panorama dengan kamera belakang. Hanya saja, memang harus terbiasa untuk mengambil gambar selfie lewat fitur panorama.

Nah, ini yang paling ditunggu pasti. Bagaimana sih cara memotret di malam hari agar hasilnya bagus dan tidak membuat malu? Berikut merupakan beberapa tips yang mungkin bisa sedikit berguna bagi Anda semua.

Produktif Memotret Di Malam Hari



1. Pada saat memotret, jangan sampai bergoyang sedikit pun. Karena kondisi di malam hari yang minim sekali dengan cahaya, kamera secara otomatis akan memperpanjang bukaan lensa agar dapat exposure lebih lama, jika pada saat ini kamera sedang bergoyang sedikit pun maka akan menyebabkan blur. Usahakan untuk menggunakan penyanggah berupa tangan yang disandarkan pada pagar atau meja agar tidak goyang sama sekali. Selain itu, tekan tombol shutter supaya posisi smartphone masih tetap hingga 5 detik, jangan terburu-buru melihat hasilnya dengan menggerakan ponsel Oppo anda. Dengan mempraktekkan tips diatas, kita akan lebih mudah mendapatkan hasil foto yang jernih, apalagi jika diletakkan di tempat yang stabil dengan menggunakan tripod dan dipotret dengan O-Click sehingga hasilnya akan memuaskan, disarankan untuk tidak memotret menggunakan tangan penyanggah apalagi dengan satu tangan.

2. Aktifkan Night Mode untuk memperlambat kecepatan bukaan lensa dan meningkatkan sensitivitas ISO untuk menambah tingkat kecerahan, jadi sensitivitas cahaya akan lebih unggul pada mode normal, selalu diingat jika ingin memotret dalam kondisi minim cahaya pastikan night mode telah diaktifkan.

3. Gunakan timer, dengan menampilkan angka countdown, user memiliki waktu yang cukup untuk menyesuaikan sudut dan gambaran subjek foto yang akan ditangkap, biasanya fungsi angka countdown ini sering digunakan untuk selfie atau grup selfie, namun juga bermanfaat untuk memaksimalkan potret di malam hari. Kita dapat menggunakan gelas atau dompet sebagai sandaran ponsel, dan pada saat menekan shutter, timer selesai menghitung kamera baru ditekan, secara otomatis foto tidak akan terpengaruh dengan sentuhan jari tangan.

4. Kondisi cahaya yang kurang mendukung dengan menggunakan blitz untuk menangkap objek jarak dekat terkadang menyebabkan timbulnya cahaya yang berlebihan dan tidak kontras, sedangkan jika tidak menggunakan blitz, subjek foto akan menjadi gelap dan buram, dalam kondisi demikian kita dapat memanfaatkan softlight untuk hasil foto yang lebih baik, jika ponsel tidak ada soft lightnya, kita dapat menyesuaikan pantulan cahaya sekitar sebagai bantuan exposure.

5. Pada saat memotret wajah pada malam hari, terkadang wajah terlihat gelap. Dalam kondisi demikian, objek yang difokuskan sebaiknya hangan pada saat berlawanan dengan cahaya. Untuk posisi ini, wajah diperbolehkan agak menyamping, sehingga sebagian cahaya memantul ke wajah dan tidak mengalami kegagalan total karena berlawanan dengan cahaya.

Nah, selamat mencoba untuk bereksperimen. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki HPnya, silahkan dilihat di pricebook.co.id untuk Oppo F9. Tapi tunggu dulu, pricebook tidak menjual namun hanya memberikan Anda petunjuk harga terbaik untuk Anda bisa mendapatkan Oppo F9.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.