Diperbaharui pada Kamis, 7 September 2023 | 14:20

Cara Hilangkan Notifikasi Saat Main Game di Hp Android

Cara Hilangkan Notifikasi Saat Bermain Game di Hp Android

Notifikasi memang hal terpenting dan menjadi salah satu cara bagi kita untuk mengetahui siapa yang menghubungi atau yang mengirim pesan ke kita.

Hal tersebut juga berlaku untuk semua jenis smartphone. Terkadang demi mengetahui apa isi pesan dari orang yang mengirimnya kita juga perlu mengaktifkan fitur ini.

Meski sangat dibutuhkan, terkadang fitur notifikasi ini juga bisa sangat mengganggu. Apalagi bagi para mobile gamer yang lebih memilih untuk tak ingin diganggu ketika sedang larut dalam permainan. Tapi bagaimana caranya?

Beruntung bagi beberapa device yang diberkahi dengan pengaturan cepat untuk menonaktifkan notifikasi saat sedang bermain game terutama.

Lantas bagaimana jika hp Android Anda tidak dilengkapi dengan game space atau pengaturan game internal lain? Adakah cara lain?

Ada saja, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi agar main game tidak terganggu notifikasi yang bisa Anda download dari Google Play Store.

Mungkin Anda bingung dari sekian banyak aplikasi yang ada mana yang bisa digunakan tanpa kendala. Pricebook.co.id mencoba untuk memberikan beberapa rekomendasi aplikasi kepada Anda, khusus bagi pengguna Android.

Notification Blocker & Notification History

Cara Hilangkan Notifikasi Saat Bermain Game di Hp Android

Aplikasi yang satu ini sangat mudah ditemui. Logo atau thumbnail yang dimiliki pun cukup unik. Namun cara kerjanya tak perlu dibantah lagi.

Aplikasi ini mampu meredam floatings dan pop up notifikasi smartphone Anda dengan cukup baik. Anda bisa gunakan aplikasi ini untuk melakukan block secara total semua notifikasi dari aplikasi Anda atau memilih yang dibutuhkan saja.

Tapi tunggu dulu, meskipun sudah dilakukan pemblokiran, Anda masih bisa mengetahui notifikasi apa saja yang masuk dari aplikasi yang sudah di block. Caranya mudah, hanya tinggal menekan tombol history dan semua terbaca.

Zenty - Notification Blocker & Focus Booster

Cara Hilangkan Notifikasi Saat Bermain Game di Hp Android

Beda aplikasi, beda juga cara kerjanya. Aplikasi yang satu ini bekerja dengan sistem timer. Anda bisa memberikan waktu jeda berapa lama waktu Anda yang tidak ingin terganggu dengan notifikasi.

Aplikasi ini hanya mensenyapkan semua notifikasi baik dari Anda dan juga layar smartphone. Namun setelah waktu yang Anda tentukan selesai, semua notifikasi yang masuk dalam waktu blokir, bisa Anda lihat sepenuhnya melalui fitur session log yang dimiliki.

Stay Focused - App Block

Cara Hilangkan Notifikasi Saat Bermain Game di Hp Android

Ada dua aplikasi di Google Play Store dengan nama Stay Focused - App Block. Namun hanya satu yang direkomendasikan Pricebook.co.id untuk Anda. Aplikasi besutan Innoxapps ini memiliki fitur lengkap.

Bisa dikatakan fitur-fitur yang dimiliki merupakan gabungan dari dua aplikasi di atas. Penggunaannya pun cukup mudah, hanya tinggal memilih berdasarkan waktu atau interval hari yang Anda bisa tentukan sendiri.

Anda juga bisa menggunakan fitur quick block jika tidak ingin repot. Bahkan, Anda bisa mengatur berapa banyak aplikasi yang bisa di hidupkan di tiap harinya.

Adakah cara lain yang mungkin tidak terlalu merepotkan? Tentu saja ada, dan cara ini kelengkapannya sudah tersedia di berbagai smartphone. Jadi Anda tidak perlu repot untuk melakukan download.

Don't Disturb Mode

Cara Hilangkan Notifikasi Saat Bermain Game di Hp Android

Mode yang satu ini ada tepat di bagian pengaturan profil. Bagi yang merasa repot untuk mencari, Anda cukup menekan tombol volume bawah atau mengurangi volume hingga titik akhir. Kemudian setelah di titik akhir, Anda tekan lagi hingga muncul tanda minus di dalam lingkaran.

Nah, beberapa smartphone mungkin tidak bisa menggunakan cara tersebut. Anda bisa menggunakan fungsi sound melalui pengaturan atau setting. Di dalamnya terdapat jenis pengaturan mulai dari volume hingga pilihan ringtones. Tapi jika Anda teliti, di sana Anda akan menemukan pilihan fitur don't disturb.

Fitur ini cukup membantu Anda mengurangi gangguan dari pop up notifikasi yang sering muncul, apalagi kalau sedang asik main game. Untuk selanjutnya, Anda tinggal melakukan pengaturan pada pilihan priority allow nya saja. Mudahkan, lalu bagaimana jika mode tersebut juga tidak ditemukan?

Notification

cara hilangkan notifikasi

Jika memang tidak tersedia pengaturan don't disturb pada smartphone Anda, manfaatkan langsung fitur notification pada laman setting Anda. Yah, meski tidak seinstan seperti menggunakan don't disturb, Anda tetap dapat mematikan notifikasi yang dianggap mengganggu.

Melalui fitur ini pula, Anda bisa juga memilih mana aplikasi yang sangat Anda inginkan untuk tetap menyala notifikasinya. Atau melakukan block secara langsung semua notifikasi dari banyaknya aplikasi yang Anda miliki.

Airplane Mode

Cara Hilangkan Notifikasi Saat Bermain Game di Hp Android

Ada satu lagi yang bisa Anda lakukan jika Anda benar - benar terganggu dengan notifikasi yang sering muncul. Namun mode yang satu ini tidak diperuntukan bagi Anda yang sedang bermain game online atau menunggu telpon dari seseorang.

Dinamakan Airplane mode karena didasari dari perilaku setiap orang yang diwajibkan mematikan alat komunikasinya saat posisi take off dan landing. Namun kebanyakan orang malas untuk mengeluarkan handphone hanya untuk menekan tombol power. Maka muncullah fitur airplane ini.

Mungkin kebanyakan dari Anda sudah tahu apa fungsi dan guna dari Airplane ini. Mode ini cukup ampuh ketika Anda mengharapkan waktu untuk beristirahat tenang saat berlibur. Tapi tidak jika Anda ingin bermain game dengan cara online.

Namun, dari tiap - tiap fitur ternyata memiliki kekurangan. Seperti halnya Don't Disturb yang mengharuskan Anda memilih mana yang harus jadi prioritas. Kemudian Notification, kalau tidak block all notifikasi mau tak mau harus memilih, mana yang harus di block.

Terakhir Airplane mode, sudah tahukan pastinya seperti apa jadinya jika mode ini hidup. Tak ada jaringan maupun layanan data atau sama dengan mematikan handphone.

Menarik dan sangat membantu tentunya, meskipun demikian cara kerja aplikasi-aplikasi ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan fitur pengaturan bawaan yang ada pada smartphone.

Namun, jika banyak dari Anda yang merasa sedikit malas untuk menelusuri menu settingan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi aplikasi-aplikasi tersebut.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.