Tips Hasilkan Foto Polaroid yang Bagus dan Tahan Lama

Oleh Imam Ali updated Senin, 11 Nov 2019 | 10:52

Tips foto polaroid
Kamera polaroid atau kamera instan memiliki kelebihan tersendiri di banding kamera digital. Karena kamera ini bisa menghasilkan foto Polaroid yang bisa langsung tercetak secara instan melalui kertas foto khusus.

Sayangnya, kertas foto untuk kamera Polaroid masih terbilang cukup mahal. Sebagai gambaran, harga termurah kertas foto untuk kamera instan berkisar Rp90 ribu yang berisi 10 lembar. Artinya untuk satu foto Polaroid Anda harus mengeluarkan uang Rp9 ribu. Jadi sangat penting untuk mendapatkan hasil foto Polaroid yang bagus di setiap jepretannya.

Untuk itu, kali ini kami akan memberikan sedikit tips bagaimana mendapatkan hasil foto yang bagus dari kamera Polaroid yang kami lansir dari berbagai sumber. Berikut cara yang bisa Anda coba :

Tips Foto Polaroid yang Bagus

1. Jaga Jarak Objek dan Kamera

Tidak seperti kamera digital, sebagian besar kamera Polaroid hanya memiliki jarak fokus yang minim. Jadi pastikan jarak antara objek dan kamera berada di kisaran 30cm atau 60cm. Jika lebih dari itu foto yang dihasilkan akan terlihat kabur

2. Hindari Objek Berukuran Kecil

Cetakan foto dari kamera instan berukuran kecil, jadi usahakan jangan memotret objek berukuran kecil. Jika memang terpaksa, baiknya foto dalam jarak yang sangat dekat. Hal ini berguna agar objek terlihat di dalam frame.

3. Maksimalkan Pencahayaan Alami

Cahaya merupakan inti dari semua jenis fotografi. Tapi memotret dengan kamera Polaroid yang serba otomatis, diperlukan sedikit eksperimen. Penggunaan flash yang otomatis kadang menyebabkan hasil yang tidak terlalu sempurna. Jadi coba manfaatkan pencahayaan alami dengan menonaktifkan flash, termasuk memotret di dalam ruangan.

4. Mencari Angle yang Berbeda

Tips ini tentu saja membutuhkan kreatifitas Anda agar foto terlihat lebih menarik. Tapi intinya Anda bisa mempertimbangkan bagaimana subjek dapat terilhat menarik dengan mengambil sudut yang tidak biasa.

5. Foto Portrait Pilihan yang Tepat

Pemotretan close-up atau portrait cenderung menjadi pilihan yang paling realistis untuk fotografi instan. Lebih baik lagi jika dilakukan dengan format yang tidak monoton, setidaknya tidak hanya diam dan berdiri saja.

6. Gunakan Warna yang Kontras dengan Background

Latar belakang putih atau berwarna terang memang menjadi pilihan yang paling digunakan untuk pemotretan portrait. Namun, lebih baik lagi jika kita melakukan kontra warna antara subjek dengan warna background. Misalnya, jika latar berwarna putih Anda bisa menggunakan baju berwarna gelap atau warna terang. Hal ini sangat penting agar foto objek terlihat jelas dan tidak menghilang oleh warna latar belakang.

7. Mencoba Foto Candid

Cara ini juga sangat baik untuk pemotretan dengan kamera Polaroid. Jadi wajah Anda tidak harus selalu melihat ke depan kamera untuk menghindari kebosanan.

Tips foto polaroid
Tidak hanya itu saja, agar hasil foto dari kamera Polaroid lebih bagus dan tahan lama, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Agar hasil foto tahan lama, jangan terlalu lama mengarahkan langsung ke matahari
  • Simpan hasil foto di tempat yang sejuk (lemari) agar tidak pudar
  • Setelah memotret dan gambar keluar, balikkan kertas foto dan diamkan hingga mengering.
  • Jangan langsung memegang kertas foto, biarkan foto terlihat sempurna dan mengering

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Komentar