Cara Hemat Baterai Android, Dijamin Tahan 2 Hari

Oleh Rizki Abadi updated Rabu, 10 Okt 2018 | 01:31 PM

cara hemat baterai android

Di zaman yang serba canggih ini, kebutuhan akan sebuah smartphone bisa dibilang sudah tak terbantahkan lagi. Bahkan bisa dibilang smartphone yang tadinya merupakan barang mewah sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Apalagi untuk smartphone Android, rasanya hampir semua orang pasti memilikinya. Dibanding perangkat lain seperti iOS, hp Android dianggap memiliki layanan yang beragam dan dijual dengan harga lebih terjangkau.

Namun, ada satu hal yang selalu menjadi masalah klasik dari sebuah smartphone Android, yaitu adalah daya tahan baterai yang cepat habis. Dibandingkan featured phone, konsumsi baterai smartphone jelas lebih boros karena harus menjalankan beragam layanan secara bersamaan.

Tentu hal ini menjadi kendala tersendiri bagi kita, apalagi bila smartphone itu sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Nah, agar masalah baterai boros di Android kamu bisa teratasi, berikut ini adalah cara hemat baterai Android agar bisa bertahan sampai 2 hari dari Pricebook:

1. Redupkan Cahaya Layar

cara hemat baterai android

Ini adalah cara paling standar yang bisa kamu lakukan jika ingin menghemat beterai Android. Dengan pengaturan pencahayaan layar yang tinggi, akan membuat konsumsi baterai di hp juga akan semakin tinggi.

Efeknya, baterai menjadi lebih boros. Untuk itu, untuk menghemat baterai Android, kamu jelas harus mengurangi cahaya dari layar atau sedikit meredupkannya. Selain lebih hemat baterai, mata kamu juga tidak akan cepat lelah akibat melihat cahaya yang terlalu terang.

2. Matikan Fitur Getar

cara hemat baterai android

Bagi sebagian orang, fitur getar sangat dibutuhkan karena itu juga akan menjadi penanda lain ketika ada panggilan masuk. Hal ini sendiri normal dilakukan, karena nada dering dianggap kurang terdengar, bisa memancing perhatian orang (termasuk orang jahat), atau mengganggu orang lain.

Namun, fitur yang satu ini juga menjadi salah satu biang kerok dari borosnya baterai smartphone Android. Baterai akan semakin boros jika kamu juga mengaktifkan fitur ini pada saat menekan tombol atau mengetik teks.

Saran kami, coba atur getaran di hp, kalau bisa matikan getaran di hp kamu. Kalaupun ingin mempertahankan penggunaannya, matikan saja fitur getar pada saat menekan tombol atau mengetik teks karena penggunaannya tidak terlalu efektif pada saat itu.

3. Matikan Fitur Lokasi (GPS)

cara hemat baterai android

Salah satu cara untuk menghemat baterai Android adalah dengan mematikan fitur lokasi atau GPS. Sebenarnya, fitur ini akan sangat berguna ketika kita sedang mencari alamat menggunakan layanan maps.

Namun, setelah itu, rasanya penggunaannya tidak akan terlalu efektif. Palingan fitur ini akan berguna pada saat kamu ingin menambahkan lokasi pada saat update status Instagram atau sosial media lain yang bisa memasukkan nama lokasi.

Saran kami, lebih baik fitur lokasi ini hanya dipakai di saat-saat seperti yang sudah disebutkan di atas. Selebihnya, matikan saja agar tidak terlalu banyak memakan baterai.

4. Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

cara hemat baterai android

Smartphone-smartphone zaman sekarang sudah semakin canggih karena mereka sudah menyediakan fitur penghemat baterai yang bisa kamu manfaatkan. Biasanya, penghematan yang dilakukan adalah dengan mengatur pencahayaan layar, dan mematikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background.

Namun, ada kalanya ketika menggunakan hp, kita tidak suka bila harus dibatasi penggunaannya. Kalau sudah begitu, kami menyarankan untuk menyalakan fitur ini bila kapasitas baterai di hp Android sudah mendekati low batt. Agar kapasitas baterai di hp menjadi lebih panjang.

5. Bersihkan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

cara hemat baterai android

Banyak pengguna hp Android yang menganggap kalau menutup aplikasi sudah cukup untuk membuat hp menjadi lebih enteng. Padahal, itu hanya membuatnya ditutup namun tetap berjalan di background.

Kalau itu dibiarkan terus menerus, maka akan memakan memori ram dan juga baterai. Karena itu, cobalah masuk ke menu multitasking dan cek apa saja aplikasi yang masih berjalan. Kalau ada aplikasi yang sudah tidak terpakai, lebih baik matikan saja.

6. Kurangi Waktu Stand By Layar Hp Android

cara hemat baterai android

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalau salah satu hal yang membuat baterai menjadi boros adalah karena urusan layar. Tidak hanya karena cahayanya yang terlalu terang, namun juga akibat terlalu lama menyala, termasuk karena stand by terlalu lama.

Dalam hal ini, kami menyarankan kamu untuk mengurangi waktu stand by dari hp kamu. Kamu bisa mengaturnya di menu setting hp, ubah waktu stand by hp menjadi tidak terlalu lama agar baterai hp tidak terbuang percuma.

7. Jangan Taruh Banyak Widget di Homescreen

cara hemat baterai android

Salah satu hal yang tidak disadari akan membuat baterai hp menjadi boros adalah menaruh terlalu banyak widget di homescreen. Widget-widget tersebut akan aktif dan memakan baterai hp sedikit demi sedikit.

Karena itu, lebih baik buat tampilan homescreen hp menjadi lebih kosong dengan menyingkirkan widget-widget di hp kamu. Selain menyingkirkan widget, kamu bisa menggunakan wallpaper warna hitam agar cahaya di hp menjadi tidak terang dan baterai menjadi tidak banyak terkuras.

Itulah cara-cara menghemat baterai Android dari kami, simpel dan mudah bukan? Namun, semudah-mudahnya kamu dalam melakukan cara menghemat baterai hp Android, tentu akan lebih mudah jika kamu tidak perlu melakukan hal di atas namun baterai hp tetap hemat.

cara hemat baterai android

Apa iya bisa seperti itu? Tentu saja bisa! Karena sekarang sudah bermunculan hp-hp dengan baterai besar. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah OPPO A3s yang punya baterai mencapai 4230mAh.

Menariknya, fitur istimewa ini bisa kamu dapat dengan harga mulai Rp1 jutaan saja. Sangat menarik bukan? Selain angka kapasitas baterai yang besar, daya tahan baterai OPPO A3s juga bisa dibilang memuaskan.

Bagi kamu yang penasaran dengan seberapa bagus daya tahan baterai dari OPPO A3s, kamu bisa membaca review baterai OPPO A3S di tautan ini. Di samping urusan baterai, spesifikasi lain dari OPPO A3s juga menarik perhatian.

Performa OPPO A3s diserahkan pada prosesor Snapdragon 450 yang hadir dengan fabrikasi 14 nm. Bagusnya daya tahan baterai dari OPPO A3s juga banyak didukung oleh ColorOS 5.1 yang berbasis Android 8.1 Oreo.

Jadi, bagi kamu yang tidak mau repot-repot melakukan cara menghemat baterai Android di atas, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan OPPO A3s yang dijamin akan memberikan kamu kepuasan dalam hal ketahanan baterai.

Bahkan, jika merasa masih kurang, kamu bisa memiliki OPPO A3s dan tetap menjalankan tips-tips di atas agar membuat performa baterai hp ini menjadi lebih hebat. Jadi, tertari memiliki OPPO A3s?

Artikel Lainnya

Komentar