Cara Mengunci dan Enkripsi Flashdisk Paling Gampang

Oleh Evan Yazid Praditya updated Kamis, 9 Agu 2018 | 04:02

Apakah kamu sering menyimpan data-data penting ke dalam USB flashdisk? Kalau iya, pastinya kamu ingin proteksi ya lebih baik karena bisa saja flashdisk kamu hilang atau dicuri orang. Padahal di dalam flashdisk kamu itu tersimpan data-data rahasia milik kantor misalnya.

Dengan meng-enkripsi flashdisk, kamu tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat nanti kamu kehilangan flashdisk kamu karena nanti orang yang mencuri atau menemukan flashdisk kamu tidak akan bisa membuka isinya.

Yang lebih menarik lagi adalah kamu tidak lagi memerlukan software tambahan untuk mengunci dan meng-enkripsi flashdisk kamu karena pada Windows 10 sudah ada BitLocker yang memungkinkan kamu untuk meningkatkan level keamanan pada flashdisk kamu.

Namun penggunaan BitLocker sendiri ada kekurangan dan kelebihannya. Kita mulai dengan kekurangannya. BitLocker akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengunci dan meng-enkripsi data-data yang ada di dalam flashdisk kamu. Microsoft memberi pernyataan BitLocker akan memakan waktu kurang lebih 1 menit per 500 MB data. Jadi bisa kamu bayangkan berapa lama waktu yang akan kamu butuhkan untuk mengunci flashdisk berukuran 16GB misalnya.

Kelebihan menggunakan BitLocker adalah keamanan yang diberikan pun juga sangat tinggi dan kamu bisa menyimpan password ke dalam bentuk file untuk berjaga-jaga jika kamu lupa dengan password kamu.

Nah, sudah siap untuk mengunci flashdisk mu? Yuk, simak tutorial cara mengunci flashdisk dengan mudah di bawah ini!

1. Pertama-tama siapkan USB flashdisk yang akan kamu kunci dan enkripsi lalu colokkan ke port USB yang ada di desktop atau laptop kamu.

2. Buka My Computer / This Computer lalu cari flashdisk kamu, klik kanan dan klik pada Turn on BitLocker.

3. Pilih Use a password to unlock the drive untuk membuat password yang akan kamu gunakan untuk mengakses flashdisk kamu. Pastikan kamu membuat password yang sulit untuk ditebak. Jika sudah, klik next.

4. Pada langkah ini, kamu akan ditawarkan pilihan untuk memback up recovery  key jika seandainya nanti kamu lupa apa password kamu. BitLocker menawarkan 3 pilihan, save to your Microsoft account, save to a file dan print the recovery key. Kamu bisa pilih apa saja yang menurut kamu cocok. Setelah itu klik next.

5. Langkah berikut ini adalah langkah untuk menentukan seberapa banyak space di flashdisk kamu yang akan dienkripsi. Apakah dengan Encrypt used disk space (Pilihan ini akan meng-enkripsi space yang terisi yang ada pada flashdisk kamu) atau Encrypt entire drive (Pilihan ini akan meng-enkripsi semua space yang ada di flashdisk kamu) Jika sudah, klik next

6. Langkah berikutnya adalah menentukan enkripsi jenis apa yang ingin kamu terapkan pada flashdisk kamu. Pilihlah Compatible mode. Lalu klik next. Pada jendela berikutnya klik Start encrypting.

7. Tunggu sampai proses enkripsi selesai. Lamanya tergantung berapa besar kapasitas flashdisk kamu. Selama proses enkripsi, kamu tetap dapat menggunakan laptop atau desktop kamu secara normal.

Jika proses enkripsi menggunakan BitLocker sudah selesai, kamu bisa mencabut flashdisk kamu. Jadi, sekarang flashdisk kamu sudah aman dan terlindungi. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

Komentar