Tips dan Cara Agar Main Game di Hape Tidak Terganggu Notifikasi

Oleh Imam Ali updated Sabtu, 6 Okt 2018 | 09:00

Tips & Cara Agar Main HP Tidak Terganggu Notifikasi

Notifikasi memang hal terpenting dan menjadi salah satu cara bagi kita untuk mengetahui siapa yang menghubungi atau yang mengirim pesan ke kita. Hal tersebut juga berlaku untuk semua jenis smartphone. Terkadang demi mengetahui apa isi pesan dari orang yang mengirimnya kita juga perlu mengaktifkan fitur ini.

Meski sangat dibutuhkan, terkadang fitur notifikasi ini juga bisa sangat mengganggu. Apalagi bagi para mobile gamer yang lebih memilih untuk tak ingin diganggu ketika sedang larut dalam permainan. Tapi bagaimana caranya?

Beruntung bagi beberapa device yang diberkahi dengan pengaturan cepat untuk menonaktifkan notifikasi saat sedang bermain game terutama. Seperti halnya Oppo F9 yang dilengkapi dengan fitur game space. Melalui fitur game space tersebut Oppo F9 sudah bisa membuat nyaman penggunanya ketika bermain game tanpa harus terganggu pop up notifikasi.

Lantas bagaimana jika Anda bukan pengguna Oppo F9? Adakah cara lain? Ada saja, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi agar main game tidak terganggu notifikasi yang bisa Anda download dari Google Play Store. Mungkin Anda bingung dari sekian banyak aplikasi yang ada mana yang bisa digunakan tanpa kendala. Pricebook.co.id mencoba untuk memberikan beberapa rekomendasi aplikasi kepada Anda, khusus bagi pengguna Android.

Notification Blocker & Notification History

Aplikasi yang satu ini sangat mudah ditemui. Logo atau thumbnail yang dimiliki pun cukup unik. Namun cara kerjanya tak perlu dibantah lagi. Aplikasi ini mampu meredam floatings dan pop up notifikasi smartphone Anda dengan cukup baik. Anda bisa gunakan aplikasi ini untuk melakukan block secara total semua notifikasi dari aplikasi Anda atau memilih yang dibutuhkan saja.

Notif Block Notif Block 2

Tapi tunggu dulu, meskipun sudah dilakukan pemblokiran, Anda masih bisa mengetahui notifikasi apa saja yang masuk dari aplikasi yang sudah di block. Caranya mudah, hanya tinggal menekan tombol history dan semua terbaca.

Zenty - Notification Blocker & Focus Booster

Beda aplikasi, beda juga cara kerjanya. Aplikasi yang satu ini bekerja dengan sistem timer. Anda bisa memberikan waktu jeda berapa lama waktu Anda yang tidak ingin terganggu dengan notifikasi.

zenty step 1 zentay step 2

Aplikasi ini hanya mensenyapkan semua notifikasi baik dari Anda dan juga layar smartphone. Namun setelah waktu yang Anda tentukan selesai, semua notifikasi yang masuk dalam waktu blokir, bisa Anda lihat sepenuhnya melalui fitur session log yang dimiliki.

Stay Focused - App Block

Ada dua aplikasi di Google Play Store dengan nama Stay Focused - App Block. Namun hanya satu yang direkomendasikan Pricebook.co.id untuk Anda. Aplikasi besutan Innoxapps ini memiliki fitur lengkap.

focus 1  focus2

Bisa dikatakan fitur-fitur yang dimiliki merupakan gabungan dari dua aplikasi di atas. Penggunaannya pun cukup mudah, hanya tinggal memilih berdasarkan waktu atau interval hari yang Anda bisa tentukan sendiri. Anda juga bisa menggunakan fitur quick block jika tidak ingin repot. Bahkan, Anda bisa mengatur berapa banyak aplikasi yang bisa di hidupkan di tiap harinya.

focus 3 focus 4

Adakah cara lain yang mungkin tidak terlalu merepotkan? Tentu saja ada, dan cara ini kelengkapannya sudah tersedia di berbagai smartphone. Jadi Anda tidak perlu repot untuk melakukan download.

Don't Disturb Mode

dont disturb dont disturb

Mode yang satu ini ada tepat di bagian pengaturan profil. Bagi yang merasa repot untuk mencari, Anda cukup menekan tombol volume bawah atau mengurangi volume hingga titik akhir. Kemudian setelah di titik akhir, Anda tekan lagi hingga muncul tanda minus di dalam lingkaran.

Nah, beberapa smartphone mungkin tidak bisa menggunakan cara tersebut. Anda bisa menggunakan fungsi sound melalui pengaturan atau setting. Di dalamnya terdapat jenis pengaturan mulai dari volume hingga pilihan ringtones. Tapi jika Anda teliti, di sana Anda akan menemukan pilihan fitur don't disturb.

Fitur ini cukup membantu Anda mengurangi gangguan dari pop up notifikasi yang sering muncul, apalagi kalau sedang asik main game. Untuk selanjutnya, Anda tinggal melakukan pengaturan pada pilihan priority allow nya saja. Mudahkan, lalu bagaimana jika mode tersebut juga tidak ditemukan?

Notification

Jika memang tidak tersedia pengaturan don't disturb pada smartphone Anda, manfaatkan langsung fitur notification pada laman setting Anda. Yah, meski tidak seinstan seperti menggunakan don't disturb, Anda tetap dapat mematikan notifikasi yang dianggap mengganggu.


notif 1 notif 2


Melalui fitur ini pula, Anda bisa juga memilih mana aplikasi yang sangat Anda inginkan untuk tetap menyala notifikasinya. Atau melakukan block secara langsung semua notifikasi dari banyaknya aplikasi yang Anda miliki.

Airplane Mode

Ada satu lagi yang bisa Anda lakukan jika Anda benar - benar terganggu dengan notifikasi yang sering muncul. Namun mode yang satu ini tidak diperuntukan bagi Anda yang sedang bermain game online atau menunggu telpon dari seseorang.

Dinamakan Airplane mode karena didasari dari perilaku setiap orang yang diwajibkan mematikan alat komunikasinya saat posisi take off dan landing. Namun kebanyakan orang malas untuk mengeluarkan handphone hanya untuk menekan tombol power. Maka muncullah fitur airplane ini.

airplane mode

Mungkin kebanyakan dari Anda sudah tahu apa fungsi dan guna dari Airplane ini. Mode ini cukup ampuh ketika Anda mengharapkan waktu untuk beristirahat tenang saat berlibur. Tapi tidak jika Anda ingin bermain game dengan cara online.

Namun, dari tiap - tiap fitur ternyata memiliki kekurangan. Seperti halnya Don't Disturb yang mengharuskan Anda memilih mana yang harus jadi prioritas. Kemudian Notification, kalau tidak block all notifikasi mau tak mau harus memilih, mana yang harus di block.

Terakhir Airplane mode, sudah tahukan pastinya seperti apa jadinya jika mode ini hidup. Tak ada jaringan maupun layanan data atau sama dengan mematikan handphone.

Menarik dan sangat membantu tentunya, meskipun demikian cara kerja aplikasi-aplikasi ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan fitur pengaturan bawaan yang ada pada smartphone. Namun, jika banyak dari Anda yang merasa sedikit malas untuk menelusuri menu settingan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi aplikasi-aplikasi tersebut.

Tapi hal - hal di atas mungkin tidak akan Anda khawatirkan jika Anda pengguna Oppo F9. Fitur baru bernama Game Space yang dimilikinya mampu tetap memberikan notifikasi pada layar smartphone Anda tanpa harus mengganggu saat bermain game dengan cara muncul sebagai floating notification. Fitur terbaru milik Oppo F9 ini sangat berguna pastinya.

Cara kerjanya sangat mudah, hanya tinggal klik shortcut aplikasi yang sudah tersedia, secara otomatis Anda akan dibawa ke halaman utama aplikasi ini. Jika kalian pengguna aplikasi steam, aplikasi baru Oppo F9 ini speintas memiliki pengoperasian layaknya aplikasi tersebut. Semua jenis game yang sudah Anda download akan dikumpulkan di satu halaman utama dengan satu jenis pengaturan dasar. Intinya, penggunaan aplikasi Game Space terbaru milik Oppo F9 ini tidak akan melenyapkan notifikasi semua aplikasi Anda. Hanya saja, aplikasi ini tidak akan memunculkan notifikasi saat Anda sedan asik bermain. Namun ketika Anda menyudahi permainan, Anda bisa langsung melihat berapa banyak notifikasi yang menumpuk di halaman utama smartphone Oppo F9 Anda.

Penasaran akan wujud fitur baru Oppo F9 ini? Nih, pricebook.co.id kasih sedikit bocoran.

 game space game spaces2 game space home

game space

Segitu aja bocorannya ya, untuk lebih lanjutnya bisa cek di pricebook.co.id, cari aja harga Oppo F9. Siapa tahu kalau sudah lihat harga dan spesifikasi bakalan langsung tertarik untuk membeli.

 

Artikel Lainnya

Komentar