Diperbaharui pada Senin, 2 Januari 2023 | 16:42

Cara Long Screenshot di Zenfone Max Pro M1 dan Hp ASUS Lain

Asus Zenfone Max Pro M1
Screenshot atau screen capture merupakan salah satu fitur yang ada di semua hp Android. Dengan cara screenshot di hp kita bisa mengambil tampilan yang ada pada layar menjadi sebuah gambar (umumnya berformat .png).

Seiring perkembangannya, kini hp Android versi terbaru bisa mengambil screenshot dalam format yang lebih panjang atau long screenshot. Hanya saja, tidak semua hp Android terbaru memiliki fitur long screenshot, salah satunya adalah ASUS Zenfone Max Pro M1.

cara long screenshot
Padahal beberapa hp ASUS terbaru lain sudah dibekali fitur long screenshot, seperti Zenfone Live L1. Dimana cara untuk melakukan long screenshot di Zenfone Live L1 cukup menekan tombol power+volume bawah, lalu akan muncul opsi ‘long screenshot’. Dan perangkat secara otomatis akan melakukan screenshot dalam format yang panjang.

Lalu bagaimana dengan Zenfone Max Pro M1? Tidak perlu khawatir, karena ada cara mudah untuk melakukan long screenshoot di Max Pro M1. Berikut caranya :

1. Download salah satu aplikasi long screenshot dari Play Store (kami menggunakan aplikasi LongShot)

cara long screenshot hp asus
2. Setelah terinstal, berikan aplikasi akses di dalam perangkat

cara long screenshot
3. Pada menu Capture Screenshot, centang opsi ‘Auto scroll’, lalu ikuti perintah yang ada pada layar

cara long screenshot

4. Klik ikon ‘capture screeshot’ lalu klik ‘start now’

cara long screenshot5. Pilih aplikasi atau apapun yang ingin di capture dalam format yang panjang

cara long screenshot
6. Sentuh garis merah yang tampil dilayar untuk menghentikan proses screenshot

cara long screenshot7. Setelah selesai klik save, hasilnya bisa lihat di galery atau photo

cara long screenshot

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu melakukan long screenshot pada halaman web serta menggabungkan beberapa gambar menjadi satu. Disini kamu bisa menyimpan hasil long screenshot dalam format .jpg dan .png.

Tidak hanya ASUS Zenfone Max Pro M1 saja, cara screenshot panjang ini juga bisa digunakan untuk hp ASUS lain yang tidak mendukung fitur long screenshot. Selamat mencoba!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.